5 jam main hape

anak main hape

Oke.. Akhirnya aku menulis lagi. Kadang jadi Ayah cape juga! Apalagi dengan 3 anak yang masih kecil-kecil. Malah sebentar lagi anakku insya Allah akan nambah 1 lagi. Banyak temenku yang takjub.. Karena ada diantara mereka yang hanya baru 1 atau paling enggak 2 anak.. Atau bahkan mungkin juga ada yang belum punya anak. Opps masya Allah sih..Alhamdulillah.. Anak kan rezeki juga iya kan? Satu sisi rezeki..satu sisi amanah yang nantinya pasti akan dipertanggungjawabkan juga :'(

O ya, sehari-hari.. Ketika aku dan istriku bekerja. Aku dibantu oleh seorang pengasuh yang udah bantuin aku semenjak anak pertamaku lahir.. Sekitar 6 tahun. Tapi sekarang Arfa dah SD kelas 1 jadi udah gak diasuh lagi karena sekolah dari pagi sampai sore. Kalau Hanaan, sekolah TK sampai setengah 11 jadi paling bareng pengasuh setelah pulang sekolah aja. Yang terakhir Hana, karena masih berusia 2 tahun jadi otomatis yang paling banyak berinteraksi dengan pengasuh.

Kebetulan hari ini Sabtu, aku ada kegiatan undangan dari Kepolisian di convention hall sebuah hotel di Kota Cirebon. Istriku pergi ke sekolah untuk ngajar dan menunggu siangnya aku jemput pasca kegiatanku selesai.

Sebenarnya, anak-anakku sehari-hari udah gak berani bermain hape di rumah. Kalau dulu iyaa.. Kadang aku gak bisa control dan kadang kalah dengan rengekan anak-anak saat ingin bermain hape.

Kebetulan hari Sabtu Arfa dan Hanaan sekolahnya libur. Pagi tadi.. Arfa duluan yang ngerengek minta main hape.. Aku kasih waktu itu..dan aku kasih waktu sampai selesai sarapan. Tapi salahnya waktu itu aku lupa ambil saat aku buru-buru mau berangkat ke acara di hotel.

Pas acara di hotel aku juga lupa gak tanya ke pengasuh, anak-anak ngapain aja..rupanya setelah aku berangkat anak-anak lanjut main hapenya. Entah nonton berapa judul film doraemon di Youtube ditambah juga main game. Yang pastinya pengasuh bilang dari jam 9 mereka main hape sampai aku pulang..itu dua anak masih asyik liatin hape sambil dicas.. Duuh bahaya banget siih!

Istriku langsung maraah dong! Selama ini istriku sangat tidak suka jika anak-anak kecanduan hape..entah itu nonton atau juga main game. Anak-anak hanya terdiam sambil terlihat saling menyalahkan dan merasa bersalah.

Pantas sih istriku marah besar.. Aku juga merasa bersalah dan kecewa banget sama anak-anak karena 5 jam mereka betah liat hape! Aku gak bisa nyalahin juga pengasuh anak-anak..karena sudah pasti pengasuhku kalah sama anak-anak dan dia kerepotan buat kontrol 3 anak sekaligus apalagi dengan keinginan yang berbeda-beda.

Akhirnya dengan penuh kesal aku suruh anak-anakku tidur siang dengan mengultimatum anak-anak dengan tidak akan memberikan kesempatan untuk bermain hape lagi!

Oke guys.. Punya pengalaman yang sama gak sih ngadepin anak saat mereka kecanduan hape/gadget. Intinya jangan pernah berikan kesempatan kepada mereka untuk bermain hape. Kadang banyak orang tua yang tidak ingin repot ketika anak merengek atau tantrum. Banyak orang tua yang ingin anaknya anteng dengan hanya memberikan mereka hape.

Tapi mau sampai kapan? Aku juga setuju.. Berlama-lama bermain hape tidak bagus buat fisik dan psikis anak.. Aku berniat akan lebih kontrol dengan anak-anak dan tidak akan memberikan hape lagi!