Workshop Membuat Toko Online di Pekalongan

Pagi ini, Ahad 24 April 2016. Saya bangun pagi sekali, sekitar pukul 1 dini hari. Sengaja Saya stel alarm antara pukul 01.15-01.30 tapi tidur gak terlalu nyenyak karena takut kesiangan. Hmm sebenernya Saya mau ngapain sih? Tumben.. Hihi bodo amat yaks! Emang gue pikirin? ^^

Ternyata hari Ahad ini agenda kegiatan Saya adalah ikut pelatihan bisnis online di Pekalongan. Tepatnya Pelatihan Membuat Toko Online yang diselenggarakan oleh SBO (Sekolah Bisnis Online) Pekalongan dan salah satu trainnernya adalah Mas Ari Tunsa.

IMG-20160412-WA0006

Beberapa waktu sebelumnya, Saya mendapat info di akun FB mas Ari terkait pelatihan tersebut. Mungkin sekitar beberapa pekan yang lalu. Tapi Saya masih ragu-ragu untuk hadir karena sebelumnya atasan Saya di kantor meminta Saya untuk gabung di pelatihan lain di Yogyakarta hari Sabtunya, 23 April. Tapi setelah Saya nego lagi akhirnya Saya delegasikan saja untuk pelatihan yang di Yogyakarta ke Staff Keuangan Saya dan Saya memilih ikut pelatihan bisnis online di Pekalongan, dengan niatan Saya bisa gali lebih dalam tentang materi ini untuk kepentingan pribadi sekaligus kantor hehe.

Alhamdulillah, akhirnya Saya langsung daftar dan membayar biaya pelatihannya langsung. Setelah dikonfirmasi akhirnya Saya fix ikut pelatihan ini.

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, dan juga mengkondisikan anak-anak yang harus Saya tinggalkan selama seharian ini. Akhirnya Saya pun berangkat dengan naik kereta api Tawang Jaya jurusan Jakarta -Semarang dari Cirebon menuju Pekalongan. Pukul 02.05 start dari stasiun Cirebon Perujakan. Dan perkiraan sampai ketika menjelang Subuh.

Memang jarak Cirebon – Pekalongan tidak terlalu jauh, dan waktu tempuh dengan kereta api hanya sekitar 2 jam lebih saja. Tapi karena tidak ada lagi kereta yang bisa berangkat agak siangan, akhirnya Saya pilih kereta Tawang Jaya, walaupun nanti saya harus menunggu terlebih dulu kurang lebih 3 jam sampai acara dimulai sekitar pukul 08.00 pagi. Tapi gak papa lah daripada telat ya! ^^

Tadinya rencana pengen nyoba naik motor, tapi setelah dilarang istri dan Saya juga mikir efektifitasnya akhirnya Saya tetap milih naik Kereta Api walau pas berangkat dan pulangnya sama-sama harus nunggu sekitar 3 jam. Nanti pulangnya akan start dari Stasiun Pekalongan pukul 20.05 malam hari sementara acara akan berakhir kurang lebih pukul 16.00-17.00.

Alhamdulillah tiba di stasiun pekalongan pukul 04.20 dan langsung turun untuk sholat shubuh di mushola stasiun. Setelah itu Saya istirahat dulu nunggu agak terang suasananya sambil mau cari sarapan.

IMG_20160424_045319

Btw, Ternyata menunggu itu memang gak enak, apalagi di tempat yang belum familiar. Setibanya di pekalongan, bingung juga mau ngapain sementara gak punya saudara disana. Nunggu di stasiun sampai kira-kira pukul 6 pagi, habis itu keluar jalan iseng aja mampir ke minimarket buat beli air terus jalan iseng lagi ngelewatin hotel tempat acara workshop berlangsung dan akhirnya nemu masjid lalu saya istirahat dan sholat duha dulu habis itu jalan lagi balik ke stasiun ngelanjutin postingan ini hehe.

O ya, lokasi acaranya emang deket banget hampir bersebrangan dengan stasiun. Tapi ya gitu deh karena gak nemu kereta yang agak siangan jadi harus sabar dan sabar nunggu.

Dan alhamdulillah, akhirnya setelah sarapan sekitar pukul 08.00an Saya diminta Mas Ari untuk naik ke atas. Dan baru pertama kalinya setelah kenal di dunia maya dari sekitar tahun 2009an Saya dan Mas Ari bisa bertemu.

Acara dimulai pada pukul 08.30 karena menunggu para peserta hadir. Setelah perkenalan, acara pun dimulai. Uniknya pas perkenalan banyak peserta yang satu daerah sama Mas Ari yaitu dari Tunjung Sari alias Tunsa hehe.

Acaranya diselenggarain di hotel Horison, Pekalongan. Dan Saya seneng banget bisa gabung dengan para peserta workshop yang kebanyakan dalam level pemula, sama aja sih seperti Saya hehe.

hotel horison pekalongan

hotel horison pekalongan

Dalam workshop kali ini, Mas Ari menjelaskan sekilas perjalanan beliau hingga sampai bisa sukses di bisnis online terutama jualan di Facebook.

wpkl2Setelah itu step by step Mas Ari menjelaskan tentang riset produk, mencari supllier, sampai dengan membuat fanspage dan mendaftar Facebook Ads.

IMG_20160424_110845Jadwal yang tadinya dibagi 2 sesi yaitu mengenai FB Ads dan membuat web toko online akhirnya molor untuk FB Adsnya aja sampe Ashar dan untuk webnya yang sedianya diisi oleh Mas Maula, yang tak lain adiknya Mas Ari akhirnya malah gak jadi dan rencana mau dilanjut jika ada pertemuan selanjutnya.

wpkl1

Namun walaupun begitu, Saya bersyukur bisa ikut di acara tersebut. Walau tidak menyeluruh, tapi Saya bisa menangkap beberapa ilmu baru yang disampaikan khususnya oleh Mas Ari. Terutama tentang FB Ads dan juga motivasi dari Mas Ari tentang bisnis online di Facebook.

Acara berakhir pukul 04.30, setelah ngobrol-ngobrol akhirnya Saya diajak sholat maghrib dulu di Masjid Raya Pekalongan dekat museum batik, habis itu makan dan diantar Mas Ari ke stasiun. Masih nunggu sekitar 1,5 jam sebelum kereta datang di pukul 20.00. Hmm tapi gak papa deh.. Yang penting Saya dah bisa melalui hari ini dengan lancar. Alhamdulillah..dan terima kasih kepada Mas Ari, Mas Maula, panitia dan juga semua teman teman yang tadi gabung. Semoga ilmu yang kita dapatkan bermanfaat dan bisa kita praktikan. Aamiin.

IMG_20160424_165923

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *