Tips menjadi Ayah yang sehat dan kuat

dollarphotoclub_80279989-1030x687Menjadi seorang Ayah adalah sebuah anugerah. Banyak teman-teman papap yang walau sudah nikah lama tapi belum juga jadi Ayah karena hingga saat ini belum juga dikaruniai anak. Sementara papap sendiri sudah dikaruniai  3 anak. Prestasi yang cukup awesome menurut papap. Hehe.

Kalau dihitung-hitung dari 6 tahun usia pernikahan papap dan mamam, dengan pencapaian 3 anak berarti rentang waktu dari anak pertama, kedua dan ketiga yaitu hanya 2 tahun saja. Masih mending juga sih dibanding yang satu tahun 1 anak Hehe.

Dengan kondisi papap dan mamam bekerja, terus papap dan mamam menjalani kehidupan rumah tangga secara mandiri, dalam artian tanpa ada bantuan secara langsung dari ortu dan mertua, menjadikan papap dan mamam harus survive dalam segala hal. Terutama dalam mengasuh ke-3 anak papap. Arfa (5th+), Hanaan (2th, 10bln) dan Raihanah (11 bln). Pokoknya sesuatu banget deh.. ^^

Nah, apalagi semua pekerjaan rumah tangga juga dihandel sendiri lho, kalaupun ada Asisten Rumah Tangga itu juga hanya membantu mengasuh anak (baby sitter) dan paling banter nyetrika baju saja. Untuk urusan masak, beres-beres, nyuci baju, dll semuanya papap dan mamam yang handle. Jadi ya gitu deh.. papap harus selalu sehat dan kuat ^^

Nah, guys gimana sih supaya jadi Ayah yang selalu sehat dan kuat itu? Soalnya..kalau papap nanti sakit repot banget kan? Makanya papap selalu berdo’a supaya papap tetep sehat dan kuat. Kalau papap lagi gak enak badan soalnya bawaannya males gitu..apalagi anak-anak suka rewel. Duh stress deh.. Sebenarnya, papap juga merasa kurang sehat sih tapi gimana lagi harus selalu strong demi anak-anak :)

Yuk cek tips agar Ayah tetap sehat dan kuat!

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Papap jujur akhir-akhir ini seringkali telat makan, males makan, dan makannya gak jelas gitu deh. Tapi papap saranin, kalau seorang Ayah itu asupan makanannya harus bener lho!, karena dia harus bekerja seharian, terus di rumah juga harus bantuin istri dan  ngurus anak-anak kan? Ekstra lho jadi suami dan ayah itu :)
  2. Sering berolahraga. Jujur juga sebenarnya papap jarang olahraga dan dari motivasi dirinya papap juga kurang karena dari dulu apalagi pas sekolah papap gak suka banget yang namanya pelajaran olahraga. Apalagi renang? wkwk papap gak bisa renang soalnya. Nah, tapi olahraga sebenarnya penting lho karena bisa membantu untuk sehat juga. Kalau bener-bener sibuk banget dan gak bisa nyempetin untuk olahraga secara khusus, mungkin bisa disiasati dengan olahraga yang ringan saja. Misal jalan kaki ke masjid atau lari-lari kecil keliling komplek, atau sepedaan sama anak dll.
  3. Jaga pola tidur dan jangan begadang. Seorang Ayah itu harus tidur yang cukup, dan jangan biasakan begadang. Karena nanti akan bikin ngantuk di siang hari dan membuat badan jadi lemes. Tapi papap suka begadang hehe.
  4. Jangan Stress! Ok, ini emang ngaruh banget deh ke kehidupan papap. Dulu ketika papap ngerasa happy banget sekarang sedikit berubah sikon menjadi sedikit stress.. owh sesuatu yang wajar sih tapi jangan sampe deh jadi unhappy.

Sebenarnya papap pengen ngasih tips yang banyak. Tapi papap takut mengada-ngada karena ngasih tips yang gak papap lakuin hehehe. So, menjaga agar tetap sehat dan kuat itu penting banget guys.. apalagi jika sudah menjadi seorang Ayah. ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *