2

Cara Memanfaatkan Waktu Anak Pada Saat Liburan

Aiih udah tahun 2020 aja ya hehe, gak berasa blog papapz.com udah mau 7 tahun. Sebenarnya udah lelah banget nulis. Aku sering berpikir menulis itu membutuhkan waktu. Harus mikirin idenya, belum merangkai katanya, belum ngeditnya haha padahal dulu cita-citanya pengen jadi penulis. Ketika usia bertambah memang cita-cita sesesorang seringkali berubah.

Orang-orang banyak banget menuliskan rencana atau progres apa yang akan di lakukan di tahun 2020 ini. Tapi aku sebagai Ayah 4 anak, masih sibuk memikirkan bagaimana mengelola waktu anak-anak seefektif mungkin. Rempong banget deh punya anak banyak, apalagi jika hari libur. Misalkan di hari Sabtu dan Ahad. Atau seperti sekarang di liburan anak sekolah.

3 dari 4 anakku sekarang sudah sekolah. Sulung kelas 2 SD Fullday, anak kedua di TK Fullday, Anak ketiga Playgroup Halfday. Ketika Sabtu mereka libur. Sementara Aku dan istriku tidak libur. Jadinya masih suka pusing mengatur waktu anak-anak di saat mereka liburan.

Kenapa yah anak-anakku itu tidak seperti anak-anak yang lain yang suka ngebolang atau explore berbagai hal di luar rumah. Mereka asiknya di dalam rumah apalagi kalau udah main hape android. Pusing sendiri deh hehe

Memang sih pada akhirnya aku introspeksi diri dengan keadaan anak-anakku. Mungkin aku dan istriku terlalu sibuk, kadang gak pas juga sih anak-anak dan istri liburan, tapi akunya enggak. Jadinya gak jelas gitu kan ya hehe.. Yang ada anak-anakku akhirnya ikut ke kantor. Waduh bikin rusuh akhirnya..

Akunya jadi curhat ya haha.. Tapi pada dasarnya membuat waktu anak-anak bermanfaat itu mudah banget asalkan kita sebagai orangtua konsisten dan mengarahkan sebaik mungkin dengan menemani anak-anak bermain dan mengisi waktu luang atau liburnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Enaknya sih kalau anak libur, orang tua juga ikut liburan dong ya! Biar sama-sama happy tapi kalau misal anak-anak hanya bisa bersama ibu di rumah atau pengasuh. Pastikan partner kita memiliki visi dan misi yang sama dalam membuat waktu anak-anak menjadi lebih bermanfaat.

Harusnya sebelum waktu liburan tiba, orangtua dan anak-anak membuat sebuah planning atau rencana kegiatan full selama liburan agar anak-anak juga faham dengan apa yang harus mereka lakukan ketika liburan. Walaupun misal ayah dan ibu mereka tetap bekerja atau berkatifitas rutin, tapi selama liburan anak-anak tidak akan bingung mau ngapain.

Berikut ini beberapa contoh kegiatan yang bisa anak lakukan selama liburan:

  1. Rekreasi. Liburan memang identik dengan rekreasi. Rekreasi bisa kemana saja. Ke gunung, pantai, pedesaan, kolam renang dll. Kalau berencana rekreasi di dalam kota atau dalam jarak dekat maka bisa dijadwalkan akan pergi kemana saja selama waktu liburan berlangsung. Tapi kalau mau rekreasi ke luar kota atau luar negara tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya karena tidak bisa hanya dalam sehari.
  2. Berkunjung ke rumah nenek/om/tante/pakde/bude. Selama liburan kita bisa jadwalkan pula anak-anak untuk mengunjungi rumah kakek nenek atau sodara-sodara dari ayah dan ibu. Biasanya kan rumah kakek nenek itu di pedesaan ya, jadi bisa belajar dengan suasana yang baru.
  3. Camping/berkemah. Anak-anak juga bisa berlatih disiplin dan mandiri dengan mengikuti kegiatan camping/berkemah. Baik itu secara mandiri atau mengikuti program berkemah yang diadakan dengan paket berbayar.
  4. Mengikuti program mondok/pesantren selama liburan. Ada juga pesantren atau sekolah Islam yang menyelenggarakan pesantren selama liburan. Biasanya ada yang sepekan, sepuluh hari atau dua pekan. Nanti disana akan diarahkan dengan berbagai macam kegiatan Islami.
  5. Mengikuti kursus. Ada juga kursus yang diselenggarakan selama liburan sekolah. Misalkan kursus memasak, bahasa arab, bahasa inggris dll.
  6. Full kegiatan di rumah. Pilihan terakhir yang bisa diambil jika tidak ada punya rencana kegiatan khusus atau ke luar kota. Maka Anda bisa merencanakan berbagai macam kegiatan untuk bisa dilakukan di dalam atau di sekitar rumah. Misal membuat prakarya, berkebun, dll yang intinya anak ditemani bermain dan dalam segala aktivitasnya.

Demikianlah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama anak liburan sekolah. Walau waktu liburan sudah berakhir saat ini, mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk saya dan anda.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

2 Comments

Leave a Reply to papapz Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *