4 Tahun Papapz.Com

Hai, tak terasa ya waktu berlalu. Blog papapz.com sekarang usianya sudah 4 tahun, launching pertama kali di tanggal 18 Februari 2013 setahun sesudah anak pertama lahir. Kini setelah 4 tahun berlalu, bukan jumlah tulisan yang makin bertambah tapi jumlah anak yang bertambah hehe.

Mindset seorang Ayah yang sibuk memang menjadikan alasan tersendiri untuk berhenti menulis dan mengembangkan blog. Padahal.. jika kita hanya diam dan stagnan, kita tidak akan pernah berubah dan bergerak statis. Mungkin semangat menulis di tahun 2017 ini harus kembali digelorakan. Agar eksistensi papapz.com masih tetap bisa dipertahankan.

Sebenarnya jika mau konsen menulis tentang seputar Ayah, materi ini tidak akan ada habisnya. Memang sih, tidak banyak Ayah yang mau capek-capek menulis tentang gimana tumbuh kembang anaknya, atau segala hal kecil tentang anak-anak dan keluarganya. Tapi, jika ada seorang ayah yang super detail dan cerewet dalam masalah urusan anak-anaknya maka saya akan acungkan jempol. Bagaimana tidak, paradigma pengurusan anak yang notabene di negara kita senantiasa diserahkan sepenuhnya kepada seorang Ibu akan mulai bergeser jika para ayah juga turut andil membantu para ibu dalam mengurus dan mendidik anak-anaknya.

Mau tidak mau, dalam pengurusan anak peran ayah tidak kalah pentingnya dibandingkan seorang ibu. Apalagi di jaman sekarang, dimana para ibu juga semakin aktif berkarir, mengembangkan bisnis dan hal-hal lainnya belum lagi banyak para ayah yang mandiri dan tidak terpaku dengan pekerjaan rutinitas di kantor sehingga waktunya bisa lebih fleksibel lagi. Hal ini membuat para ayah memiliki kesempatan yang sama dalam turut serta membantu mengurus dan konsen dalam hal memperhatikan tumbuh kembang anak-anaknya.

Saya memang tidak menyarankan para ayah menjadi sibuk menggantikan peran ibu, tapi adakalanya ayah mau tidak mau harus bisa menjadi ayah yang super bisa bagi anak-anaknya. Apakah para ayah males dan tidak sabar ketika menyuapi si kecil? atau para Ayah merasa jijik jika harus mengganti popok dan membasuh pantat si kecil yang terkena pupnya? Nah, ini sebuah pekerjaan yang simpel namun perlu antusiasme tinggi dari para ayah. Kalau mau survey sepertinya saya akan mendapati bahwa para ayah masih enggan jika harus sesekali mengganti peran ibu dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Mungkin ke depan saya akan mengganti format tulisan dengan cerita-cerita real pengalaman saya dalam blog ini. Karena jujur saja ilmu parenting saya juga masih cetek, daripada saya cuma copy paste doang gak etis rasanya ya hehe. Saya hanya ingin blog papapz.com tetap eksis setidaknya ada banyak rangkuman cerita di masa-masa anak-anak masih kecil dan membuat saya ruwet xixi. Karena ketika masa kecil anak-anak berlalu, mungkin cerita saya akan berganti dengan cerita lainnya karena kalau anak-anak sudah gede, saya akan kehabisan ide cerita lagi hehe.

Makasih ya bagi teman-teman yang masih berkunjung dan atau mungkin nyasar di blog saya ini ^^

Salam

ian papap arfa

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *