Gejala Kanker Prostat yang Perlu Diketahui oleh para Ayah

gejala kanker prostat

gejala kanker prostat

Setiap laki-laki, terutama yang sudah menjadi Ayah tentunya harus terus menjaga kesehatan tubuhnya. Karena Ayah memiliki kesibukan, padatnya pekerjaan dan harus terus beraktivitas sehari-hari. Satu dari 10 penyakit yang sering menimpa pria adalah kanker prostat sob!. Ngeri kan? Tapi, mungkin banyak dari kita yang tidak sadar dengan gejala hingga penyakit ini menyebar dan semakin sulit diobati.

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui gejala awal kanker prostat ini. Yuk kita lihat tanda-tandanya berikut ini :

Perubahan urin

Saat kita buang air kecil, kandung kemih mendorong isinya ke dalam prostat yang memiliki lubang tubular untuk membiarkan urin melewatinya dan kemudian masuk ke uretra. Seiring bertambahnya usia, prostat bisa tumbuh. Hal ini dapat dikenal sebagai hiperplasia prostat jinak, atau pembesaran prostat.

Jika mengalaminya cenderung akan menyebabkan perubahan kencing. Tapi tumor yang tumbuh di prostat bisa menyebabkan masalah kencing serupa.

Masalah kencing ini meliputi aliran urin yang terhambat, frekuensi yang meningkat atau sering buang air kecil, dan sensasi pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap,” kata Dr. Wysock dikutip dalam Men’s Health.

Itu mungkin berarti kita akan merasakan dorongan untuk buang air kecil terus menerus.

Terdapat darah dalam air mani dan air kencing

Melihat darah saat Dads kencing atau darah saat ejakulasi merupakan hal yang tidak normal, dan harus diperiksa jika terjadi, menurut Dr. Wysock. Ini mungkin merupakan gejala kanker prostat, atau berasal dari penyebab lain seperti infeksi atau pembengkakan.

Nyeri dan kaku pada pinggang

Jika kanker prostat menyebar di luar kelenjar, ia cenderung mempengaruhi jaringan dan tulang di dekatnya, termasuk punggung bawah dan tulang belakang.

Hal ini dapat menekan pada saraf tulang belakang, menyebabkan rasa sakit atau mati rasa, dan menyebabkan sesak di otot, tergantung di mana letak sel kanker.

Dr. Wysock menekankan bahwa mendiagnosis kanker prostat akibat nyeri punggung bawah sangat jarang terjadi, walaupun mungkin saja terjadi.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi.

Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi.Tapi sekali lagi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.

Urin yang menetes atau tidak cukup kuat

Gejala ini mirip inkontinensia urin (ngompol).Urin tidak dapat ditahan hingga perlahan keluar dan menetes.Atau kalau pun keluar aliran tidak cukup kuat.

Usia di atas 50 dan mempunyai faktor risiko

Karena tidak menimbulkan gejala maka pria yang memiliki faktor risiko sebaiknya memeriksakan diri secara rutin. Faktor risiko ini termasuk adanya anggota keluarga yang menderita kanker terutama jika itu sang ayah, obesitas/kegemukan dan merokok merupakan salah satu faktor risiko kanker prostat.

Nah, demikianlah gejala awal dari kanker prostat ini. Semoga dengan mengetahuinya sejak awal, kita bisa mengantisipasinya. Ngeri banget kan kalau seorang ayah terkena sakit prostat ini..

Sumber: http://nakita.grid.id/read/0224325/dads-jangan-abaikan-ini-gejala-kanker-prostat-yang-perlu-diketahui

Inilah 4 Tips Ampuh Lawan Rasa Kantuk Di Kantor

4 tips ampuh lawan kantuk di kantor

4 tips ampuh lawan kantuk di kantor

Dengan bertambahnya usia dan juga berkurangnya daya tahan tubuh, seringkali membuat papap cepat lelah. Dan biasanya, ketika menjelang waktu istirahat atau ketika akan melanjutkan kembali pekerjaan pasca istirahat, papap seringkali dilanda rasa kantuk. Gak mungkin kan, papap harus izin tidur dulu di kantor? Hehe. Nah, pasti juga dengan teman-teman. Pasti deh seringkali merasakan yang namanya ngantuk di kantor! Iya kan? Ngaku aja deh ^^

Nah, biasanya nih.. orang banyak yang ngusir kantuk dengan minum kopi. Emang siih.. papap akuin kalau kopi sebenarnya bisa ngusir kantuk. Tapi ya kadang gak ngaruh jug sih, kalau udah ngantuk emang obat yang paling ampuh emang segera tidur. Tapi kan gak mungkin juga kan, kita nyerah sama kantuk apalagi pas banyak pekerjaan di kantor atau pas mau meeting.

Nah, tapi jika teman-teman bukan penggemar kopi atau sedang berusaha untuk mengurangi asupan kopi, ada beberapa alternatif lain koq yang bisa dipilih untuk mengatasi rasa kantuk.

Dari liputan6.com, berikut ini ada beberapa cara melawan kantuk selain dengan meminum kopi.

1. Segarkan mata

Menatap layar komputer dalam waktu yang lama bisa membuat mata teman-teman jenuh dan lelah, selain juga menyebabkan kantuk. Untuk mencegah kantuk dan efek negatif lain dari tindakan menatap layar komputer terlalu lama, misalnya mata kering atau iritasi, coba deh teman-teman untuk sesekali memalingkan tatapan ke hal lain. Jika memungkinkan, lihatlah kondisi luar ruang. Pandangan yang jauh atau ke hal-hal yang natural bisa merelaksasi mata dan menyegarkan pikiran. Tapi bagi yang cowok, jangan terus mandengin sekretaris si bos yang cantik ya! hehe.

2. Kudapan sehat

Mengudap memang bisa membuat teman-teman kembali merasa segar atau tidak mengantuk. Namun, hal ini malah bisa berbahaya bagi kesehatan bila yang dimakan sama teman-teman itu jenis snack tidak sehat, contohnya gorengan. Makanlah camilan ringan yang bukan hanya membuat teman-teman terbebas dari kantuk tapi juga menyehatkan, misalnya buah.

3. Air putih

Cara lain untuk menangkal rasa kantuk adalah dengan meminum air putih. Selain menyegarkan, air putih berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun di tubuh. Air putih juga bermanfaat untuk membantu peredaran berbagai elemen penting seperti oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.

4. Menggerakkan tubuh

Dengan kondisi duduk terlalu lama, selain lelah juga akan membuat kita ngantuk. Coba deh untuk menggerakkan tubuh agar lebih energik. Bisa sambil jalan ke kamar mandi, atau pergi ke pantry untuk sekedar mengisi air putih yang sudah kosong di gelas kita.

Nah, demikian ya teman-teman.. beberapa tips yang akan membantu kita agar tidak ngantuk lagi pas di kantor. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Ingat.. jangan sekali-kali mencuri waktu untuk tidur disaat bekerja. Nanti repot deh kalau si bos ngamuk.. hihi.. kabur ah!

Sumber: http://lifestyle.liputan6.com/read/3228325/lawan-rasa-kantuk-di-kantor-dengan-4-tips-ampuh-ini — dengan sedikit tambahan dari papap.

Tips menjadi Ayah yang sehat dan kuat

dollarphotoclub_80279989-1030x687Menjadi seorang Ayah adalah sebuah anugerah. Banyak teman-teman papap yang walau sudah nikah lama tapi belum juga jadi Ayah karena hingga saat ini belum juga dikaruniai anak. Sementara papap sendiri sudah dikaruniai  3 anak. Prestasi yang cukup awesome menurut papap. Hehe.

Kalau dihitung-hitung dari 6 tahun usia pernikahan papap dan mamam, dengan pencapaian 3 anak berarti rentang waktu dari anak pertama, kedua dan ketiga yaitu hanya 2 tahun saja. Masih mending juga sih dibanding yang satu tahun 1 anak Hehe.

Dengan kondisi papap dan mamam bekerja, terus papap dan mamam menjalani kehidupan rumah tangga secara mandiri, dalam artian tanpa ada bantuan secara langsung dari ortu dan mertua, menjadikan papap dan mamam harus survive dalam segala hal. Terutama dalam mengasuh ke-3 anak papap. Arfa (5th+), Hanaan (2th, 10bln) dan Raihanah (11 bln). Pokoknya sesuatu banget deh.. ^^

Nah, apalagi semua pekerjaan rumah tangga juga dihandel sendiri lho, kalaupun ada Asisten Rumah Tangga itu juga hanya membantu mengasuh anak (baby sitter) dan paling banter nyetrika baju saja. Untuk urusan masak, beres-beres, nyuci baju, dll semuanya papap dan mamam yang handle. Jadi ya gitu deh.. papap harus selalu sehat dan kuat ^^

Nah, guys gimana sih supaya jadi Ayah yang selalu sehat dan kuat itu? Soalnya..kalau papap nanti sakit repot banget kan? Makanya papap selalu berdo’a supaya papap tetep sehat dan kuat. Kalau papap lagi gak enak badan soalnya bawaannya males gitu..apalagi anak-anak suka rewel. Duh stress deh.. Sebenarnya, papap juga merasa kurang sehat sih tapi gimana lagi harus selalu strong demi anak-anak 🙂

Yuk cek tips agar Ayah tetap sehat dan kuat!

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Papap jujur akhir-akhir ini seringkali telat makan, males makan, dan makannya gak jelas gitu deh. Tapi papap saranin, kalau seorang Ayah itu asupan makanannya harus bener lho!, karena dia harus bekerja seharian, terus di rumah juga harus bantuin istri dan  ngurus anak-anak kan? Ekstra lho jadi suami dan ayah itu 🙂
  2. Sering berolahraga. Jujur juga sebenarnya papap jarang olahraga dan dari motivasi dirinya papap juga kurang karena dari dulu apalagi pas sekolah papap gak suka banget yang namanya pelajaran olahraga. Apalagi renang? wkwk papap gak bisa renang soalnya. Nah, tapi olahraga sebenarnya penting lho karena bisa membantu untuk sehat juga. Kalau bener-bener sibuk banget dan gak bisa nyempetin untuk olahraga secara khusus, mungkin bisa disiasati dengan olahraga yang ringan saja. Misal jalan kaki ke masjid atau lari-lari kecil keliling komplek, atau sepedaan sama anak dll.
  3. Jaga pola tidur dan jangan begadang. Seorang Ayah itu harus tidur yang cukup, dan jangan biasakan begadang. Karena nanti akan bikin ngantuk di siang hari dan membuat badan jadi lemes. Tapi papap suka begadang hehe.
  4. Jangan Stress! Ok, ini emang ngaruh banget deh ke kehidupan papap. Dulu ketika papap ngerasa happy banget sekarang sedikit berubah sikon menjadi sedikit stress.. owh sesuatu yang wajar sih tapi jangan sampe deh jadi unhappy.

Sebenarnya papap pengen ngasih tips yang banyak. Tapi papap takut mengada-ngada karena ngasih tips yang gak papap lakuin hehehe. So, menjaga agar tetap sehat dan kuat itu penting banget guys.. apalagi jika sudah menjadi seorang Ayah. ^^

Manfaat Toge Bagi Kesehatan & Kesuburan Pria

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pria agar pasangannya bisa segera hamil. Walaupun sebagai manusia beragama kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi itu telah ditakdirkan. Namun tentunya kita juga harus selalu berusaha dan berdo’a sehingga kita tetap optimis walau mungkin banyak cara yang telah anda lakukan hingga saat ini belum membuahkan hasil juga. Usaha alternatif lain terutama untuk para pria agar bisa menambah kesuburan adalah dengan rajin mengkonsumsi toge/tauge. Walau ini masih menjadi mitos, kita simak aja yuk pembahasannya di bawah ini:

Pengaruh Makanan bagi Kesuburan

Makanan sudah lama diyakini orang berpengaruh pada gairah seksual dan kesuburan. Setiap daerah atau suku biasanya punya bahan makanan tertentu yang diyakini jos meningkatkan kesuburan. Di antara begitu banyak jenis makanan, mitos toge sebagai menu utama penyuburlah yang paling sering kita dengar.

Boyke Dian Nugraha, ginekolog dan konsultan seks, mengakui toge memang berkhasiat bagi kesuburan. “Sebab, toge mengandung antioksidan dan vitamin E,” kata dia. Selama ini, banyak orang mengkonsumsi vitamin E sebagai makanan tambahan alias suplemen untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kelenturan kulit. Khasiat toge sebetulnya lebih ditujukan untuk kaum pria. Karena, selain menyuburkan, toge juga dapat mendongkrak vitalitas dan kejantanan pria.

Namun, menurut Ichramsjah A. Rachman, spesialis kebidanan & penyakit kandungan Fakultas Kedokteran UI, memakan toge begitu saja belum tentu bisa bikin subur. Dia bercerita, pernah punya seorang pasien yang sudah belasan tahun tidak memperoleh keturunan. “Karena ada temannya menganjurkan untuk mengkonsumsi toge, dia pun melakukannya, tapi tetap saja tidak ampuh,” kisahnya. (sumber)

kecambah-taugeManfaat Toge bagi kesehatan

Toge/Taoge (Kita ambil kata Toge aja ya..karena memang saya suka juga sama Toge yang “itu” :D) merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah diperolah setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk toge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil. Sayuran toge jenis apapun, baik toge kacang hijau, toge kedelai, tage alfafa, maupun jenis toge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam toge alfafa.

Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau tage lebih bergizi. Protein tage lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Kenapa bisa begitu? hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah:

Mencegah Kanker

Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa mengganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Lainnya

Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, toge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan toge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause

Jadi mulai sekarang, apa salahnya untuk mencoba memusatkan perhatian kita terhadap tumbuhan di sekitar rumah, jangan tergantung kepada obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia, penyakit yang satu sembuh tetapi penyakit yang lain datang. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil, karena siapa tahu di balik bentuknya yang kecil tersimpan manfaat yang sangat besar.

Nah, gimana sobat.. khususnya buat abang-abang yang sudah nikah ya dan merasa gak pede karena dah lama nikah tapi gak bisa bikin istri hamil? Hehe. Apa yang salah? Dah.. gak usah banyak mikir. Banyakin makan toge, terserah deh mau dibikin pecel, ditumis, gado-gado, atau digado mentahnya juga gak apa-apa hehe. Walau katanya cuma mitos, tapi kalau setelah diteliti telah memiliki kandungan dan manfaat yang bagus untuk tubuh, gak ada salah juga kan buat dicoba? Saya juga dulu pernah mencobanyanya lho.. Asli sampe sekarang masih suka banget sama toge, apalagi cewek yang toge (minta ditimpuk istri :D) (sumber)

Papap.. Jangan Tidur Di Lantai Dong..!

efek tidur di lantai

Beberapa orang termasuk Saya, mungkin memiliki kebiasaan tidur yang sedikit berbeda. Apalagi suasana yang kurang mendukung kadang membuat kita susah tidur. Dan sebuah kebiasaan yang sering saya lakukan adalah tidur di lantai.

Tinggal di sebuah rumah kontrakan sempit memang belum bisa disebut nyaman hehe (bukan ngeluh loh ya ^^) Apalagi belum dipasang AC wah kalau lagi musim panas terbayang deh gimana gak nyamannya kalau mau tidur. Hampir setiap malam pasti deh nyalain kipas dan jika kipas angin mati ya terpaksa pakai kipas manual yang bikin pegel tangan wkwkw.

efek tidur di lantai

Hampir setiap malam Saya suka tidur di lantai. Sebenarnya tidak menyengaja tidur di lantai, namun terkadang jika terbangun di malam hari dan terasa panas maka saya suka langsung ngambil bantal dan melanjutkan tidur di lantai. Apalagi jika di kasur Arfa sudah banyak ompolnya.. bikin gak betah deh

Katanya sih tidur di lantai sebenarnya memang punya manfaat kesehatan tersendiri bagi tubuh. Misalnya saja peredaran darah yang lebih lancar dan postur tubuh jadi lebih baik. Bahkan, katanya ketika kita merasa sakit punggung atau sakit leher, tidur di lantai akan membantu mengatasinya lho, bahkan skoliosis juga bisa dicegah. Selain itu, ada dua manfaat lain di sisi pikiran dan relaksasi, di mana tidur di lantai memberikan kenyamanan bagi pikiran dan memurnikan jiwa.

Namun di balik manfaat tersebut, saya sebenarnya setuju dengan banyaknya resiko yang diakibatkan oleh seringnya tidur di lantai ini. Sesuatu yang dibolehkan, jika terlalu banyak dilakukan juga akan berakibat gak baik kan?

Tidur di lantai yang lembab dan dingin memang nyaman pada awalnya, apalagi jika suasana sedang panas. Namun bila dilakukan terlalu sering akan membuat tubuh terasa sakit, demam dan masuk angin. Sementara kasur diciptakan untuk memberikan kenyamanan dan kehangatan sepanjang tidur. Dan inilah mengapa tubuh tidak mudah masuk angin atau demam.

Dan tidur tanpa alas pun bisa meningkatkan ancaman terhadap serangga dan kuman, yang bisa kapan saja menggigit dan menyebabkan penyakit tertentu. Makanya itu jika Anda maksa ingin tidur di lantai, lebih baik lantai disapu dan dipel terlebih dulu. Atau kalau tidak diberikan alas yang tipis.

Dan katanya selain itu, sebagian orang juga mengalami mimpi buruk ketika mencoba tidur di lantai. Hmm.. iya sih soalnya saya juga suka ngalamin kaya gitu. Hehe.. bahkan mungkin bisa sampai mimpi basah. Lho?

Makanya Arfa suka bilang kalau Saya atau mamanya tidur di lantai katanya “Jangann.. nanti ada bintik-bintiknya 😀 (maksudnya karena kotor jadi kan bikin merah-merah tuh karena ada kumannya)

Tomat dan Brokoli Ternyata Ampuh Mencegah Kanker Prostat

khasiat tomat dan brokoli

khasiat tomat dan brokoli

Sayuran memiliki nilai gizi yang baik untuk manusia, banyak kandungan vitamin dan serat yang terdapat di dalamnya. Bagi Anda para Ayah yang gemar mengonsumsi sayuran, ada berita baik lho untuk Anda. Apa itu?

Seperti yang saya kutip dari AyahBunda.com, ternyata selain menyehatkan tubuh, sayuran terutama jenis tomat dan brokoli yang dikonsumsi secara bersamaan, terbukti lebih ampuh dalam mencegah kanker khas pria. Yakni kanker prostat, ketimbang bila masing-masing dikonsumsi secara terpisah. Dan khasiat kombinasi brokoli dan tomat ini ditemukan tim peneliti University of Illinois, AS, yang diketuai Prof. John Erdman, pakar nutrisi dan ilmu gizi.

Dalam risetnya menggunakan tikus-tikus jantan yang telah “disisipi” sel-sel kanker prostat, diteliti pengaruh 2 jenis diet. Diet pertama berupa kombinasi 10% bubuk brokoli (mengandung senyawa finasteride) dan 10% bubuk tomat (mengandung senyawa likopen). Sedangkan diet lainnya masing-masing berupa bubuk brokoli serta bubuk tomat saja.

Hasilnya, setelah 22 minggu, tikus-tikus jantan yang mengonsumsi diet kombinasi, perkembangan sel-sel kanker prostatnya berkurang drastis. Menurut Prof. Erdman, kedua jenis bioaktif antikanker yang terdapat pada masing-masing sayuran bekerja sama secara lebih efektif bila dikonsumsi bersama-sama.

Wakil ketua tim, Kirstie Canene-Adams menyatakan, bagi para pria yang ingin memperoleh khasiat dari kombinasi tomat dan brokoli ini, konsumsilah secara rutin 1,4 cangkir brokoli mentah dan 2,5 cangkir tomat segar atau 1 cangkir saus tomat atau ½ cangkir pasta tomat. Hmm, Apakah Anda tertarik untuk mencoba “resep” sehat ini? ^^

Kalau jujur, saya sebenarnya kurang begitu suka dengan tomat dan brokoli yang dimasak. Paling banter, tomat dimakan mentah atau di jus! Tapi sepertinya jika memang terlihat manfaatnya, harus dicoba juga sih! Betul gak? Waspada juga lho bahaya kanker prostat untuk Anda para Ayah… ^^