3 Manfaat Memijat Bayi

manfaat memijat bayi

Dua anak papap hobi banget dipijat, ya dipijatnya sih gak kaya orang dewasa dipijat. Paling cuma pakai lotion, terus sekujur badannya diusap dan sedikit ditekan dengan telapak tangan. Ritual ini harus dilakukan menjelang tidur hehe.

Ternyata pijat pada bayi atau si kecil memiliki banyak manfaat lho. Apalagi misal ketika si kecil telah melakukan perjalanan lama dan melelahkan, atau ketika si kecil sangat aktif beraktifitas sehingga dia sangat lelah dan mungkin badannya pegal-pegal.

Nah, Ayah atau Bunda bisa memijat si kecil untuk membuat tubuhnya lebih nyaman dan rileks. Pijat merupakan terapi sentuh tertua dan tetap populer lho hingga sekarang. Papap juga seneng banget kalau lagi pegel-pegel ada yang mijitin.. “mam..pijitin dong!” hehe.

manfaat memijat bayi

Nah, berikut ini ada 3 manfaat utama dari pijat bayi, yaitu:

1. Manfaat Fisik

Pemijatan akan melancarkan peredaran darah. Hal ini sangat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh si kecil dan meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

2. Manfaat Psikologis

Terbangunnya bonding antara si kecil dan Ayah atau Bundanya melalui komunikasi dan interaksi yang terjadi ketika pemijatan dilakukan. Hal ini juga memberikan efek relaksasi terhadap si kecil dan berdampak baik pada kualitas tidur si kecil. Bener banget nih yang kedua.. kalau dah dipijitin gitu anak-anak papap juga tidurnya pulas lho 🙂

3. Manfaat Stimulasi

Pijat bayi juga merupakan stimulasi indra (peraba, penyentuh, pembau, pendengar dan penglihatan) yang berpengaruh terhadap keseimbangan dan sistem saraf si kecil. Apabila sistem saraf dan perkembangan otak anak maksimal, hal ini akan berpengaruh pada kecerdasan si kecil untuk mendukung proses belajarnya kelak.

Nah, demikian 3 manfaat pijat pada bayi. Ayah dan Bunda juga bisa praktek ya..awas lho ya hati-hati pijatnya pelan-pelan aja, boleh diberi tekanan tapi sedikit saja jangan kaya mijat orang dewasa 🙂

semoga bermanfaat (sumber: nakita)

Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur

Akhir-akhir ini Arfa tidurnya suka malem terus, pernah pukul 22.30 baru bisa tidur itu juga udah dipaksa-paksa banget sampai kena marah papapnya dech hehe. Ngomong-ngomong masalah anak susah tidur memang sudah jadi masalah klasik kali yaa buat para Ayah dan Bunda. Memang sih banyak faktor yang membuat anak menjadi susah tidurnya, namun tentunya para orang tua harus punya solusi dong agar anak gak ikutan begadang (kaya saya :D). Nah salah satu tips agar bayi/batita/balita bisa cepat tertidur adalah dengan memijatnya.

Pemijatan pada bayi memang masih jarang dilakukan, apalagi bagi orang tua yang sibuk bekerja. Boro-boro kepikiran mijit anak kali yah, orang sendirinya aja lelah dan enaknya sih pengen dipijat juga (apalagi kalau plus-plus hehe). Padahal.. pemijatan pada bayi ini banyak sekali loh manfaatnya.

Continue reading “Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur”