Tips Ayah Menemani Anak Menjelang Waktu Tidur

Kebanyakan anak biasa ditemani ibunya ketika akan menjelang tidur. Ada yang ingin dipeluk dulu, dibacain cerita dan juga kegiatan lainnya. Dua anak cowoknya papap beda, Arfa (4th 10 bl) dan Hanaan (2.5th) kalau mau tidur pasti ditemani papap. Yah soalnya mamam sekarang lebih banyak fokus ke Raihanah (6bl) yang kalau mau bobo harus dikelonin dan dinenenin dulu.

Tapi memang sih karena anak-anak begitu deketnya sama papap. Jadi mereka lebih banyak meminta apa-apa ke papap. Sebenarnya ada enak dan gak enaknya juga, enaknya anak-anak itu deket banget sama papap tapi gak enaknya kalau lagi ngerjain sesatu sementara anak-anak belum tidur,  maka pasti nanti akan terjadi ‘kekacauan besar’ xixi. Jadi papap kadang gak bisa mulai nulis atau ngerjain tugas kantor kalau malam-malam. Ritme waktu tidurnya anak-anak itu mulai pukul 21.30 ke atas. Jarang banget jam 8 malam udah pada tepar.. Kecuali mereka gak tidur siang. Alhasil akhirnya papap pun jadi ikutan tidur deh sama anak-anak, hehe.

Ada beberapa tips yang ingin papap share untuk para Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum anak-anak tidur. Anak papap baru 3, gak kebayang deh kalau nambah lagi hehe.

1. Pastikan anak-anak dalam kondisi perut yang sudah terisi makanan. Itu artinya, jadwal makan anak-anak memang sudah terlewati. Terkadang anak-anak ketika dalam kondisi kelelahan, suka banget tidur sebelum makan sore/malam. Tapi ujung-ujungnya sih seringkali mereka bangun lagi karena dengan kondisi perut lapar maka akan mempengaruhi kualitas tidur mereka. Jadinya gak pules deh. Biasanya Arfa dan Hanaan makan sore/malam sehabis maghrib atau isya. Tergantung anak-anaknya dan tergantung kesiapan yang nyuapinnya hehe. Anak-anak masih pengen disuapin, makannya juga sambil main atau nonton (jangan ditiru ya :p) Sebenarnya sih dalam satu kondisi anak-anak bisa makan sendiri. Tapi kadang papap pengennya cepat dan biar gak berantakan aja. Malas sih bersih-bersihnya lagi wkwk.

2. Jika ada tugas sekolah, lebih baik diselesaikan dulu. Membantu anak-anak belajar bisa memberikan kedekatan (bonding) juga dengan mereka. Kalau Arfa sih paling sebentar belajar ngaji IQRO sama belajar membaca. Tapi itu juga belum terlalu intens. Terkadang terlewat juga tergantung situasi :D

3. Biasanya anak-anak aktif bermain, pegang ini itu. Jadi biasakan untuk mencuci tangan, kaki, mulut dan jangan lupa juga untuk sikat gigi. Hmm..sikat gigi itu memang kegiatan yang kalau gak dipaksakan, akan malas banget deh dilakukan. Gak hanya anak-anak, papap juga kadang lupa xixi (jorok ya :p) iya.. memang harusnya dirutinkan gosok gigi dulu sebelum tidur. Dan tentunya habis itu jangan makan makanan lagi lah.. paling boleh minum air putih aja.

4. Untuk anak-anak yang masih ngompol, mungkin bisa dirutinkan untuk pipis dulu sebelum tidur. Jadi sekalian gosok gigi, dipipisin dulu mau sedikit apalagi banyak anak-anak harus pipis dulu. Kalau masih khawatir ngompol mungkin bisa pake diapers. Tapi alhamdulillah, Arfa dan Hanaan sekarang udah jarang banget ngompol di kasur. Kebayang kan kalau sering ngompol? Apalagi sekarang masih sering turun hujan hehe.

5. Siapkan tempat tidurnya. Pastikan sprei dan sarung bantalnya bersih. Kalau sudah bau ompol, iler atau bau apek lebih baik diganti. Nanti anak-anak gak betah dan khawatir terkena penyakit atau gatal-gatal.

6. Setelah semuanya terkondisikan, anak-anaknya dan juga tempat tidurnya. Baru deh anak-anak bisa mulai tiduran di tempat tidurnya. Arfa dan Hanaan masih tidur bareng, soalnya biar gak repot ngeloninnya hehe.

7. Kalau anak-anak gak terbiasa dibacain cerita dari buku. Setelah semua kegiatan anak selesai, lampu kamar tidur bisa dimatikan, atau diset redup. Biasanya kalau terang itu agak bikin susah untuk cepet merem. Tapi kalau anak minta dibacain cerita dari buku, mungkin bisa cerita dulu baru lampu kamarnya dimatikan/diredupkan.

8. Anak-anak papap, suka banget diurut, dipijit-pijit punggungnya sebelum tidur pakai lotion. Kaya orang dewasa aja ya, mungkin pegel kali yah setelah seharian sekolah dan banyak melakukan aktivitas. Dan itu jadi ritual sebelum tidur :D

9. Jangan lupa baca do’a sebelum tidur atau bareng-bareng baca surat-surat pendek. Biar mereka terjaga dari mimpi buruk dan yang lainnya.

10. Setelah itu beri ajakan mereka untuk segera memejamkan mata. Kalau sudah waktunya mereka tidur, insya Allah mereka akan langsung pulas.

Aaah..alhamdulillah. zzzzz.. ternyata papapnya juga ikutan pulas wkwk. semoga bermanfaat ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Ilham

    kalau anak saya lebih dkt ke ibunya … :)

    • papapz

      anak-anak identik dekat dengan ibunya, tapi anak jg bs lebih dekat juga dengan ayahnya :)

  2. lahiya

    Mudah-mudahan suami saya nanti mau ngelonin anaknya, dan anaknya mau dikelonin sama papanya, aamiin :D

    Salam,
    Oca

    • papapz

      aamiin.. :)

  3. Ahmad

    wah … saya jarang menemani anak pas mau tidur

    • papapz

      yuk mulai ditemenin :)

  4. Awan

    Waaah tip yang keren, nanti kalo saya sudah punya anak coba saya praktekan deh *bookmark dulu :)

    • papapz

      sip.. tapi jangan coba-coba bikin anak kalau blm nikah ya :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *