0

Buat Perjanjian Waktu agar Anak Tidak Kecanduan Internet

Hai sobat papap dimana saja berada. Suka merasa pusing gak, jika anak-anak sudah mulai terpapar dan kecanduan internet dan gawai? Kalau iya, sama dong hehe. Fenomena kecanduan internet pada anak-anak kian marak dalam beberapa waktu terakhir lho, apalagi selama pandemi Covid-19. Akibat kecanduan internet, anak-anak jadi malas belajar dan kesehatan, baik fisik maupun mentalnya, ikut terpengaruh.

So.. gimana dong caranya agar anak-anak tidak terus terusan mengakses internet? Padahal mungkin kebanyakan dari mereka hanya mengakses video di youtube atau bermain game online. Nah, salah satu cara untuk mengatasi anak kecanduan internet ialah dengan memberi mereka batasan waktu. Berlakukan batasan waktu bagi anak-anak dalam mengakses internet.

Dalam hal ini, perlu diingat bahwa orang tua atau wali memegang peranan penting dalam mengatasi kecanduan internet anak-anak. Karenanya, mereka diharapkan bisa dengan jelas memberikan batasan waktu bagi anak-anak untuk mengakses internet.

Jadi, sebelum memberikan gawai atau fasilitas mengakses internet sebaiknya orang tua membuat kontrak dengan anak untuk akses penggunaan internet. Misal, boleh akses berapa lama, jika mengakses berlebih sanksinya apa.

Terus cara berikutnya, memberi pengertian kepada anak soal alasan pembatasan penggunaan gawai dan internet. Berikan penjelasan dampak negatif yang didapat saat kecanduan internet, seperti munculnya masalah kesehatan mata, saraf, bahkan alami depresi.

Langkah lain yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan anak-anak kegiatan alternatif selain internet. Misalnya, dengan memfasilitasi kegiatan sesuai dengan hobi atau kesukaan anak-anak yang sebisa mungkin tidak menggunakan internet.

Sebagai orang tua kita bisa mengalihkan perhatian anak kepada kegiatan lain yang positif atau bermanfaat. Memang sih ini merupakan tantangan terberat bagi orang tua. Apalagi jika kita juga masih sibuk bekerja. Tapi semoga sobat papap semuanya tetap semangat ya dalam membimbing anak-anak, apapun kondisinya. Salam ^^

Credit
Sumber tulisan: https://republika.co.id/berita/qiugb7414/atasi-anak-kecanduan-internet-dengan-buat-perjanjian-waktu
Sumber gambar: https://newsmedia.co.id/cp-pub/uploads/images/post/2018/06/internet.jpg

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *