KESEHATAN AYAH

Gejala Kanker Prostat yang Perlu Diketahui oleh para Ayah

gejala kanker prostat

Setiap laki-laki, terutama yang sudah menjadi Ayah tentunya harus terus menjaga kesehatan tubuhnya. Karena Ayah memiliki kesibukan, padatnya pekerjaan dan harus terus beraktivitas sehari-hari. Satu dari 10 penyakit yang sering menimpa pria adalah kanker prostat sob!. Ngeri kan? Tapi, mungkin banyak dari kita yang tidak sadar dengan gejala hingga penyakit ini menyebar dan semakin sulit diobati.

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui gejala awal kanker prostat ini. Yuk kita lihat tanda-tandanya berikut ini :

Perubahan urin

Saat kita buang air kecil, kandung kemih mendorong isinya ke dalam prostat yang memiliki lubang tubular untuk membiarkan urin melewatinya dan kemudian masuk ke uretra. Seiring bertambahnya usia, prostat bisa tumbuh. Hal ini dapat dikenal sebagai hiperplasia prostat jinak, atau pembesaran prostat.

Jika mengalaminya cenderung akan menyebabkan perubahan kencing. Tapi tumor yang tumbuh di prostat bisa menyebabkan masalah kencing serupa.

Masalah kencing ini meliputi aliran urin yang terhambat, frekuensi yang meningkat atau sering buang air kecil, dan sensasi pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap,” kata Dr. Wysock dikutip dalam Men’s Health.

Itu mungkin berarti kita akan merasakan dorongan untuk buang air kecil terus menerus.

Terdapat darah dalam air mani dan air kencing

Melihat darah saat Dads kencing atau darah saat ejakulasi merupakan hal yang tidak normal, dan harus diperiksa jika terjadi, menurut Dr. Wysock. Ini mungkin merupakan gejala kanker prostat, atau berasal dari penyebab lain seperti infeksi atau pembengkakan.

Nyeri dan kaku pada pinggang

Jika kanker prostat menyebar di luar kelenjar, ia cenderung mempengaruhi jaringan dan tulang di dekatnya, termasuk punggung bawah dan tulang belakang.

Hal ini dapat menekan pada saraf tulang belakang, menyebabkan rasa sakit atau mati rasa, dan menyebabkan sesak di otot, tergantung di mana letak sel kanker.

Dr. Wysock menekankan bahwa mendiagnosis kanker prostat akibat nyeri punggung bawah sangat jarang terjadi, walaupun mungkin saja terjadi.

Sulit ereksi atau menahan ereksi

Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi.

Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi.Tapi sekali lagi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.

Urin yang menetes atau tidak cukup kuat

Gejala ini mirip inkontinensia urin (ngompol).Urin tidak dapat ditahan hingga perlahan keluar dan menetes.Atau kalau pun keluar aliran tidak cukup kuat.

Usia di atas 50 dan mempunyai faktor risiko

Karena tidak menimbulkan gejala maka pria yang memiliki faktor risiko sebaiknya memeriksakan diri secara rutin. Faktor risiko ini termasuk adanya anggota keluarga yang menderita kanker terutama jika itu sang ayah, obesitas/kegemukan dan merokok merupakan salah satu faktor risiko kanker prostat.

Nah, demikianlah gejala awal dari kanker prostat ini. Semoga dengan mengetahuinya sejak awal, kita bisa mengantisipasinya. Ngeri banget kan kalau seorang ayah terkena sakit prostat ini..

Sumber: http://nakita.grid.id/read/0224325/dads-jangan-abaikan-ini-gejala-kanker-prostat-yang-perlu-diketahui

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Terima Kasih telah berkunjung dan membaca artikel di papapz.com. Apabila Anda ingin mendapatkan pemberitahuan untuk setiap postingan yang baru. Silakan masukkan alamat email anda untuk berlangganan konten blog papapz.com:

Delivered by FeedBurner


banner aplikasi kita fm android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>