Tips Ayah ketika Si Kecil terbangun dan menangis di malam hari

http://assets.nakita.id/media/article_image/cover/original/6836-anak-tiba-tiba-menangis-saat-tidur-malam-kenapa-ya.jpg

Saat ini anak papap 3 (Arfa, Hanaan, Raihanah). Masing-masingnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, di saat tidur pun tingkah lakunya beda-beda. Kalau masih bayi terkadang masih suka rewel, wajar kan ya.. karena pasti suka pengen nyusu, lapar, gerah, digigit semut, atau bahkan ngompol/pup. Nah, tapi kalau udah seusia Hanaan yang usianya sudah menjelang 3 tahun tapi masih suka rewel dan seringkali terbangun di malam hari sambil nangis. Koq aneh ya? Apa sih penyebabnya? Papap mau share ni..

Sebab dan solusi ketika Si Kecil suka terbangun dan menangis di malam hari

Banyak faktor yang menyebabkan si kecil suka  terbangun dan menangis di malam hari, sebab-sebabnya sih hampir sama saja. Bisa jadi karena mimpi buruk, karena sakit panas, digigit nyamuk, gatal-gatal, atau ingin minum dan lain-lain. Memang sih kalau sudah tahu apa penyebabnya si kecil tiba-tiba bangun dan nangis dan si kecil langsung bisa menyampaikan ke kita apa masalahnya, kita pun pasti segera mencari solusinya. Tapi jika si kecil hanya bisa menangis kencang dan susah untuk berhentinya, itu yang repot! hehe. Pengalaman nih.. sepertinya waktu Arfa jarang banget dia nangis secara tiba-tiba, paling kalau ngompol dan udah gak nyaman.. kalau nyaman ya pules aja tidurnya. Nah kalau Hanaan, dia suka banget tiba-tiba bangun dan nangis kenceng. Papap share ya terkait Hanaan dan Arfa juga.

1. Karena kehausan

Kalau nyadar haus, dia biasanya langsung bilang haus dan minta minum. Tapi kalau udah nangis dulu lama terus ujung-ujungnya minta minum.. nah ini mah namanya bangunin papap buat tahajud hehe. Walau seringnya kalau masih tengah malam, papap tepar ikutan tidur lagi :D Solusinya segera berikan minum, jika males ke dapur mending sebelum tidur siapin minum dulu satu gelas/botol. Jadi kalau malam-malam minta minum gak usah bangun lagi tinggal ambil aja di dekat tempat tidur. Tapi awas ya seringkali kena tendang dan airnya tumpah hehe. Mungkin lebih baik jangan di gelas kali ya tapi di botol aja atau kalau mau di gelas ya simpannya jangan di bawah tapi di atas lemari atau tempat lain yang lebih tinggi gitu deh ^^

2. Karena gatal

Bisa  saja ketika tidur si kecil gak nyaman terus dia ngerasa gatal karena digigit semut atau serangga. Pernah Hanaan waktu tidur digigit semut sampai bibirnya bengkak, pernah juga Arfa tiba-tiba bentolan banyak banget di sekujur tubuhnya (biduran) atau mungkin bisa jadi si kecil kena alergi makanan, binatang atau faktor lainnya. Solusinya jika memang si kecil sudah merasakan gatal, kita bisa membuka dan mengganti baju dan kaos dalam si kecil dengan yang baru, dikasi lotion anti gatal yang adem, bedak atau minyak kayu putih, lalu digosok-gosok dan dikipasi yang gatelnya sampe si kecil nyaman kembali. Jangan lupa juga sering-sering mengganti sarung bantal dan spreinya ya sebelum si kecil beranjak ke tempat tidurnya.

3. Karena gerah

Saat musim kemarau seperti sekarang ini (tapi masih suka hujan juga sih ^^) biasanya hawa di kamar tidur suka bikin gerah. Walhasil dari mulai kecil, terutama Arfa kalau mau tidur harus kipasan dulu. Sampai seringkali kejadian udah berkali-kali beli kipas angin tuh karena tiap malam non stop muter terus sampai dinamonya rusak wkwk. Terakhir beli kipas baru eh baru beberapa bulan dah rusak lagi :D Emang sih kalau ada duitnya sih beli AC hehe.. tapi karena TDL (tarif dasar listrik) nya naik lagi, siap-siap aja deh nanti beli token listriknya dobel ^^ Jadi solusinya ciptakan kondisi ruangan yang adem, gak perlu buka jendela sih..fentilasi ruangan aja harus cukup, kalau perlu kipas angin ya dinyalain tapi sebenarnya kalau sering-sering pakai kipas angin biasanya bikin masuk angin ya apalagi kalau tidurnya sambil gak pakai baju hehe.. Ya pokoknya gimana caranyalah jangan sampai si kecil kepanasan terus dia akhirnya tidurnya gak pulas.

4. Karena lapar

Jarang banget sih anak-anak papap tiba-tiba bangun karena lapar. Kecuali dia tidurnya nanggung dari sore, pasti deh bangun lagi karena biasanya kalau tidur terus perutnya belum kenyang, nanti tidurnya gak pulas karena perutnya keroncongan dan bikin gak nyaman. Nah kalau bisa sore-sore si kecil makan dulu, terus jika ada camilan-camilan ya si kecil makan dulu sampai perutnya kenyang. Kalau si kecil perutnya kenyang insya Allah si kecil pulas deh :)

5. Karena mimpi buruk

Si kecil bisa saja mengalami mimpi buruk dalam tidurnya. Walau entah terkadang gak tahu juga si kecil mimpi apaan..apa mimpi dikejar badut? Hehe.. Tapi kalau tiba-tiba bangun terus keringetan, terus ekspresinya ketakutan, bahkan bisa sampai ngompol, menjerit-jerit dan menangis kencang. Nah kalau seperti itu, kita bisa mendekapnya, menggendong, menemani si kecil tidur lagi, memberinya air putih, membelai rambutnya, terus jangan lupa membacakan do’a dan dzikir untuk menjaga si kecil dari gangguan setan dan jin. Kesannya horor gitu ya.. tapi tenang kita punya Allah jadi jangan takut OK! masa pas anaknya takut, Ayahnya ikutan merinding juga? wkwk

6. Karena kelelahan

Terlalu lelah juga bisa menyebabkan si kecil tiba-tiba bangun dan menangis. Mungkin dia banyak beraktifitas di siang harinya, bayi yang baru belajar berjalan, atau si kecil habis jalan-jalan dan banyak beraktifitas yang menguras tenaganya. Ini bisa menyebabkan si kecil gak pulas juga lho! Solusinya, mungkin sebelum tidur si kecil bisa dipijit dulu dengan lotion atau baby oil.. Arfa dan Hanaan rutin banget bahkan seakan jadi ritual sebelum tidur minta dipijit/diurut pakai lotion :D padahal kalau mau dipikir..papap harusnya yang perlu dipijit wkwk.. Tapi bener anak-anak juga bisa merasa lelah dan pegal-pegal ^^

Nah, itulah guys beberapa faktor yang bisa menyebabkan si kecil tiba-tiba bangun dan menangis di malam hari. Semuanya berdasarkan pengalaman papap saja, sebenarnya dari apa yang papap baca masih banyak sebab yang lainnya. Tapi intinya kondisikan si kecil untuk nyaman dalam tidurnya. Setiap hal apa saja dan apa pun itu harus kita minimalisirkan pada si kecil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Nuri

    thanks for sharing btw

    • papapz

      sama-sama salam kenal ya :)

  2. Ngelmu

    Suamiku mesti baca :)))

    • papapz

      sipp.. suami istri harus kompak dong ^^

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *