12

Saat Anakku Sakit

saat anakku sakitBeberapa hari ini Afa lagi sakit. Badannya panas, disertai flu dan batuk. Sakit seperti ini memang bukan yang pertama kalinya. Biasa kalau masih kecil, masih rentan terserang penyakit. Apalagi cuaca lagi ekstrim, biasanya kalau pagi menjelang siang cuaca panas banget tapi kalau ke sore nya hujan suka turun. Kasian kalau ngeliat anak lagi sakit, dia belum begitu ngerti cuma merasakan sakitnya dan kadang kita pun juga gak ngerti kalau anak nangis dan rewel dia mintanya apa.

Namun sering sakitnya anak juga suka nandain si anak akan bisa-bisaan. Usia Afa sekarang 13 bulan, mungkin dia akan bisa jalan. Soalnya sampai sekarang Afa bisanya masih merambat, dia maunya sih udah kaya anak yang lain mainnya di luar sama anak-anak tetangga yang udah pada gede. Tapi dia belum bisa jalan, dan masih harus dipegangin kalau mau jalan-jalan. Mungkin bulan-bulan ini Afa akan semakin lancar jalannya soalnya dia sudah bisa berdiri sendiri dengan seimbang dan berusaha melangkahkan kakinya, satu atau dua langkah.

arfa bobo

Saat anak sakit, biasanya orang tua jadi panik. Ya gak mau panik gimana, kasian kan ngeliat anak sakit. Kadang orang tua pun suka ikutan sakit, stress dan jadi beban psikologis juga. Namun.. tentunya rasaΒ panik tersebut harus dibarengi oleh kesigapan kita dalam menangani sakitnya anak. Mungkin kita bisa merawat anak di rumah, dengan memberinya obat penurun panas atau obat-obat lain yang memang cocok atau anak. Kemarin juga Afa pernah ke dokter dan obatnya masih ada, jadinya dia masih diminumin obat itu dulu sampai habis. Panas tertingginya mencapai 38 derajat Celcius. Namun apabila kondisi anak sudah semakin parah, alangkah baiknya jika anak segera dibawa ke dokter lagi atau memeriksakan lebih lanjut ke rumah sakit.

Jangan lupa juga do’akan anak supaya cepet sembuh, anak kadang suka manja dan rewel dikala sakit. Apalagi masih kecil dan usianya di bawah 2 tahun, mungkin ada anak yang belum bisa ngomong dan membuat kita bingung jika si anak lagi pengen-pengenan sesuatu. Jadi tetap pantau kondisi anak jangan sampai sakitnya berkelanjutan, dan alangkah baiknya anak istirahat saja di rumah dan tidak sering-sering keluar, karena dengan cuaca yang masih seperti ini anak akan cepet kembali kambuh sakitnya walau sudah merasa sembuh.

Bagi Anda yang deket dengan ortu atau mertua dan gak punya pengasuh, mungkin Anda bisa berbagi dengan mereka agar mereka bisa gantian menjaga si kecil jika kita terpaksa untuk bekerja. Namun alangkah baiknya jika Anda bisa mengambil cuti atau izin agar si kecil bisa Anda jaga dan Anda pun bisa cepet tahu dan tanggap jika sakitnya anak tiba-tiba kambuh.

Nah.. tetep jaga kesehatan kita dan si kecil yah πŸ™‚ anak sehat orang tua pun ikut bahagia ^^

arfa ganteng

Untuk Afa.. cepet sembuh ya nak πŸ™‚

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

12 Comments

  1. Orangtua pasti panik kalau anak tercintanya sakit. Demam atau panas tinggi perlu segera dibawa ke dokter, Mas. Tapi ya dicek dulu, kalau masih di bawah 39 derajat masih aman katanya..

    • iya sih mbak.. belum nyampe 39, baru 38 lebih.. ini juga belum ke dokter lagi masih dikasih obat-obatan kaya paacetamol aja πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *