Tips Ketika Ada Kunjungan Anak-Anak TK ke rumah

Ketika si sulung Arfa memasuki usia sekolah, papap dan mamam harus mencari strategi bagaimana caranya agar Arfa betah di sekolah. Di awal-awal sekolah papap mamam senang karena Arfa terlihat senang dengan lingkungan barunya. Walau saat ini seringkali Arfa minta pulang cepat, tapi secara keseluruhan Arfa merasa enjoy dengan sekolahnya, dengan teman-temannya dan terkhusus dengan ibu gurunya.

Arfa sekolah fullday dari Senin sampai jum’at. Ketika di hari jum’at biasanya suka ada kegiatan keluar kelas, entah itu sekedar olahraga ringan khas anak-anak, eksplorasi lingkungan sekitar sambil jalan-jalan, atau berkunjung ke rumah teman. Arfa suka cerita bahwa dia sudah beberapa berkunjung ke rumah teman-temannya. Entah itu sambil nengok temennya yang sakit, ada yang sekalian syukuran, atau memang menyengajakan diri mengundang teman-teman kelasnya. Biasanya kalau rumahnya agak jauh anak-anak TK ini naik mobil angkot sewaan, mobil sekolah atau mobil dari beberapa orang tua murid. Di rumah temennya ini Arfa suka diberi makanan, minuman dan terakhir kalau pulang suka dikasi bingkisan yang isinya makanan ringan.

Dari dua minggu terakhir, Arfa merengek pengen juga dia dikunjungi oleh teman-teman sekelasnya. Jumlah temannya ada 21, laki-laki 13 orang dan perempuannya 8 orang.

Akhirnya papap mamam menyanggupi untuk waktu berkunjung ke rumah. Alhasil papap mamam harus menyiapkan segala sesuatunya kan? Papap pun harus rela izin kerja setengah hari karena dari pagi harus bantu beres-beres rumah dan menjaga agar suasana kondusif di rumah.

Nah, jika Ayah dan Bunda yang punya anak usia TK dan juga suka ada kegiatan kunjungan ke rumah. Papap punya tipsnya nih hehe

  1. Tentukan waktu kunjungan yang tepat. Diskusikan dulu dengan ibu gurunya kapan waktu yang tepat. Tentunya tidak hanya waktu yang tepat untuk anak-anaknya tapi juga untuk kita sebagai orangtuanya. Apalagi jika Ayah Bunda juga sibuk bekerja jadi harus diatur setepat mungkin waktunya ya. Mulai dari hari sampai jamnya.
  2. Tentukan kegiatan apa yang bisa dilakukan saat anak-anak ingin berkunjung ke rumah kita. Papap juga kemarin gak kepikiran sih anak-anak mau ngapain aja soalnya datangnya agak telat. Janji jam 10an tapi menjelang jam 11 baru datang soalnya nunggu ibu guru yang satunya lagi. Walhasil papap keluarkan aja mainannanya Arfa dan langsung diserbu sama anak-anak. Duh heboh banget deh rumah kecilnya papap diinvasi sama anak-anak TK yang super aktif. Was-was juga sih karena harus menjaga semua property rumah khawatir gak sengaja dirusak anak-anak. Tahu sendiri kan anak-anak gimana kalau sudah bermain? Untungnya ada ibu guru yang ekstra sabar menemani dan membimbing mereka.
  3. Jangan lupa konsumsinya. Kemarin mamam pesen bolu pisang dan sebelumnya belanja plastik bingkisan dan jajanan anak-anak yang dibagikan ktika anak-anak ini mau pulang. Arfa juga dikasi kado mainan kereta-keretaan sama ibu gurunya.

Waah..walau cuma setengah jam waktu kunjungannya tapi cukup heboh juga karena ini pengalaman pertama jadi orang tua murid hihi. Sayangnya Arfa gak mau balik lagi ke sekolah padahal kan waktu pulang harusnya pukul 4 sore. Nah..modus juga nih Arfa waktu mau berkunjung kaya mau sekalian diantar pulang ^^

Nah, gimana Ayah Bunda juga harus persiapan lho jika ada kegiatan berkunjung ke rumah. Siap-siap dibikin heboh juga hehe.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *