Tips Mengurangi Konsumsi Jajan Untuk Si Kecil

Pap..Jajan..Minta Jajan..Pengen Jajan..

Pusying deh, kalau si kecil sudah  ketagihan jajan. Mending kalau jajan nya makanan yang bergizi dan mengeyangkan, terkadang jajannya makanan ringan, snack yang banyak MSG nya, atau ada bahan pewarnanya gitu. Kalau udah kaya gitu sebagai orang tua terkadang suka khawatir jika konsumsi jajan makanan yang tak sehat terlalu berlebihan maka akan membuat tumbuh kembang badannya akan terganggu dan khawatir mengganggu kesehatannya juga.

anak suka jajan

Memang si kecil terkadang masih suka pilih-pilih makanan dan pengennya jajan terus, nah daripada bingung sendiri yuk simak tips bagaimana mengurangi konsumsi jajan untuk si kecil ^^

  • Selalu pastikan waktu makan si kecil terpenuhi, baik makan pagi, siang atau sore/malam. Jika waktu makan si kecil terpenuhi, insya allah si kecil tidak akan terlalu terobsesi dengan jajan karena perutnya sudah kenyang.
  • Pastikan di rumah tersedia camilan sehat selain makanan utama (nasi dan lauknya), tentunya disini diperlukan kreatifitas ibu dalam menyajikan berbagai macam camilan, kue, puding dan yang lainnya yang bisa kita buat sendiri dan insya allah lebih sehat dan higienis.
  • Tidak membiasakan si kecil jajan yang tidak sehat, jika ingin jajan maka dampingi si kecil dalam memilih snack atau jajanannya, minta si kecil untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi dan larang anak untuk memilih jajanan yang tidak sehat dengan disertai penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak.
  • Menyibukkan si kecil dengan permainan-permainan fisik sehingga ketika lapar dia akan meminta makan yang bisa mengenyangkan perutnya dan bukan jajan yang itu tidak bisa mengenyangkan perutnya¬† dengan jajanan yang tidak memiliki nilai gizi tinggi.
  • Ajak anak untuk ikut membuat camilan sehat, kue, puding dan lainnya sehingga anak akan semangat ketika memakannya dan melupakan obsesi jajan.

Nah, demikianlah beberapa tips untuk mengurangi konsumsi jajan untuk si kecil. Semoga bermanfaat ^^

Gambar: http://www.ummi-online.com/po-content/po-upload/Orang-Tua-Harus-Lakukan-Ini,-Saat-Anak-Suka-Jajan1.jpg

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *