Menikah Tanpa Rencana

Judulnya agak ‘aneh’ ya, menikah tapi tanpa direncanakan? hehe. Rencana atau planning kan sangat perlu ya untuk menunjang keberhasilan semua jenis pekerjaan dan kegiatan yang kita lakukan. Di kantor aja, rutin setiap pekan sekali papap setor planning pekerjaan untuk satu pekan. Nah ini.. emang ada nikah yang masa berlakunya seumur hidup tapi tanpa pernah direncanakan dan dipersiapkan?

Sebenarnya, jika kita mau ideal. Menikah itu bukanlah sebuah proses yang main-main apalagi coba-coba. Harus ada planning dan persiapan yang matang. Terutama bagi seorang laki-laki yang mau menikah (soalnya papap kan laki-laki :D).

Memang, jika mau dipikir simple. Menikah dalam Islam itu simple banget lho, dan syaratnya juga mudah (udah kaya mau kredit motor aja wkwk). Tapi.. yang kita fokus adalah bukan semata-mata ketika akad nikah dan prosesi nikah dari ijab qobul sampai duduk-duduk di pelaminan friends. Tapi yang mau kita sorot adalah gimana nanti setelah menikahnya itu..

tips berumah tangga

Inilah memang yang terkadang seringkali luput dipahami dan dibayangkan oleh pasangan muda-mudi saat ini..terutama yang masing single dan para jomblo tapi di status medsos nya tentang nikah muluuu.. dah ketahuan ngebetnya ya ^^

Cerita dikit yaa.. papap di usia ABG itu orangnya nerd banget..dan tidak pernah untuk mencoba dekat dengan wanita. cielah..walaupun dulu sama temen-temen suka godain cewek tapi gak pernah sampai yang namanya pacaran-pacaran gitu. maklum gak punya modalnya xixi..

Nah setelah papap mengenal gemerlapnya Jakarta, papap jadi semakin terbuka dengan semua hal. Dulu papap gaptek juga sih.. ngenal komputer, laptop dan internet juga pas dulu kerja di Jakarta.

Singkat cerita, tahun 2006an gitu ya papap akhirnya mulai kenal friendster, blog-blog gak jelas gitu, dan waktu itu email masih laku ya buat sharing-sharing cerita terutama sama mamam waktu dia masih galau wkwk.

Papap ni aslinya emang puitis banget..sudah berapa wanita yang terperdaya dan terperosok dengan kata-kata papap. Memang kata-kata bisa menipu, tapi mereka juga pasti penasaran juga dong dengan sosok papap waktu itu. Jujur waktu itu papap masih culun banget dan entahlah kayanya belum bisa eksis kaya sekarang hehe. Jadi papap menutupi jati diri, selain belum ngtrend juga medsos yang bejibun kaya sekarang. Papap belum punya kamera buat poto-poto selfie xixi.

pp2

Beberapa wanita yang tertipu mulai berguguran dan memang papap gak mau menjebak mereka di dunia maya haha. Tapi satu yang masih setia hingga saat ini, yes..mamam, ibunya 3 anak papap. Mamam, dulu fans setia papap, tapi entah ketika sudah tahu ‘belang’ nya papap, dia jadi mulai gak respek dan cuek bebek jika papap sudah mulai menggombal. Aiih.. ternyata kata-kataku sudah tidak memiliki unsur ‘magis’ lagi ya wkwkw.

skip cerita..banyak kegalauan dari tahun 2008-2010, sampai akhirnya papap menikahi mamam di akhir 2010. Konsep menikahnya memang tidak berkonsep (lho?) iya, karena sifatnya dadakan, bercampur baur dengan beberapa tragedi berdarah (lebay juga nie), kurang persiapan finansial, papap yang waktu itu belum selesai kuliah, gaji juga masih kecil, sementara mamam sudah sarjana (sekarang udah master :D),  sudah PNS pulak. Waduuh..diriku kalah jauh waktu itu. Tapi cinta mengalahkan segalanya.. cinta membutakan apapun itu saudara-saudara.. akhirnya mamam ‘SAH’ jadi istrinya papap di awal desember 2010 itu..

jodoh dalam islam
Memang sih berbagai macam rencana dan bayangan indah selalu mengiringi obrolan kita waktu itu. Tapi hidup memang tidak semudah apa yang dikatakan mario teguh (karena mario teguh juga ternyata tersandung kasus sama anaknya :D) akhirnya terseok-seok, jatuh bangun, cek cok ini itu, masih ngungkit mantan-mantan papap, kurang ini itu, yah wajar yaa rumah tangga di awal-awal memang masih rawan. Ibarat kata bayi baru belajar jalan, terseok-seok, terjatuh terus bangun lagi. Ada masalah-masalah, sama ortu, mertua, ipar, dll. Komplit banget deh kaya drama korea atau drama india? Hehe.

Tapi asli memang jujur dari hati yang paling dalam papap nyesel juga sih kenapa dulu gak siap-siap dulu. Kelarin kuliah dulu, dimapanin dulu penghasilannya, punya rumah dulu kah, atau mobil dulu kah.. pokoknya rencana dan persiapan yang matang deh pokoknya. Tapi wis qodarullah ya..mungkin ini episode kehidupannya papap yang sudah ditakdirkan oleh Allah. Mau gimana lagi.. padahal papap selalu berandai-andai bisa ketemu doraemon biar bisa minjem mesin waktu buat memperbaiki yang dulu-dulu. Tapi doraemon kan gak ada lagian mana ada mesin waktu kaya di film-film hehe.

Intinya sih papap nyesel bukan apa-apa, tapi papap kasian sama mamam sama anak-anak yang mungkin masih belum bisa bahagia secara materi. Walau alhamdulillah yaa.. bersyukur sama Allah atas kenikmatan yang telah Allah berikan selama ini. 3 anak yang lucu, rumah, motor, mobil dan lain-lain walau papap belum maksimal hingga saat ini. Hiks hiks jadi sedih.. bolehkan cowok lebay? :D

Soo.. kesimpulannya dari cerita yang gak jelas diatas adalah bahwasanya menikah memang memerlukan setidaknya perencanaan yang matang dan jelas. Jangan keburu nafsu pengen nikah cepet kalau belum tahu mau ngapain setelah menikah. Yang misal cowoknya sudah punya penghasilan mapan, rumah dan mobil punya aja masih galau ketika mau nikah. Apalagi yang cowoknya masih nganggur, atau kerjanya gak jelas atau masih kuliah tapi ngebet banget pengen nikahin anak gadis orang. Duh.. sabar dulu lah tong! Kalau gak kuat mending puasa aja dulu.. kalau udah ngebet banget. mending coba bikin dulu konsep yang matang setelah nikah. Misal ni ya..papap bukan ngelarang nikah sebelum mapan. Tapi coba pikirkan gimana caranya nanti bisa survive setelah menikah. Jangan sampai setelah nikah cek cok karena kurang ini itu dari sisi finansial. Banyak yang cerai lho gara-gara ini, kasian kan? Terutama untuk lo para cowok..camkan itu :P

hakikat pernikahan

Nah.. apalagi kalau nikahnya gara-gara hamil duluan. Duh ngeri banget deh friends..ini jelas-jelas gak direncanakan banget ya wkwk. Cukup..dan cukup hanya papap yang pengalaman dengan nikah tanpa rencana matang ini. Buat lo guys yang masih bujang.. mulai saat ini melek gimana caranya jadi cowok ganteng, kaya, beriman dan soleh. Siap-siap tuh banyak cewek yang ngantri di depan rumah.. (ngapain? nagihin utang ya? wkwkw)

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. lahiya

    Jangan sampe karena hamil duluan ya Allah, jangan :”

    Salam,
    Pink

    • papapz

      :D jangan lah hehe .. hamil itu setelah nikah ^^

  2. JP

    wong cirebon jg toh mas??hehee
    Alhamdulillah yaa kluarga dari mamam langsung merestui tanpa melihat harus punya gaji yg wow dulu,hrs punya rumah dulu,punya ini itu dulu..

    • papapz

      iya alhamdulillah..tp semuanya jg penting kalau bs mah :)

  3. nia nastiti

    Nyimak dulu Pap, ini bermanfangat sekali utk yang single, Tapi emang bener ya klo baru nikah banyak masalah ya? :o

    • papapz

      hehe.. cm sharing story aja mba.. y trgantng penyikapan kita jg mbak.. tp y bnyak faktor rmh tangga baru srgkali brmsalah..klo mba nia mah jangan lah y hehe

  4. Yuniari Nukti

    Aduh, Pap. Udah pakai rencana aja pusing, apalagi gak pakai rencana. Terutama urusan duit, nih haha..
    Yang penting keduanya saling memahami, nikah tanpa rencana, Insya Allah langgeng deh :)

    • papapz

      aamiin hehe, iya mbak realita memang tidak sesuai impian :D

  5. Deddy Huang

    wah udah punya 3 anak aja… nambah lagi mas? *eh

    • papapz

      mau sih..tp nanti hehehe

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *