Tips Merapikan Rumah Yang Berantakan

Hai, friends.. rumah yang berantakan memang bikin kita gak betah ya. Kan ada istilah yang mengatakan “rumahku surgaku”, nah kalau rumah berantakan berasa di surga nggak? wkwk atau malah sebaliknya? berasa di neraka hehe na’udzubillah ya.

Sebenarnya papap ini tipe orang yang suka bersih-bersih, beres-beres dan rapi-rapi. Pantes mamam cinta banget sama papap ^^ walau ada pengasuh yang suka bantu-bantu terutama pas mamam berangkat ngajar. Tapi untuk urusan bersih-bersih dan rapi-rapi si mbaknya gak kepegang karena harus jagain Raihanah (6 bulan) dan Hanaan (2.5 th). Paling cuma bisa nyuci di mesin cuci dan nyetrika aja di akhir pekan.

Nah, kebayang kan gimana rasanya kalau papap gak berubah jadi petugas cleaning service? apalagi 2 anak papap, Arfa dan Hanaan sedang aktif-aktifnya. Gak mungkin juga membatasi mereka untuk bermain. Kalau udah mainan, dua box mainan berceceran dimana-mana. Di kolong kasur, di kolong kursi, di dapur. Argggh.. tidak!! papap pasti stress :D

Untung papap gak kena OCD (Obsessive Compulsive Disorder), wah kalau kena OCD papap pasti stress banget deh. Tiap sedikit yang gak beres, gak bersih dan gak rapi pasti akan dilap, dicuci, dirapikan, dibuang wkwkw.

Lho, koq malah papap yang rempong ya? bukannya ini tugas dan bagiannya ibu-ibu? O yah..bener bangetss..papap emang ayah yang rempong. Sudah itikad baik papap untuk membantu mamam dalam hal beresin rumah, karena ada bayi yang masih kecil yang mamam harus fokus nenenin, ngelonin dll. Ditambah mamam juga harus ngajar setengah hari.. Jadi mencoba bersinergi aja. Ciee..

OK, Papap mau share sedikit tentang gimana sih caranya membersihkan dan merapikan rumah yang kadung berantakan, cek yaa..

1. Pertama-tama, siapkan dulu tubuh kita. Beri semangat membara untuk bisa menjadikan rumah bersih, rapi, dan wangi :D. Karena suka tergantung mood juga sih hehe.. karena membereskan rumah itu perlu seni. Bukan hanya sekedar rutinitas..

2. Mungkin perlu mandi dulu, makan dulu, minum vitamin dulu biar kuat hehe. Awas jangan malah jadi ngantuk terus ketiduran yaa.. kalau ibu-ibu kerjaanya tidur mulu nanti gimana kalau suami pulang rumah masih berantakan? papap sentil lho hehe.

3. Lakukan observasi terlebih dulu. Dan mulai urut bagian rumah yang mana dulu yang harus dibereskan. Misal apakah ruang tamu dulu, kamar tidur dulu, ruang tengah, atau dapur? Yang penting bagian dalam dulu ya..kalau bagian luar, misal teras, atau halaman depan/belakang itu nyusul :D

4. Setelah terdaftar di otak untuk list prioritas bagian rumah mana dulu yang mau dibereskan. Setelah itu mari bapak-bapak dan ibu-ibu.. mulai memunguti dulu sampah yang memang harus dibuang. Misal bekas jajan dan makan anak-anak, atau diapers bekas ompol/pup. Ambil plastik sampah lalu diambil semua sampah yang memang harus dibuang ke tempat sampah.

5. Setelah semua sampah bersih. Mulai ambil baju-baju kotor, celana/baju yang kena ompol, baju-baju yang bergelantungan di kapstok, di belakang pintu, di pojok-pojok rumah wkwk..lalu mulai pisahkan mana yang harus direndam di ember, misal ompol bayi, dan baju dewasa dimasukkan ke dalam mesin cuci. Jangan lupa juga dibereskan mainan si kecil dan letakan kembali di tempatnya.

6. Setelah semuanya clear. Baru deh ambil sapu dan bersihkan semua lantai jangan sampai ada yang tersisa. Bekas nasi, remah roti dan kue, debu, pasir, tanah (bisa jadi dibawa sama sandal, sepatu atau mainan si kecil ketika masuk-masuk rumah)

7. Setelah disapu, periksa kembali barang apa yang masih terluput dan belum dibereskan. Taplak meja, sprei yang kusut, atau mengganti sprei kasur yang sudah kotor, kena ompol atau terkena makanan si kecil. Pokoknya pastikan semua kembali ke tempatnya semula ya..

8. Setelah clear, rapi semua. Baru deh di pel dengan pewangi..pastikan tidak ada debu lagi yang menempel di lantai atau kotoran-kotoran lainnya.

9. Setelah dipel, semprotkan pengharum ruangan.

Aaahh..segar. Gimana mudah kan? Ini baru tahapan beres-beres yang simpel lho..belum ngelap-ngelap kaca, perabotan, di dapur dan lain-lain wkwk. Kalau dipikir-pikir papap hebat juga ya..jarang-jarang lho cowok yang jenius dalam hal beresin rumah :D

OK, selamat mencoba ya ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Ahmad

    terimaksih telah sharing tipsnya Mas

    • papapz

      sama-sama :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *