3 Alasan Mengapa Susu Baik Dikonsumsi Si Kecil

manfaat susuSeperti yang telah kita ketahui bersama, mengkonsumsi susu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan memberi kita banyak manfaat. Begitu juga dengan si kecil, enam bulan pertama kehidupannya, si kecil bertumbuh dan berkembang hanya dengan mengandalkan ASI (Air Susu Ibu), tanpa makanan pendamping lainnya. Terbayang kan, betapa lengkapnya kandungan gizi dalam ASI ini?

Setelah berusia 1 tahun ke atas, meski frekuensi makan padatnya sudah menyamai orang dewasa, susu tetap mendampingi si kecil. Sebagian masih bertahan dengan ASI, dan sebagian yang lain mulai mengandalkan susu lainnya, terutama susu sapi. Menurut Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan, MSi, dari South East Asia Food and Agricurtural Science and Technology Center (SEAFAST) IPB, susu sapi untuk anak di atas 1 tahun bisa diberikan dalam bentuk susu yang telah dimodifikasi komposisinya sehingga menyerupai ASI, atau whole milk alias susu sapi segar. Susu sapi segar ini kadar natrium dan proteinnya lebih tinggi dibanding ASI, sehingga dalam pengonsumsiannya diperlukan fungsi ginjal yang telah sempurna, yaitu pada anak di atas usia 1 tahun. Sempurna yang dimaksud disini adalah ginjal sudah dapat membuang sisa metabolisme berupa kelebihan protein dan natrium di dalam tubuh.

Pemberian susu harus disesuaikan dengan kondisi anak dan balita. Menurut dr. Yoga Devaera SpA(K), dari Fakutas Kedokteran Universitas Indonesia, untuk anak dan balita yang bermasalah dengan pola makan, mereka dianjurkan untuk mengonsumsi susu pertumbuhan (formula) yang telah dimodifikasi agar mengandung zat-zat gizi tetentu sebagai pengganti atau penambah nutrisi sehari-hari. Namun untuk anak yang tidak mempunyai masalah dengan pola makan dan mau mengonsumsi berbagai macam makanan dengan baik, termasuk daging, sayur, dll, maka ia dapat mengonsumsi susu segar biasa. Dan inilah mengapa susu baik untuk dikonsumsi:

  • Susu mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi, dan mudah diserap tubuh. selain asupan kalsium yang diperlukan bagi tulangnya, si kecil juga mendapatkan zat besi, protein, mineral, dan vitamin untuk mendukung kesehatan tubuhnya.
  • Susu kaya akan laktosa yang diperlukan untuk perkembangan otak di 2 tahun pertama kehidupan. laktosa juga diketahui sebagai salah satu sumber energi.
  • Di dalam susu terdapat kandungan kalsium, vitamin D dan IGF-1 (Insulin Growth Factor-1)

Demikianlah 3 alasan mengapa susu baik dikonsumsi.semoga bermanfaat..

Sumber: Majalah Parenting Indonesia

gambar: http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/01/31/493294/670×335/5-manfaat-minum-susu-kerbau-untuk-kesehatan.jpg

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Woeng Ndezo

    Susu memang sangat perlu sekali dikonsumsi setiap hari karena sebagai pertumbuhan dan kecerdasan si anak.

    • papapz

      yups.. setuju, dan harus diimbangi juga dengan makan makanan yang bergizi

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *