Happy Birthday Mamam

30 tahun

30 tahunSebenarnya Papap gak pernah membiasakan untuk merayakan ulang tahun. Begitu juga dengan anak-anak Papap. Semuanya gak pernah merayakan hari lahir. Tapi Papap ingin berusaha mengenang momen momen tertentu saja agar nanti tersimpan dalam arsip kehidupan dan juga tulisan Papap ^^

Kalau ngomongin umur, kadang gak nyangka sekarang udah kepala 3. Perasaan masih jelas di ingatan, waktu masih sekolah di STM, merantau kerja di Jakarta, terus pindah ke Bogor sambil kuliah, akhirnya nikah di 2010 dan kini udah punya anak 3. Alhamdulillah..

Karena mamam lahir duluan sebulan dari Papap, maka mamam dulu yang usianya 30 terus sebulan kemudian Papap. Ini ngitungnya pake tahun masehi lho..kalau pake tahun hijriyah mungkin sudah lebih hehe.

Usia 30 bisa dibilang merupakan fase dimana seseorang jauh tambah lebih dewasa. Walau terkadang kedewasaan tak identik dengan usia juga ya 🙂

Papap selalu berdo’a agar Mamam jadi makin dewasa, makin sayang sama Papap dan anak-anak, dikurangin cerewetnya (bisa gak ya? Hehe), diluaskan rezekinya, diberkahi kehidupannya, jadi wanita solehah deh nanti bisa masuk surga bareng-bareng. Aamiin.

Happy Birthday Mamam, we always love you so much. Salam sayang dari Papap, Arfa, Hanaan, dan Raihanah.

Masakanmu, Menambah Rasa Cintaku

Seberapa Enak Masakan Istri Anda?

Sewaktu bujangan saya terbiasa dengan masakan warteg/warung nasi sunda dan jenis warung nasi daerah lainnya. Dan setelah menikah, saya sudah say goodbye dengan masakan warung nasi, dan berganti dengan masakan padang (lho?:D). Beberapa keadaan darurat yang memaksa saya makan masakan warung nasi adalah: ketika beras habis dan malas beli beras ke warung, ketika istri nginap di rumah ortunya, atau malah istri telat buat masak.

Masak memasak memang sudah menjadi dunia tersendiri bagi kebanyakan kaum wanita. Walau saya juga heran, kenapa chef dan koki itu kebanyakan yang mendominasi adalah dari kaum laki-laki ya? Tanya kenapa.masakan istrihttps://rumaysho.com/wp-content/uploads/2014/09/masak_istri.jpg

Dan tahu gak, salah satu hal yang membuat saya cinta kepada istri adalah karena masakan istri saya itu enak sekali (belum pake sangat hehe). Bukannya saya berlebihan dalam memuji, tapi saya jujur dari hati yang paling dalam bahwa masakan istri saya sudah satu level dengan masakan ibu saya bahkan lebih 1 poin di atasnya karena masakan istri saya lebih variatif dan berani dalam bereksplorasi hehe.

Sebenarnya dulu saya sempat meragukan kemampuan istri dalam memasak. Paling banter istri masak telor dadar dan yang ringan-ringan aja semisal tumis kangkung atau tumis toge. Tapi dengan seiring berjalannya waktu, pengalaman isti saya semakin banyak dalam hal masak memasak. Dan itu membuat saya selalu merindukan masakan istri saya. Bahkan saya bercita-cita kalau satu saat punya rumah sendiri (dan alhamdulillah sekarang sudah memiliki rumah sendiri), akan saya buatkan dapur yang luas dan nyaman supaya istri saya lebih semangat lagi masaknya. Wah sungguh suatu cita-cita yang mulia banget ya hehe!

Sebenarnya banyak para istri yang cuek dalam masalah memasak ini. Apalagi bagi para istri yang bekerja dan tak mau repot-repot di dapur. Pulang kerja mampir ke warung makan dan hanya membeli masakan jadi saja. Tentunya sensasi makannya akan berbeda loh dengan makan masakan sendiri. Suami juga akan bosan, dan mungkin kepikiran akan nyari istri lagi yang tentunya lebih pintar masak masakan yang enak yang menjadi favoritnya, misalnya semur jengkol hehe. Eh, itu bisa jadi pemicu perselingkuhan juga loh cuma gara-gara masakan doang. Gak percaya kan? Para istri harusnya khawatir setelah membaca pernyataan polos dari kaum suami ini 😛

Menjadi istri yang sibuk di dapur itu menyenangkan juga loh. Walaupun istri saya juga bekerja, tapi dia mau repot-repot juga di dapur hanya untuk memasak makanan untuk suaminya. Biarlah dapur berantakan dan saya yang harus membereskannya, tapi saya puas dengan hasil masakan istri dan itu artinya setelah saya makan, saya punya tenaga dan kekuatan untuk membereskan dapur yang berantakan akibat eksplorasi istri saya ketika memasak hehe.

Untuk itu, nasihat saya kepada para istri. Mulailah anda berpikir untuk mulai melihat dapur anda. Jangan biarkan peralatan masak anda tak tersentuh. Buatkanlah masakan super enak untuk suami anda. Suami sangat menghargai jerih payah masakan anda loh, walau memang terkadang ada istri yang ditakdirkan untuk tidak pintar memasak. Tapi memasak bisa dipelajari juga ilmunya, jadi belum terlambat untuk menjadi istri yang pintar memasak dan membahagiakan suaminya.

Salam semangat untuk para istri ibu rumah tangga dimanapun anda berada! ^^

Tips Suami Menangani Istri Yang Sedang Hamil Muda

Sangat bahagia seorang suami ketika mendengar kabar bahwa istri tercinta positif hamil, tentunya akan tambah ramai deh keluarga kita dengan kehadiran sang buah hati. Bagi pasangan muda yang baru menikah, tentu saja ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Namun bagi seorang istri yang kehamilannya merupakan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Hal ini walau juga merupakan sebuah kebahagiaan, namun penyambutannya akan sedikit berbeda karena merasa ini merupakan sebuah hal yang sudah biasa terjadi yang tentu saja penanganannya sudah kita ketahui dari mulai awal kehamilan sampai dengan nanti masa persalinannya.

Usia anak saya yang pertama, Arfa saat ini belum genap 4 tahun dan anak kedua Hanaan, belum genap juga 1,5 tahun. Saat ini istri Saya juga sedang tugas belajar S2 di salah satu Universitas Negeri di Jawa Timur. Ketika mengetahui istri Saya hamil lagi untuk anak yang ke-3, Saya sedikit galau juga sekaligus bahagia hehe. Jujur ini di luar dugaan Saya karena anak kedua juga masih kecil. Namun tentunya Saya yakin karena ini merupakan takdir yang Allah sudah tetapkan, maka Saya harus yakin bahwa Saya dan istri bisa melewati ini semua. Jadi suami siaga lagi deh.. Selain ngurus anak-anak yang masih kecil ditambah istri yang sedang hamil muda ^^ Ekstra banget bagi seorang suami dan Ayah seperti Saya.

Pengalaman setiap kali hamil, istri Saya selalu lemas, dan mual muntah yang cukup sering. Bahkan ketika anak pertama pernah Hyper Emesis yaitu sebuah kondisi ibu hamil yang kondisi tubuhnya tidak begitu kuat dalam menanggung berbagai macam gejala di awal kehamilan, semisal mual muntah yang berlebihan, dehidrasi, bahkan sampai pingsan.

Disini kadang saya merasa galau, karena khawatir dengan kondisi kesehatan istri Saya. Mau tidak mau anak kedua Saya yang masih 1,5 tahun harus disapih dan tentunya tidak bisa ikut lagi menemani Mamamnya yang sedang kuliah S2. Saya sekarang hanya ditemani adik ipar cowok yang tentunya hanya bisa membantu semampunya :D.

OK cukup deh galaunya.. Yuk simak tips-tips Saya bagi Anda para suami dalam menangani istri yang sedang hamil muda..

  • Jagalah kesehatan istri, dengan memberikannya makanan yang sehat dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Bisa ditambah dengan susu ibu hamil juga suplemen yang lain.
  • Jangan terlalu membebani istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat, kalau bisa suami ikut turun tangan dan atau bisa menyewa pembantu dan dibantu ortu/mertua.
  • Jaga psikis dan kondisi kejiwaan istri, biasanya ketika hamil muda kondisi kejiwaannya labil. Kalau sudah tidak menahan mual dan muntah dan juga gejala kesehatan lainnya dia akan nangis sendiri saking tidak kuatnya menanggung hal itu. Sebagai suami harus bisa memberikan ketenangan kepada istri, suami bisa memberikan pijatan ringan di bagian kaki, punggung dan memeluknya jika istri sedang galau. Berikan terus motivasi kepada istri untuk bisa survive dan melewati ini semua.
  • Jika istri bekerja, maka berikan fasilitas antar jemput dan jangan sampai terlalu mendapat goncangan di kendaraan.
  • Jika ini kehamilan yang kedua dan seterusnya, maka bantu istri untuk menjaga dan mengurus anak-anak agar tentunya istri bisa fokus dengan kehamilannya.
  • Tambah pengetahuan suami tentang berbagai hal seputar kehamilan. Jika ada gejala tertentu yang tidak normal segera konsultasikanlah ke dokter/bidan. Bacalah buku atau artikel di internet, Insya allah akan membantu Anda para suami di dalam menangani istri yang sedang hamil muda.
  • Sebisa mungkin menuruti setiap keinginan istri yang masih masuk akal, biasanya ketika hamil muda ada masa yang disebut dengan ngidam. Sebenarnya ini sebuah hal yang lazim tapi bukan menjadi alasan bagi istri untuk minta yang aneh-aneh. Kalau hanya sekedar makanan yang memang mudah untuk dibeli maka segera belikan karena biasanya ketika hamil muda, istri males makan karena selalu merasa mual. Maka ketika ketika menginginkan makanan tertentu yang istri ingin memakannya segeralah membelikannya. Tapi juga harus diperhatikan kesehatan dan kehigienisannya, jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu asam dan pedas juga.
  • Terakhir, Berdo’alah agar istri selalu sehat dan dijaga Allah sampai dengan masa persalinannya.

Itu sedikit tips dari Saya, Semoga Anda menjadi suami yang selalu siaga yah.Semangat bagi yng saat ini istrinya sedang hamil seperti Saya ^^

Yang Harus Dilakukan Suami Ketika Istri Positif Hamil

testpack positif

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada Saya dan keluarga. Saya tidak menyangka di usia pernikahan saya yang baru saja menginjak hampir 5 tahun. Saya sudah memiliki 2 buah hati yang lucu Arfa dan Hanaan yang Allah masih menjaga keduanya dengan penjagaan yang baik. Dan kini saya surprise banget karena istri sedang hamil lagi anak yang ke-3 insya Allah. Padahal saat ini istri sedang tugas belajar dan melanjutkan pendidikan S2 dari pemerintah dan anak kedua yang masih menyusui karena usianya belum genap 1,5 tahun.

Tapi Allah memang memiliki kehendak lain yang tentunya itu adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. Walau saat ini Saya hectic banget dengan apa yang saya jalani sekarang. Diantara tanggung jawab yang besar pekerjaan kantor dan juga tanggung jawab yang gak kalah besarnya di dalam keluarga. Namun saya, istri dan anak-anak harus tetap survive dengan semua kondisi yang terjadi saat ini.

Continue reading “Yang Harus Dilakukan Suami Ketika Istri Positif Hamil”

Positive +

testpack positif

Alhamdulillah.. !!

Itulah kata pertama yang gue ucapkan ketika istri gue positif hamil (insya allah) anak yang kedua. Gak nyangka juga selang hampir 2 tahun Arfa lahir kini adiknya ikutan nyusul hehe. Gak kebayang gimana ramenya deh kehidupan gue.. Hidup bareng satu istri sama satu anak aja udah ajiib banget dah terkadang gue sering ngerasa kehilangan waktu buat gue sendiri apalagi mau ditambah satu lagi? Oww amazing.. pada intinya gue tetep bersyukur Alhamdulillah.. karena masih banyak dari temen-temen gue yang sampai saat ini belum juga dikasih momongan.

Tapi yang pasti, kemarin-kemarin istri gue suka bilang ke gue bahwa haidhnya udah telat walaupun gue yakin istri gue gak suka nyatet siklus haidhnya 😀 lalu pada akhirnya nyoba-nyoba aja deh beli testpack dan hasilnya ternyata positif dengan tanda 2 garis.  Aiiih.. senang dan bahagianya ternyata gue normal Ya Allah.. ^^

Jadi mulai saat ini gue akan sibuk lagi, nambah kerjaan dan nambah pikiran. Hmm harus nyari siasat gimana ngadepin Arfa yang mulai makin pinter dengan ocehan dan tingkah polahnya sama manjanya istri yang lagi ngidam.. aiih double bo! Apalagi dari dulu, gue sama istri hidup mandiri kalupun saat ini ibu mertua gue lagi nemenin tapi itu juga gak akan selamanya.. jadi setelah ibu mertua gue pulang gue harus nerima kenyataan ini! xixi .. Alhamdulillah lagi… 😛

Kalau udah punya anak, memang seorang cowok mau gak mau harus belajar jadi dewasa. Malu dong sama anak kalau tingkah kita kekanak-kanakan kecuali kalau kita lagi ikutan main sama anak maka kita harus mencoba masuk ke dalam dunianya. Dunia anak-anak..

Nah.. banyak lah tugas dan pe-er gue nih. Kerja buat nyari nafkah itu wajib! Beres-beres rumah, mongmong bocah dan bantuin istri itu adalah satu tambahan job gue di rumah plus gue lagi mikir gimana biar cepet lanjut proyek bangun rumah. Aiiih udah gak sabar nih tinggal di rumah sendiri ..

Happy Wednesday ya 😀

Jangan Pernah Telat Sedetik Pun

menungguSiapa sih orangnya yang mau untuk disuruh menunggu. Karena menunggu memang bukanlah pekerjaan yang menyenangkan, sebaliknya malah membosankan dan bikin bete. Mending ya kalau datangnya telat, tapi kalau tiba-tiba orang yang ditunggunya itu sengaja ngebatalin gimana dong? Sebel banget tentunya.

Saya termasuk orang yang selalu berusaha untuk tepat waktu jika janji kepada seseorang. Namun terkadang sering ada masalah teknis yang selalu bikin saya sedikit kurang tepat waktu. Sebagai suami yang baik saya sering sekali bertugas menjadi seksi antar jemput istri. Pokoknya kemanapun istri mau pergi, kalau saya bisa pasti saya anter. Tiap pagi  sekitar jam 7, saya antarkan istri ke sekolah dan pulangnya sekitar jam 12 saya jemput juga. Hal ini seringkali menjadikan pertanyaan bagi orang-orang di sekolahnya istri, “Ni suaminya Bu Asih (Istri saya) kerja apa sih? Koq bisa gituh.. selalu antar jemput istri kemanapun. Saya jadi penasaran sekaligus ngiriHehe.

Continue reading “Jangan Pernah Telat Sedetik Pun”

Istriku Pebisnis Yang Sukses

ibu pebisnisMenjadi seorang pebisnis yang sukses adalah impian istriku. Dia suka ngebayangin punya toko dan dia yang menjadi bosnya hehe. Memang ada turunan darah pebisnis di keluarganya. Jadi tidak heran kalau semua dibisnisin. Dan saya akui saya kalah, saya merasa tidak punya jiwa bisnis dalam diri saya. Karena saya terlahir sebagai seorang penulis professional yang insya Allah akan segera menerbitkan buku perdananya huehehe ngarep 😀

Dia selalu cerita, bahwa waktu kecil dia bikin warung kecil-kecilan di rumahnya. Dan dia paksa semua anggota keluarganya, tetangga-tetangganya untuk beli ke dia hehe. Beranjak kuliah, dia pun ikut berjualan dengan saudaranya di Bandung dan berusaha survive dengan menjadi mahasiswa entrepreuner, dia jualan jilbab, bikin pin dan lain-lain.

Continue reading “Istriku Pebisnis Yang Sukses”

Ibu Hamil Memang Labil

ibu hamil yang labilKetika istri saya mengandung Arfa, saya punya banyak cerita baik suka ataupun duka menjadi suami yang harus ngadepin ibu hamil. Terkhusus ketika ngadepin istri di saat-saat awal kehamilannya. Waktu itu, sebulan sebelum istri saya dinyatakan positif “hamil”, istri curhat sama saya bahwa dia sudah telat haidhnya. Waktu itu saya seneng banget, tapi saya bilang sama istri untuk nunggu lagi seminggu. Nah, kalau sudah seminggu baru deh kita cek pake test pack. Akhirnya seminggu pun berlalu, karena istri masih belum juga haidh akhirnya sebelum pulang ke kontrakan, kita pun mampir ke apotek untuk beli test pack.

Continue reading “Ibu Hamil Memang Labil”