Tips Suami Menangani Istri Yang Sedang Hamil Muda

Sangat bahagia seorang suami ketika mendengar kabar bahwa istri tercinta positif hamil, tentunya akan tambah ramai deh keluarga kita dengan kehadiran sang buah hati. Bagi pasangan muda yang baru menikah, tentu saja ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Namun bagi seorang istri yang kehamilannya merupakan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Hal ini walau juga merupakan sebuah kebahagiaan, namun penyambutannya akan sedikit berbeda karena merasa ini merupakan sebuah hal yang sudah biasa terjadi yang tentu saja penanganannya sudah kita ketahui dari mulai awal kehamilan sampai dengan nanti masa persalinannya.

Usia anak saya yang pertama, Arfa saat ini belum genap 4 tahun dan anak kedua Hanaan, belum genap juga 1,5 tahun. Saat ini istri Saya juga sedang tugas belajar S2 di salah satu Universitas Negeri di Jawa Timur. Ketika mengetahui istri Saya hamil lagi untuk anak yang ke-3, Saya sedikit galau juga sekaligus bahagia hehe. Jujur ini di luar dugaan Saya karena anak kedua juga masih kecil. Namun tentunya Saya yakin karena ini merupakan takdir yang Allah sudah tetapkan, maka Saya harus yakin bahwa Saya dan istri bisa melewati ini semua. Jadi suami siaga lagi deh.. Selain ngurus anak-anak yang masih kecil ditambah istri yang sedang hamil muda ^^ Ekstra banget bagi seorang suami dan Ayah seperti Saya.

Pengalaman setiap kali hamil, istri Saya selalu lemas, dan mual muntah yang cukup sering. Bahkan ketika anak pertama pernah Hyper Emesis yaitu sebuah kondisi ibu hamil yang kondisi tubuhnya tidak begitu kuat dalam menanggung berbagai macam gejala di awal kehamilan, semisal mual muntah yang berlebihan, dehidrasi, bahkan sampai pingsan.

Disini kadang saya merasa galau, karena khawatir dengan kondisi kesehatan istri Saya. Mau tidak mau anak kedua Saya yang masih 1,5 tahun harus disapih dan tentunya tidak bisa ikut lagi menemani Mamamnya yang sedang kuliah S2. Saya sekarang hanya ditemani adik ipar cowok yang tentunya hanya bisa membantu semampunya :D.

OK cukup deh galaunya.. Yuk simak tips-tips Saya bagi Anda para suami dalam menangani istri yang sedang hamil muda..

  • Jagalah kesehatan istri, dengan memberikannya makanan yang sehat dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Bisa ditambah dengan susu ibu hamil juga suplemen yang lain.
  • Jangan terlalu membebani istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat, kalau bisa suami ikut turun tangan dan atau bisa menyewa pembantu dan dibantu ortu/mertua.
  • Jaga psikis dan kondisi kejiwaan istri, biasanya ketika hamil muda kondisi kejiwaannya labil. Kalau sudah tidak menahan mual dan muntah dan juga gejala kesehatan lainnya dia akan nangis sendiri saking tidak kuatnya menanggung hal itu. Sebagai suami harus bisa memberikan ketenangan kepada istri, suami bisa memberikan pijatan ringan di bagian kaki, punggung dan memeluknya jika istri sedang galau. Berikan terus motivasi kepada istri untuk bisa survive dan melewati ini semua.
  • Jika istri bekerja, maka berikan fasilitas antar jemput dan jangan sampai terlalu mendapat goncangan di kendaraan.
  • Jika ini kehamilan yang kedua dan seterusnya, maka bantu istri untuk menjaga dan mengurus anak-anak agar tentunya istri bisa fokus dengan kehamilannya.
  • Tambah pengetahuan suami tentang berbagai hal seputar kehamilan. Jika ada gejala tertentu yang tidak normal segera konsultasikanlah ke dokter/bidan. Bacalah buku atau artikel di internet, Insya allah akan membantu Anda para suami di dalam menangani istri yang sedang hamil muda.
  • Sebisa mungkin menuruti setiap keinginan istri yang masih masuk akal, biasanya ketika hamil muda ada masa yang disebut dengan ngidam. Sebenarnya ini sebuah hal yang lazim┬átapi bukan menjadi alasan bagi istri untuk minta yang aneh-aneh. Kalau hanya sekedar makanan yang memang mudah untuk dibeli maka segera belikan karena biasanya ketika hamil muda, istri males makan karena selalu merasa mual. Maka ketika ketika menginginkan makanan tertentu yang istri ingin memakannya segeralah membelikannya. Tapi juga harus diperhatikan kesehatan dan kehigienisannya, jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu asam dan pedas juga.
  • Terakhir, Berdo’alah agar istri selalu sehat dan dijaga Allah sampai dengan masa persalinannya.

Itu sedikit tips dari Saya, Semoga Anda menjadi suami yang selalu siaga yah.Semangat bagi yng saat ini istrinya sedang hamil seperti Saya ^^

Tips Ketika Bertengkar Dengan Istri

ketika bertengkar dengan istri

Pertengkaran dengan istri seringkali terjadi dengan banyak sebab. Dan ketika marah istri pun terkadang bisa juga seperti singa buas yang siap menerkam hehe. Jangan salah lho.. apalagi jika istri kita memiliki karakter keras. Sepertinya istri tidak akan takut menghadapi suami yang dipikirnya ngeyel. Istri pasti akan mengeluarkan sejuta omelan yang terkadang membuat kuping sang suami panas dan juga memicu emosi untuk bertengkar dengan istri.

Nah, ketika situasi seperti ini.. seorang suami dituntut untuk menjadi seorang yang pandai membawa dirinya. Memang terkadang ego suami pun tinggi dan tidak ingin direndahkan istri dan biasanya di awal-awal pernikahan akan sulit seorang suami mengalah dan ingin juga menang sendiri.

ketika bertengkar dengan istri

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan suami ketika dia sedang bertengkar dengan istrinya, yuk simak:

1. Bersabar. Hmm.. sabar memang selalu mendatangkan kebaikan. Tapi sabar disini bukan berarti diam aja. Mau tidak mau suami juga harus memiliki wibawa. Terkadang ketika bersalah, suami juga tak ingin diomeli begitu saja. Dan ini langkah pertama, diharapkan dengan bersabar dan berusaha menyikapi dengan kepala dingin suami akan terhindar untuk juga bersikap sama bahkan akan lebih ekstrim terhadap istrinya.

2. Berusaha menenangkan istri dan tidak meladeni sedikitpun ocehannya. Seperti yang dikatakan di awal, dibalik kelemahan dan kelembutan seorang istri jangan sangka tidak ada kekuatan padanya. Ketika tertekan dan bebannya sudah tak sanggup lagi dia pikul, maka dia akan segera seperti gunung merapi yang siap meletus dan mengeluarkan laharnya. Hii serem kan hehe.

3. Kalau kesalahan itu memang asalnya dari diri seorang suami. Maka lebih baik suami yang meminta maaf terlebih dulu. Mungkin sering suami datang terlambat, atau di hari libur pun seperti saya harus tetap masuk untuk rapat dan pekerjaan lain. Nah, biasanya istri tertekan karena harus mengurus si kecil sendirian sementara orang lain libur bersama keluarganya.

4. Terkadang sikap istri juga menjengkelkan, cerewet, sukanya nyuruh-nyuruh dan gak mau ngertiin suami. Kalau udah kaya gini sebenarnya wajar juga kalau suami ngeluh berharap istri juga bisa mengerti suami. Nah, disini saya berharap agar para istri juga introspeksi bahwa bukan suami saja yang banyak kekurangannya tapi istri juga sama saja jadi gak usahlah istri terlalu cerewet apalagi di saat suami lelah dan stress dengan pekerjaannya. Itu hanya akan memicu pertengkaran aja.

4. Menasihati istri agar dia sadar dan gak usah memicu pertengkaran. Malu kan sama tetangga kalau sampai ketahuan sering bertengkar? Kalau dia semakin menjadi dan histeris, biasanya ada barang yang dilempar atau memukul-mukul suami. Maka ada dua alternatif. Pertama ketika dia menyuruh kita pergi, maka lebih baik pergi saja dulu menjauhi istri sampai keadaan istri tenang. Tapi ingat loh jangan pergi ke rumah janda wkwk. Kedua. Ladeni saja istri sebisanya, bantah dan kemukakan argumen walau saya pikir itu percuma apalagi istri sedang emosi tingkat tinggi. Jangan biarkan kita kalah, kalau dia berusaha memukul diamkan biar dia pukul kita atau kalau sudah merasa sakit, pegang tangannya kuat-kuat lalu tenangkan sebisanya biasanya istri akan masih histeris dan bilang pada kita ” papa jahat.. bla..bla…” sambil nangis-nangis. Nah peluklah istri kita dan tenangkan seperti layaknya menenangkan anak yang lagi nangis. Usap kepalanya dan ajak dia tidur di kasur atau duduk di kursi untuk menenangkan dirinya. Biasanya istri akan masih merajuk tapi dijamin marahnya akan reda karena biasanya masalah pemicu pertengkaran hanya sepele dan sudah pasti istri butuh kita kecuali kalau suami sudah terbukti salah misal ketahuan selingkuh wkwk kalau gitu mending kabur aja deh atau langsung menyerahkan diri ke pihak yang berwajib hehe.

6. Setelah pertengkaran selesai. Dan sudah pasti bikin lelah. Minumlah segelas air putih. Selanjutnya langsung minta maaf ke istri dan menasihati istri dengan baik. Terus motivasi istri agar dia menjadi istri yang baik dan solehah. Masalah sudah pasti ada namun pertengkaran buknlanlah jalan satu-satunya.

Yuk jadi pasangan yang harmonis. Suami istri yang kompak dan selalu rukun.. terbukalah selalu dan dekatkan komunikasi. Insya allah keluarga akan tetap utuh. Aamiin.

Suamiku Suka Dandan

beckham suami keren

Banyak dari para suami yang selalu menginginkan istrinya selalu tampil menawan di hadapan suaminya. Tentunya hal ini sudah sering kita dengar dan saksikan bukan? Tapi apakah sama halnya para istri pun berharap yang demikian? Menginginkan juga suaminya berhias dan berdandan untuk istrinya?

Berhias dan berdandan bagi kaum pria tentunya sangat jauh berbeda dengan berhiasnya para wanita. Pria memang selalu identik dengan kesimpelan mereka khususnya dalam hal berpakaian dan mematut diri mereka di depan cermin. Jikalau para wanita bisa sedemikian lama ketika mereka berada di depan cermin, maka kebanyakan dari para pria tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit ketika dia akan berangkat bekerja atau ke pesta pernikahan.

Continue reading “Suamiku Suka Dandan”