Manfaat Toge Bagi Kesehatan & Kesuburan Pria

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pria agar pasangannya bisa segera hamil. Walaupun sebagai manusia beragama kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi itu telah ditakdirkan. Namun tentunya kita juga harus selalu berusaha dan berdo’a sehingga kita tetap optimis walau mungkin banyak cara yang telah anda lakukan hingga saat ini belum membuahkan hasil juga. Usaha alternatif lain terutama untuk para pria agar bisa menambah kesuburan adalah dengan rajin mengkonsumsi toge/tauge. Walau ini masih menjadi mitos, kita simak aja yuk pembahasannya di bawah ini:

Pengaruh Makanan bagi Kesuburan

Makanan sudah lama diyakini orang berpengaruh pada gairah seksual dan kesuburan. Setiap daerah atau suku biasanya punya bahan makanan tertentu yang diyakini jos meningkatkan kesuburan. Di antara begitu banyak jenis makanan, mitos toge sebagai menu utama penyuburlah yang paling sering kita dengar.

Boyke Dian Nugraha, ginekolog dan konsultan seks, mengakui toge memang berkhasiat bagi kesuburan. “Sebab, toge mengandung antioksidan dan vitamin E,” kata dia. Selama ini, banyak orang mengkonsumsi vitamin E sebagai makanan tambahan alias suplemen untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kelenturan kulit. Khasiat toge sebetulnya lebih ditujukan untuk kaum pria. Karena, selain menyuburkan, toge juga dapat mendongkrak vitalitas dan kejantanan pria.

Namun, menurut Ichramsjah A. Rachman, spesialis kebidanan & penyakit kandungan Fakultas Kedokteran UI, memakan toge begitu saja belum tentu bisa bikin subur. Dia bercerita, pernah punya seorang pasien yang sudah belasan tahun tidak memperoleh keturunan. “Karena ada temannya menganjurkan untuk mengkonsumsi toge, dia pun melakukannya, tapi tetap saja tidak ampuh,” kisahnya. (sumber)

kecambah-taugeManfaat Toge bagi kesehatan

Toge/Taoge (Kita ambil kata Toge aja ya..karena memang saya suka juga sama Toge yang “itu” :D) merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah diperolah setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk toge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil. Sayuran toge jenis apapun, baik toge kacang hijau, toge kedelai, tage alfafa, maupun jenis toge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam toge alfafa.

Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau tage lebih bergizi. Protein tage lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Kenapa bisa begitu? hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah:

Mencegah Kanker

Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa mengganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Lainnya

Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, toge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan toge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause

Jadi mulai sekarang, apa salahnya untuk mencoba memusatkan perhatian kita terhadap tumbuhan di sekitar rumah, jangan tergantung kepada obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia, penyakit yang satu sembuh tetapi penyakit yang lain datang. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil, karena siapa tahu di balik bentuknya yang kecil tersimpan manfaat yang sangat besar.

Nah, gimana sobat.. khususnya buat abang-abang yang sudah nikah ya dan merasa gak pede karena dah lama nikah tapi gak bisa bikin istri hamil? Hehe. Apa yang salah? Dah.. gak usah banyak mikir. Banyakin makan toge, terserah deh mau dibikin pecel, ditumis, gado-gado, atau digado mentahnya juga gak apa-apa hehe. Walau katanya cuma mitos, tapi kalau setelah diteliti telah memiliki kandungan dan manfaat yang bagus untuk tubuh, gak ada salah juga kan buat dicoba? Saya juga dulu pernah mencobanyanya lho.. Asli sampe sekarang masih suka banget sama toge, apalagi cewek yang toge (minta ditimpuk istri :D) (sumber)

Tips Suami Menangani Istri Yang Sedang Hamil Muda

Sangat bahagia seorang suami ketika mendengar kabar bahwa istri tercinta positif hamil, tentunya akan tambah ramai deh keluarga kita dengan kehadiran sang buah hati. Bagi pasangan muda yang baru menikah, tentu saja ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Namun bagi seorang istri yang kehamilannya merupakan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Hal ini walau juga merupakan sebuah kebahagiaan, namun penyambutannya akan sedikit berbeda karena merasa ini merupakan sebuah hal yang sudah biasa terjadi yang tentu saja penanganannya sudah kita ketahui dari mulai awal kehamilan sampai dengan nanti masa persalinannya.

Usia anak saya yang pertama, Arfa saat ini belum genap 4 tahun dan anak kedua Hanaan, belum genap juga 1,5 tahun. Saat ini istri Saya juga sedang tugas belajar S2 di salah satu Universitas Negeri di Jawa Timur. Ketika mengetahui istri Saya hamil lagi untuk anak yang ke-3, Saya sedikit galau juga sekaligus bahagia hehe. Jujur ini di luar dugaan Saya karena anak kedua juga masih kecil. Namun tentunya Saya yakin karena ini merupakan takdir yang Allah sudah tetapkan, maka Saya harus yakin bahwa Saya dan istri bisa melewati ini semua. Jadi suami siaga lagi deh.. Selain ngurus anak-anak yang masih kecil ditambah istri yang sedang hamil muda ^^ Ekstra banget bagi seorang suami dan Ayah seperti Saya.

Pengalaman setiap kali hamil, istri Saya selalu lemas, dan mual muntah yang cukup sering. Bahkan ketika anak pertama pernah Hyper Emesis yaitu sebuah kondisi ibu hamil yang kondisi tubuhnya tidak begitu kuat dalam menanggung berbagai macam gejala di awal kehamilan, semisal mual muntah yang berlebihan, dehidrasi, bahkan sampai pingsan.

Disini kadang saya merasa galau, karena khawatir dengan kondisi kesehatan istri Saya. Mau tidak mau anak kedua Saya yang masih 1,5 tahun harus disapih dan tentunya tidak bisa ikut lagi menemani Mamamnya yang sedang kuliah S2. Saya sekarang hanya ditemani adik ipar cowok yang tentunya hanya bisa membantu semampunya :D.

OK cukup deh galaunya.. Yuk simak tips-tips Saya bagi Anda para suami dalam menangani istri yang sedang hamil muda..

  • Jagalah kesehatan istri, dengan memberikannya makanan yang sehat dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Bisa ditambah dengan susu ibu hamil juga suplemen yang lain.
  • Jangan terlalu membebani istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat, kalau bisa suami ikut turun tangan dan atau bisa menyewa pembantu dan dibantu ortu/mertua.
  • Jaga psikis dan kondisi kejiwaan istri, biasanya ketika hamil muda kondisi kejiwaannya labil. Kalau sudah tidak menahan mual dan muntah dan juga gejala kesehatan lainnya dia akan nangis sendiri saking tidak kuatnya menanggung hal itu. Sebagai suami harus bisa memberikan ketenangan kepada istri, suami bisa memberikan pijatan ringan di bagian kaki, punggung dan memeluknya jika istri sedang galau. Berikan terus motivasi kepada istri untuk bisa survive dan melewati ini semua.
  • Jika istri bekerja, maka berikan fasilitas antar jemput dan jangan sampai terlalu mendapat goncangan di kendaraan.
  • Jika ini kehamilan yang kedua dan seterusnya, maka bantu istri untuk menjaga dan mengurus anak-anak agar tentunya istri bisa fokus dengan kehamilannya.
  • Tambah pengetahuan suami tentang berbagai hal seputar kehamilan. Jika ada gejala tertentu yang tidak normal segera konsultasikanlah ke dokter/bidan. Bacalah buku atau artikel di internet, Insya allah akan membantu Anda para suami di dalam menangani istri yang sedang hamil muda.
  • Sebisa mungkin menuruti setiap keinginan istri yang masih masuk akal, biasanya ketika hamil muda ada masa yang disebut dengan ngidam. Sebenarnya ini sebuah hal yang lazim tapi bukan menjadi alasan bagi istri untuk minta yang aneh-aneh. Kalau hanya sekedar makanan yang memang mudah untuk dibeli maka segera belikan karena biasanya ketika hamil muda, istri males makan karena selalu merasa mual. Maka ketika ketika menginginkan makanan tertentu yang istri ingin memakannya segeralah membelikannya. Tapi juga harus diperhatikan kesehatan dan kehigienisannya, jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu asam dan pedas juga.
  • Terakhir, Berdo’alah agar istri selalu sehat dan dijaga Allah sampai dengan masa persalinannya.

Itu sedikit tips dari Saya, Semoga Anda menjadi suami yang selalu siaga yah.Semangat bagi yng saat ini istrinya sedang hamil seperti Saya ^^

Yang Harus Dilakukan Suami Ketika Istri Positif Hamil

testpack positif

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada Saya dan keluarga. Saya tidak menyangka di usia pernikahan saya yang baru saja menginjak hampir 5 tahun. Saya sudah memiliki 2 buah hati yang lucu Arfa dan Hanaan yang Allah masih menjaga keduanya dengan penjagaan yang baik. Dan kini saya surprise banget karena istri sedang hamil lagi anak yang ke-3 insya Allah. Padahal saat ini istri sedang tugas belajar dan melanjutkan pendidikan S2 dari pemerintah dan anak kedua yang masih menyusui karena usianya belum genap 1,5 tahun.

Tapi Allah memang memiliki kehendak lain yang tentunya itu adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. Walau saat ini Saya hectic banget dengan apa yang saya jalani sekarang. Diantara tanggung jawab yang besar pekerjaan kantor dan juga tanggung jawab yang gak kalah besarnya di dalam keluarga. Namun saya, istri dan anak-anak harus tetap survive dengan semua kondisi yang terjadi saat ini.

Continue reading “Yang Harus Dilakukan Suami Ketika Istri Positif Hamil”

Peran Suami Ketika Istri Ngidam

ngidam

Ngidam secara istilah kedokteran memang tidak ada. Namun istilah ngidam banyak sekali dipakai untuk mennggambarkan kondisi seorang wanita ketika sedang hamil muda. Seperti istri saya sekarang, hamil anak kedua.. dan ketika 3 tahun yang lalu pas hamil anak pertama saya, Arfa.

Saat-saat ngidam atau di trimester pertama kehamilan memang masa-masa yang cukup berat bagi seorang ibu hamil. Memang setiap wanita pasti berbeda-beda kondisinya, ada yang happy-happy aja tapi ada juga yang sampe parah (hyperemesis gravidarum) dan bisa sampe dibawa ke rumah sakit kaya istri saya dulu pas hamil pertama. Terkadang seorang wanita ketika baru saja hamil, tubuhnya akan mulai beradaptasi dengan adanya janin yang mulai berkembang di rahimnya. Dan kondisi ini yang menjadikan seorang wanita berasa enek, mual dan badannya lemes dan malas ngapa-ngapain. Itu pastinya gejala yang wajar, kalau pas istri saya dulu masa trimester pertama rawan banget. Heboh waktu itu pas lagi ngajar dia pingsan di sekolah dan langsung di bawa ke Puskesmas dan langsung di rujuk ke Rumah Sakit. Tapi alhamdulillah setelah di USG ternyata janinnya gak apa-apa dan sampe sekarang Arfa udah mau 2 tahun.

Nah sekarang, masa-masa repotnya ngidam kembali lagi saya rasakan. Tapi sebelumnya saya happy dong dan bersyukur atas nikmat yang diberikan ini. Banyak lho temen-temen saya yang udah lama nikah tapi belum juga diberikan momongan. Jadi walau repot tapi tetap disyukuri dan dinikmati ajah sebagai ayah 🙂

Peran suami ketika istri ngidam itu penting dan besar banget lho. Mau gak mau suami pasti terlibat, kan yang bikin istri hamil suaminya? hihi. Dan suami sebagai orang yang terdekat pasti harus menjaga banget kondisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya supaya selalu sehat sampai nanti waktu persalinan tiba. Waktu yang paling rawan dan harus banyak diperhatikan oleh setiap suami dalam menjaga kesehatan ibu hamil adalah ketika istri sedang hamil muda atau di trimester pertama. Kenapa? Karena di periode ini ibu hamil kondisi tubuhnya masih belum stabil, baik kondisi fisik maupun psikisnya. Perasaan gak enak selama ngidam tentunya gak akan pernah dirasakan oleh para suami, saya juga suka kesel koq sama istri kalau lagi manja banget apa-apa pengen saya yang ngelakuin, pengen makanan ini dan itu, hujan-hujan harus keluar hehe. Tapi ya mau gimana lagi.. hanya suami saja yang menemani istri sementara saudara, orang tua atau mertua gak ada. Jadi enjoy aja..

Selain harus menjaga kesehatan fisiknya dengan memberikan asupan yang baik terutama ketika ibu hamil malas makan, sering mual dan muntah dan badannya selalu gak enak. Suami pun harus tetap memberikan semangat dan motivasi kepada istri agar tetep survive dan bertahan, seringlah memeluk dan mencium keningnya tanda kita sayang padanya. Apalagi bagi yang baru hamil anak pertama, kalau saya kini harus membagi waktu antara istri yang hamil lagi, sama ngurusin Arfa mulai dari mandiin, nyebokin, nyuapin, ngajak main sampe ngelonin. Itu saya lakukan sebelum berangkat ngantor dan sesudah pulang, karena istri saya juga ngajar di sekolah dan ada pengasuhnya Arfa yang jagain pas orang tuanya kerja.

Hmm.. kalau dipikir-pikir capek juga sih hehe. Tapi ya itu tadi.. saya berusaha menikmatinya, anak satu aja saya bersyukur banget sampe saat ini Arfa masya allah cerdasnya, sehat dan ngegemesin banget apalagi ditambah anak satu lagi (cewek ngarepnya :D) tambah rame deh semoga pas lahir adiknya Arfa udah bisa pindah ke rumah yang baru gak ngontrak lagi karena kemarin baru beres bikin pondasinya aja. Do’akan ya teman-teman.. Ingat deh sekali lagi jangan kecewakan istri yang lagi hamil ya karena peran kita sebagai suami sangat besar dan sangat penting bagi istri kita ^^

Cara Mengatur Jarak Lahir Anak

jarak lahir

Mempunyai banyak anak memang sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang, walau tentunya sebagian orang lagi malah mempunyai prinsip mempunyai dua anak aja sudah cukup soalnya kalau banyak-banyak malah kerepotan. Contohnya orang tua gue sendiri, kayanya ibu gue belum menopouse soalnya masih minumin pil KB katanya. Tapi Beliau udah gak bakalan mikirin punya anak lagi, soalnya punya prinsip “Dua anak lebih baikhehe. Kini usia gue udah 27 taun dan adik gue 21 tahun. Anaknya udah gede-gede dan malah udah punya cucu dari gue.

Nah, kalau bagi gue sendiri sebenarnya sih gue gak cita-cita amat punya banyak anak. Maksudnya banyak disini ya sebanyak yang bisa dihasilkan haha.. Tapi kalau Allah ngasih gue kesempatan yah mungkin 3-4 mungkin cukup ya itu juga kalau istri gue mau dan sabar pas hamilnya. Soalnya kan kalau suami bisanya cuma nanam benih, nah yang ngegedein ya ada di perutnya istri gue hehe.

Continue reading “Cara Mengatur Jarak Lahir Anak”