Menjaga Konsistensi Ngeblog

konsistensi blog

Bagi sebagian narablog atau blogger, menjadikan blog sebagai rumah kedua mereka adalah sebuah hal yang agak memberatkan. Apalagi kalau aktivitas dunia nyata ternyata lebih banyak menyita waktu daripada sekedar update postingan atau menyapa teman-teman narablog lain melalui aktivitas blogwalking.

Kalau sudah begini, maka yang ada adalah rasa malas dalam mengurus blog. Sayang banget ya? apalagi kalau blognya memakai jasa hosting dan domain yang disewa, tentunya harus diperhatikan dengan baik supaya blog kita gak mubazir. Cuma buang-buang uang kan kalau ternyata kita membeli domain dan hosting untuk blog tapi setelah berjalan, blog kita malah gak dirawat dan hanya dibuka sesekali. Mending kalau ternyata kita tak begitu mempermasalahkan nominal uang yang telah kita keluarkan untuk menyewa hosting dan domain, tapi kalau untuk menyewa hosting dan domain aja pake acara gadein hape kan berabe tuh hehe.

Jadi sebenarnya aktifitas ngeblog ini memang harus dimulai dengan niat dan tujuan yang baik dan benar. Baik disini adalah baik sesuai hati nurani kita, dan benar menurut kaidah ngeblog yang biasanya banyak dishare oleh pakar-pakar ngeblog. Yang pasti jangan nanya ke gue, soalnya gue belum jadi pakar ngeblog hehe..

Nah biasanya, niat dan tujuan ngeblog selalu berbanding lurus dengan aktifitas ngeblog setelah blog kita jadi. Biasanya bisa dilihat dari siklus peredaran blognya. Baik itu dilihat dari jumlah postingan dan komentar, konsistensi dalam update blog, aktifitas membalas komentar dan blogwalking, rangking alexa dan lain-lain. Kalau bagus dan mengalami peningkatan, biasanya yang mpunya blog ini orangnya rajin dan ulet dalam mengurus blognya hingga blognya bisa berkembang dan menjadi blog yang terkenal dan mempunyai nama di dunia blogsphere. Kalau malah males-malesan, wah ini harus direfresh dan dikasih seminar motivasi ngeblog hehe..kaya gue kali yaa ^^

Tapi ya jangan buruk sangka juga, mungkin bisa jadi seorang blogger gak bisa konsisten dalam mengurusi blognya bukan karena malas-malasan. Bisa jadi mpunya blog lagi sibuk banget sampai gak bisa buka laptop en ngecek blognya, pergi ke pedalaman yang memang gak nemu sinyal internet, nikahan alias masih penganten baru, hamil tua dan pasca melahirkan, lagi sakit keras sampai koma bertahun-tahun, diculik di sebuah gudang oleh para teroris, atau bahkan mungkin bisa jadi si mpunya blog sudah dipanggil sama yang Maha Kuasa. Innalillahi wa inna ilaihi raajiu’n…

Hmm banyak faktor kayanya yah, kalau gue sih sudah jelas. Mungkin kurang motivasi diri ya sama sibuk dengan kerjaan di dunia nyata hehe sibuk sama anak dan istri aja 😀

Nah bagaimana menurut Anda? Apakah Anda selalu semangat dalam ngeblog atau malah malas-malasan? Silakan tinggalkan komentar Anda..