Berani

Berani

Berani adalah lawan dari takut. Saya kurang bisa menjabarkan definisi berani secara maknawi, jadi mari kita cari di KBBI. Oh, ternyata  berani adalah mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dan sebagainya; tidak takut (gentar, kecut).

Ok. Sikap berani memang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Ga hanya buat yang masih kecil apalagi buat kita yang sudah besar dan dewasa. Ketika masih kecil, kita dihadapkan pada kondisi harus berani berdiri dan berjalan lalu berlari dan tidak takut jatuh! Lalu berani ketika belajar naik sepeda, berani ketika harus ke sekolah, berani ketika kita dibully, berani ketika ujian dan berani yang lainnya.

Lalu menginjak dewasa, sikap berani harus pula kita paksa ada dalam diri kita. Berani untuk lepas dari orang tua, berani untuk menafkahi diri sendiri, berani menikah, berani jadi seorang ayah dan sikap berani lainnya.

Memang berani tidak hanya bersifat genetik, tapi sikap berani memang harus dimunculkan bahkan dipaksa harus dikeluarkan.

beraniBerani harus dalam konotasi yang baik dan positif. Dan tidak ada sikap berani dalam hal yang negatif, berani nyontek? Berani ngedrugs? Berani tawuran? dan masih banyak berani dalam konteks dan berdampak negatif di ujungnya. Semuanya harus kita singkirkan.

Ketika berumah tangga. Sikap berani memang berperan penting. Seorang suami harus mencari nafkah dan sang istri harus menjalankan tugasnya pula. Berani mengambil keputusan menikah maka harus berani pula dalam menanggung resiko dan konsekwensinya. Semua konflik yang ada haruslah diiringi dengan sikap berani untuk menyelesaikannya. Bukan berani dalam arti suami berani main kekerasan atau istri berani menantang dan membangkang pada suami. Omong kosong dengan emansisapi. Tidak ada emansisapi jika kita berusaha menyalahi kodrat dan tidak ingin meraih manfaat bersama.

Berani memang penting. Lalu seberani apakah Anda?

gambar: http://cms2.monitorday.com/statis/dinamis/detail/3748.jpg

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *