16

Tips Agar Si Kecil Cepat Tidur Di Malam Hari

Ketika Arfa masih nenen sama mamamnya, dia pasti susah tidurnya kalau belum nenen dulu sampe mamamnya kepegelan karena harus tidur nyamping dan nenennya gak mau dilepas gitu aja kalau belum pulas banget.

Tapi kini setelah Arfa berhasil disapih, malah tidurnya bisa cepet dan ajaibnya dia selalu tidur sama saya karena mamamnya tidurnya misah dulu selama lagi disapih dan sedang ngidam juga. Kalau dipikir-pikir lucu juga karena saya berhasil ngelonin Arfa, Hmm teman-teman mau tahu gak cara yang saya lakukan supaya anak cepet tertidur? Berikut ini tips-tipsnya:

  1. Tentukan waktu tidur anak. Sebenarnya ini saya biasa dapatkan di artikel-artikel. Namun kadang dalam praktiknya selalu gak tentu. Soalnya nyambung sama tips berikutnya ๐Ÿ˜€
  2. Pastikan anak sudah puas bermainnya dan sudah terlihat lelah, bisa kelihatan dari sorot matanya yang sudah sayu dan selalu menguap. Maka dari itu, sebagai Ayah saya selalu mencoba terus menemani anak, dia mau main apa, mau makan atau minum apa saya turutin. Kalau sudah puas, habis itu dia pasti mau untuk diajak ke tempat tidur. Jadi untuk menentukan waktu tidur dikembalikan pada kebijakan masing-masing saja hehe.
  3. ย Pastikan anak sudah cukup makan dan minumnya, baik minum air putih atau susu. Kalau sudah disapih biasanya saya bikin susu formula, itu juga kalau anak minta saja. Tentunya dengan perut yang kenyang akan mudah tidurnya, tapi coba aja kalau sorenya gak makan pasti deh susah tidurnya. Yang ada pasti rewel dan minta yang enggak-enggak ๐Ÿ˜€
  4. Pastikan kondisi tempat tidur sudah ready untuk dipakai. Coba dibereskan dulu, spreinya kalau bisa diganti, sarung bantal guling juga. Kalau anak punya mainan kesayangan semisal boneka atau lainnya, bisa diberikan pada anak untuk dia peluk. Kalau tempat tidur udah nyaman, anak pun juga akan betah dan mendukung juga bagi anak untuk bisa cepet tidur. Dan tentu jugaย  sebaliknya dengan tempat tidur yang tidak nyaman, anak pun pasti gak betah karena mungkin spreinya bikin gatal, terus bau ompol juga hiii. ^^
  5. Kalau Anda dan anak sudah di tempat tidur tapi anak masih terlihat belum mengantuk, cobalah bacakan cerita apa saja, atau ajak anak bercerita. Semisal โ€œDede tadi main apa aja? Dede nanti main lagi ya besok.. sekarang bobo dulu yaaa…โ€ Kalau Arfa suka gitu, dibilangin gitu pasti nurut tapi efeknya ya besoknya harus nepatin janji kalau dibilangin besoknya jalan-jalan pasti deh bangun pagi langsung ngajak jalan-jalan :D. Atau dia biasanya liat video Thomas, Angry Birds, spongebob atau malah videonya dia ย sendiri. Kalau belum bosan, hayuh aja dia setel terus tapi kalau udah bosan dan ngantuk dia pasti bilang โ€œPap.. hape cas dulu yaaa.. โ€œ ^^
  6. Matikan lampu. Sebelum masuk tempat tidur, biasanya saya matikan dulu lampu, soalnya kalau gak gitu dia pasti gak mau dan selalu bilang .. โ€œ Jangan matiin lampu.. gelap..!โ€. Dengan kondisi lampu gelap dia gak akan minta main di luar dan dia sudah siap untuk tidur, tinggal dikelonin aja dulu sebisanya kita hehe.
  7. Saya selalu mengajari anak untuk baca doโ€™a sebelum tidur. Dia udah bisa walau belum terlalu fasih. Kalau udah mulai kiyep-kiyep matanya, saya kipasin (maklum gak ada AC, kipas angin pun rusak pula hehe) dan dibacain deh Al Quran surat-surat pendek kalau memang bener dia udah lelah banget dia pasti cepet pulas dan minta yang macem-macem.
  8. Siapin minum dan celana ganti. Ini pas tidurnya nanti biar dia gak rewel pas ngelilir, Arfa memang sudah bisa diajari pipis / pup di toiletย  tapi yang namanya anak yang belum juga dua tahun, dia masih suka ngompol walau pas udah pipis dia selalu bilang โ€œPap..pipis.. celana gantiโ€ Nah, dia pasti minta cepet diganti tuh makanya siapin celana 2-3 biji di samping bantal hehe dan air minum juga soalnya Arfa suka ngelilir dan minta minum ๐Ÿ˜€

Hmm.. apa lagi ya? Sementara itu dulu deh.. intinya sih sebagai orang tua harus bisa dan mengerti cara ngelonin anak. Tentu mungkin yang lain beda caranya dan punya tips yang lainya. Apa anda mau berbagi? ^^

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

16 Comments

  1. Selamat siang

    Infonya sangat menarik dan memang sudah banyak terbukti.. paling yang sulit itu saat anak terus bermain. Kadang bisa berhasil langsung tidur, kadang justru semakin terjaga. Apalagi kalo sudah main gadget.

    terima kasih infonya dan salam kenal

    • iya bener..gadget sebelum tidur memang kurang bagus untuk kesehatan..saya juga sekarang sudah mulai meminimalkan interaksi si kecil dengan gadget..

  2. hihihi pada kenyataannya sang ibu yang paling paham cara meninabobokan anak hingga tertidur :D. Bener itu anak harus bener-bener puas main/cape jadi bobo nya nyenyak / pulas

  3. Anakku yg bungsu belakangan seneng begadang.andai semisal tidurnya agak sorean pasti bangunnya jam 2 malam..lumayan bikin kurang tidur belakangan ini ๐Ÿ™

    • hehe .. iya sih kadang kalau anak tidurnya blm stabil repot juga ๐Ÿ˜€ yang pegel ortunya wkwk

  4. Oh..iya, untuk anak kecil ada baiknya juga kalo rutin dipijat.
    Biasanya sih anak susah tidur malem karena kecapekan, akibatnya bakalan rewel.
    Kalo udah dipijat, biasanya sih bakalan bisa tidur cepet dan pules jadinya ๐Ÿ˜€

  5. kalau bangun pada malam hari itu gimana om papz? soalnya ponakan yg masih batita sering sekali bangun malam ngajak maen seisi rumah. kalau pas lagi berkunjung haduh… pagi sampai sore harus diajak maen dulu sampai capek. ๐Ÿ˜€

    • anak-anak memang biasa kalau seperti itu.. banyak faktornya juga ๐Ÿ™‚ biasanya kalau dia tidur siang terlalu lama atau tidurnya terlalu sore maka dia akan terbangun di malam hari karena jatah tidurnya udah lebih dari cukup.. kalau udah gitu ya sabar aja temenin anak main g papa.. sambil buat dia kembali merasa mengantuk ๐Ÿ™‚

Leave a Reply to abedsaragih Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *