12

Cara Menurunkan Panas Anak Yang Tinggi

cara menurunkan panas anak yang tinggiSampai saat ini Afa masih saja tinggi panasnya, batuk dan juga pilek. Kata temen-temen, kalau panas tubuhnya belum mencapai 39 derajat celcius sih jangan dulu dibawa ke dokter atau dikasih obat-obatan. Cukup diberi madu, banyakin air putih, dan bagi yang masih nenen tetep dikasih ASI dan tak lupa juga makanan yang bisa memenuhi asupan gizinya di kala sakit.

Gak tahu kenapa, biasanya Afa kalau sakit gak pernah lama tapi qadarullah sekarang Afa udah seminggu sakitnya belum sembuh-sembuh. Berat badannya sampai turun, pipinya yang chubby kini kurang gemes lagi kalau dicubit, matanya pun sampai agak ‘celong’ karena sering nangis dan rewel. Duuh.. ujian nih bagi para orang tua kalau si kecil lagi sakit.

Sebenarnya sakit panas, batuk dan pilek itu wajar-wajar saja terjadi pada si kecil. Apalagi cuaca saat ini sedang ekstrem, sebentar panas sebentar hujan. Apalagi kalau anak berinteraksi dengan orang-orang yang memang sedang terkena flu juga, bisa nular deh.

Untuk sakit yang sekarang, Afa belum sempat di bawa ke dokter lagi. Karena obat yang dulu masih ada jadinya ngabisin yang itu dulu. Kata temen, kalau panasnya masih 37-an jangan dulu dikasih obat-obatan tapi kalau udah 38 ke atas baru deh dikasih paracetamol.

Kata Ibu Mertua saya untuk menurunkan panas, bisa gunakan daun lidah buaya. Jadi caranya daun lidah buaya di belah lalu dagingnya yang berlendir itu dioleskan ke kening anak yang panas. Atau juga pakai air kelapa lalu dibasukan ke kepala anak. Sebenarnya ini cara tradisional yang masih banyak dipakai sama orang tua kita. Tapi seringnya sih manjur (dengan izin Allah) bisa untuk menurunkan panas.

Bisa juga tubuh si anak sambil dipijat dengan lembut menggunakan minyak, bawang dan asem. Katanya setelah dipijat biasanya si anak sembuh. Tapi saya kurang suka sebenarnya cara ini karena si anak jadi bau bawang hehe. Saya ingat cara seperti ini masih dipakai semenjak saya masih kecil. Kalau di tempat saya namanya “diasang“.

Nah, itu beberapa cara tradisional yang bisa dipakai untuk menurunkan panas anak. Jadi kalau anak panasnya belum tinggi banget mending diobatin sendiri aja, dan jangan buru-buru panik dibawa ke dokter. Dan terakhir, ada saran dari atasan saya juga bahwa kalau anak sakit panas mending di ruqyah aja. Caranya kepala anak di pegang lalu dibacakan surat Al Fatihah, Ayat Qursi, Surat Al Ikhlas, Al Falaq, Annas masing-masing 7 kali dan juga ditiupkan ke air lalu diminumkan ke anak dan untuk dikompreskan atau dibasuh ke kepala anak yang panas. Insya Allah cara ini bisa berhasil dengan keyakinan kita kepada Alloh, karena hanya Alloh lah yang bisa menyembuhkan sakit si anak. Cara terakhir ini harus dicoba untuk Anda yang muslim tentunya 🙂

Sekian beberapa cara untuk menurunkan panas anak yang tinggi. Semoga bermanfaat ^^ Jika ada yang mau menambahkan tipsnya silakan share disini 🙂

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

12 Comments

  1. bingung kalo anak saya panas dan batuk, kasian rasanya pengen saya pindah sakit anak saya itu ke tubuh saya.
    Sangat bermanfaat alhamdulillah tips ini sangat berguna kalo anak saya panas

    • alhamdulillah, yup bner banget kasian banget kalo anak sakit..kadang penyikapannya beda sm orang dewasa 🙂

  2. Seandainya saya sudah menikah dan punya anak,..hmm…
    Bisa jadi bekel nanti kalo udah ber family…. thx gan… 😀

  3. saya juga masih bingung kalo anak saya panas dan batuk, rasanya pengen saya pindah sakit anak saya itu ke tubuh saya biar saya saja yang merasakannya. alhamdulillah tips ini bisa jadi bahan rujukan saya kalo anak saya panas

Leave a Reply to Kliknans Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *