Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memiliki rumah idaman

Menikah dan berumah tangga adalah salah satu fase dalam kehidupan kita. Setelah menikah dan memulai menjalani kehidupan rumah tangga tentunya banyak sekali keinginan dan harapan yang ingin di wujudkan oleh setiap pasangan suami istri. Salah satu keinginan dan juga menjadi sebuah kebutuhan primer yang seringkali didambakan untuk bisa segera terwujud oleh setiap pasangan suami istri adalah memiliki rumah idaman.

Ya, rumah memang menjadi salah satu kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh semua keluarga. Alhamdulillah ya, jika saat ini Anda sudah memiliki rumah tinggal yang sudah Anda miliki sendiri. Bahkan papap juga sangat salut jika ada seorang pria single yang dia sudah memiliki rumah dulu sebelum menikah. Duh, pasti deh para cewek pada ngantri ingin menjadi istrinya hehe.

Memang kriteria pria mapan salah satunya adalah telah memiliki tempat tinggal sendiri, entah itu dalam bentuk rumah atau mungkin apartement. Dulu papap menikah belum punya apa-apa, bahkan mungkin minim modal. Nyesel juga sih dulu tidak persiapan dulu..Jadi setelah menikah agak shock juga mengingat begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Nah, bagi Anda yang saat ini sudah menikah tapi belum memiliki rumah sendiri, tentunya jangan sedih ya. Mungkin Anda bisa mengontrak rumah dulu, atau sementara tinggal bersama orang tua atau mertua. Tapi memang sih lebih nyaman kalau kita ngontrak rumah sendiri, misah gitu dengan ortu dan mertua, biar kita lebih mandiri dan rumah tangga kita tidak terwarnai dengan berbagai macam permasalahan yang ada pada keluarga orang tua atau mertua.

yayan

pondasi rumah papap dulu ^^

Tapi tentunya kita gak selamanya pengen jadi kontraktor terus kan guys.. satu saat pasti deh kita ingin memiliki rumah sendiri, hidup bahagia dan harmonis dengan pasangan dan anak-anak kita. Tapi mengingat kalau mau membangun rumah atau membeli rumah itu biaya dan harganya cukup mahal, jadi gimana dong caranya yaa? Nah..yuk perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum kita ingin membeli atau membangun rumah sendiri :)

  1. Pertama, tentukan dulu keinginan kita guys.. mau membeli rumah yang udah langsung jadi atau membangun sendiri. Nah kalau mau membeli rumah yang udah langsung jadi memang kita harus cukup budget yaa.. karena harga rumah terutama di perkotaan harganya cukup mahal, untuk tipe yang paling sederhana saja bisa di atas 100 juta lebih. Tapi kalau misal kita mau membangun rumah sendiri, tentunya kita bisa menyicil dulu ya untuk membeli tanahnya terlebih dulu baru deh setelah budgetnya cukup kita baru membeli matrial, menguhubungi tukang/kontraktor, membuat desain dan memulai membangun rumah idaman Anda. Memang kalau membangun rumah sendiri itu cukup repot tapi enaknya kita bisa desain sendiri bentuk rumahnya sesuai dengan keinginan kita dan kita bisa juga mengontrol pengeluaran biayanya. Jadi kita bisa lakukan penghematan juga. Tapi harga tanah sekarang ini juga sudah cukup mahal lho..mungkin kalau mau sedikit lebih murah bisa disurvey di daerah yang agak jauh dari pusat kota.
  2. Nah, kalau misal budgetnya minim disarankan gak buat ambil KPR?” Hmmm.. sebenarnya papap engga begitu setuju dengan KPR karena skema kreditnya itu jarang yang benar-benar syar’i alias masih bersentuhan dengan praktik riba yang dilarang dalam Islam. Jadi jika budget minim, lebih baik nabung dulu deh..atau kalau cukupnya buat beli tanah dulu ya beli tanah dulu aja. Santai guys.. insya Allah jika kita kita mencukupkan diri dengan yang ada hidup kita akan tenang. Atau misal ada rumah yang dijual murah kita bisa cari-cari tuh baik dari informasi yang beredar di internet atau orang-orang terdekat yang kita kenal. Asal tentunya kita benar-benar cocok dengan selera dan hati kita ya soalnya jangan sampe nyesel lho karena rumah itu yang akan kita tempati sehari-hari, jadi harus nyaman untuk dihuni.
  3. Pap, kalau mau ngandelin nabung terus lama dong!” Hehe.. Iya juga sih tapi Insya Allah kita akan menjalani hidup dengan tenang jika kita tidak terlilit hutang dan riba. Buat apa kalau kita memiliki rumah yang bagus tapi kita terus dibayang-bayangi hutang apalagi yang sudah dibumbui oleh riba, hidup kita nanti gak akan tenang dan berkah coy.. sedikit cerita yaa, ada tetangga papap yang punya hutang riba akhirnya rumah yang besar nya itu dijual dengan harga Rp. 700 juta untuk membayar lunas hutangnya dan akhirnya pindah untuk tinggal di rumah yang lebih sederhana. Nah, jadi kebukti hutang dan riba itu tidak bikin kita eksis kan? So.. solusinya gimana pap? Ya.. kalau pun bisa ngutang cari pinjaman yang lunak dan tanpa bunga. What? jaman sekarang emang ada ya pap? Hehe..ya ada aja kali orang yang berbaik hati meminjamkan uang tanpa bunga atau kita bisa kredit syar’i dengan orang tersebut jadi memang kita membeli dengan cara kredit gitu.. misal rumah 100 juta dicicil 100 bulan dengan cicilan 1 juta per bulan.
  4. Kalau yang punya uang banyak beli cash gak ada problem kali yaa.. nah, bagi yang mau bangun rumah sendiri juga harus perhitungan juga tuh. Kita harus benar-benar menghitung budget kita sampai rumah jadi dan bisa kita tempati. Karena kalau budget kita minim lalu kita pengen rumah langsung jadi ya tentunya repot dong hehe.. karena nanti akan pusing di tengah jalan. Nah, jika kita maksain bisa aja sih tapi tentunya kita harus nerima jika nanti rumah kita jadinya sesuai budget misal bata merah dulu, atau finishingnya nanti kalau ada dana lagi yang penting bisa ditempati dulu. Nah ini juga bisa bikin adem guys.. daripada stress kan? Hehe..
  5. Nah, kalau sudah cukup punya gambaran tapi masih mentok juga. Jangan lupa tips terakhir yaitu berdo’a sama Yang Maha Kuasa..agar Allah mempermudah kita untuk mendapatkan rumah idaman kita aamiin.

Mungkin segitu aja deh share dari papap. Semoga bermanfaat ya.. ini share menurut pengalaman pribadi aja lho.. karena kebetulan papap juga bangun rumahnya nyicil, sabar ngontrak dulu, terus beli tanah, terus bangun setengah, terus bikin dapur, terus yang samping dibangun lagi terus gitu menyesuaikan dengan budget aja hehe. Selamat mencoba ya :) dan selamat berjuang untuk rumah impian Anda. ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *