Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjaga Kesehatan Anak

anak sehat dan kuatKesehatan anak-anak kita seharunya memang menjadi prioritas nomor satu untuk selalu kita jaga. Ketika anak-anak sakit, kebayang gimana repotnya apalagi masih kecil-kecil dan masih butuh banyak perhatian dari papap mamamnya.

Begitu juga dengan anak-anak papap, raihanah yang paling kecil usianya baru 2 bulan tentunya masih sangat rentan dengan penyakit dan hal-hal lainnya yang bisa mengganggu kesehatannya.

Kemarin Hanaan baru saja di sunat, memang sunat ketika masih bayi itu repotnya cuma di awal aja tapi pas gedenya enak gak mikir kapan mau disunat lagi karena sekalian. Soalnya Arfa sama Hanaan gak langsung disunat sewaktu bayi eh qadarullah semunya kena sakit di kemaluannya. Arfa akhirnya disunat di usia 3 tahun dan Hanaan di usia 2 tahun.

Arfa juga kemarin sempat muntah dan mencret, kayanya sih kebanyakan minum susu kotak. Biasanya sih enggak, mungkin pencernaannya aja yang lagi gak bersahabat ditambah masuk angin dan kurang makan. Arfa itu suka banget sama susu kotak, kemarin dia banyak minum susu kotak yang ukurannya cukup besar. Karena biasanya Arfa minumnya yang susu kotak kecil aja.

Belajar dari pengalaman, beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan oleh Papa dan Mama dalam hal menjaga kesehatan anak adalah:

  • Memperhatikan kondisi tubuh si kecil, mulai dari kondisi fisiknya, misal apakah ada sesuatu yang janggal dan tidak wajar pada tubuh si kecil. Perhatikan pula misal apakah kulitnya kemerahan, ada ruam, bentol dan sebagainya. Biasanya yang namanya anak-anak itu cuek dan tidak terlalu memperhatikan dirinya. Bahkan ketika sakit pun anak-anak kadang tidak nyaman ketika harus diam atau tidur. Dia akan bermain seperti biasa dan melupakan rasa sakitnya. Nah, ketika kita menemukan sesuatu yang berbeda di kondisi fisik anak, maka kita harus segera respek bertanya kepada anak kita apakah hal tersebut dirasa sakit atau mengganggunya? Mungkin bisa jadi anak-anak akan ngeles dengan mengatakan “Aku gak papa“, tapi biasanya hal ini dia lakukan hanya untuk agar dia tidak dikasih obat atau diperiksakan ke dokter. Jika di rumah ada perlengkapan kesehatan atau kotak obat, maka bisa diberikan pertolongan pertama dulu. Tapi jika sakitnya terlalu parah maka Papa dan Mama harus segera membawanya periksa ke dokter atau rumah sakit.
  • Selain kita memperhatikan kondisi tubuh si kecil, maka jangan lupa perhatikan pula kondisi lingkungan di sekitar anak. Biasanya kondisi tertentu di lingkungan kita akan ikut mempengaruhi kondisi kesehatan anak. Lihat apakah si kecil alergi terhadap sesuatu? maka misal jika si kecil memiliki alergi terhadap kain tertentu, maka kita harus mengganti dengan kain yang lain. Ketika dalam cuaca hujan atau panas, maka biasanya anak akan mudah sakit jika kondisi stamina anak sedang turun. Kita harus perhatikan juga kondisi kebersihan lingkungan rumah kita, jangan sampai banyak sampah berserakan, genangan air, selokan mampet, seprei yang jarang diganti, sirkulasi udara yang tidak baik, dan kondisi-kondisi lainnya yang bisa menyebabkan si kecil kita cepat sakit.
  • Jangan lupa perhatikan pula pola makan si kecil. Apakah si kecil makan dalam jumlah porsi normal? Jika kurang atau si kecil tidak semangat makan mungkin bisa saja si kecil sedang sakit. Dan juga perhatikan kebersihan makanan si kecil, himbau si kecil agar tidak jajan dan memakan makanan sembarangan, misal yang banyak lalatnya, berdebu dan makanan yang tidak higienis. Banyak sekali kejadian anak yang menderita sakit, keracunan bahkan sampai meninggal dunia karena asal dalam mengkonsumsi makanan secara sembarangan.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan si kecil sakit disamping faktor-faktor lain semisal anak yang kurang berhati-hati dan kecelakaan lainnya. Semoga Papa Mama semuanya bisa konsen menjaga si kecil tetap sehat dan kuat ^^

Semangat ya :) – Bada subuh, 14 Agustus 2016

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Woeng Ndezo

    Informasi yang menarik gan.

    • papapz

      terima kasih :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *