Beberapa Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Menjelang Anak Tidur

Anak Anda susah tidur? Yuk simak tips berikut dengan melakukan beberapa kegiatan bersama anak menjelang tidur!

arfa tidurSetiap anak memiliki waktu yang tidur berbeda-beda, biasanya terbedakan menurut usianya. Untuk usia bayi 0-3 tahun biasanya waktu tidurnya akan lebih lama dan biasanya akan cepat tertidur di awal malam. Berbeda dengan usia 3 tahun ke atas, biasanya waktu tidur anak akan lebih sedikit bahkan mendekati waktu tidur orang dewasa karena untuk usia anak 3 tahun ke atas frekuensi kegiatannya dan tingkat keaktifannya sudah cukup tinggi. Sehingga wajar jika anak akan mengikuti frekuensi kegiatan orang dewasa di rumahnya semisal Ayah dan Ibunya.

Menjelang waktu tidur, banyak orang tua yang sering kewalahan dan merasa kesal karena anak yang diharapkan segera tidur malah ternyata susah untuk diajak tidur. Salah satu hal yang mungkin terjadi biasanya dikarenakan anak sakit, tapi jika kondisi anak dalam kondisi normal dan sehat maka Anda bisa melakukan beberapa kegiatan berikut agar anak Anda bisa mudah segera tidur.

  1. Sebelumnya Anda bisa membuat kesepakatan waktu jam tidur dulu bersama Anak anda. Musyawarah kecil bisa Anda lakukan dengan anak mengingat anak pun sudah bisa diajak berkomunikasi dan diarahkan pada usia ini. Buat jadwal waktu tidur anak di malam hari misalkan paling cepat pukul 20.00 dan paling lambat 21.00. Tunjukkan jamnya dan sepakati bahwa kita akan tidur di jam tersebut dan anak harus mematuhi jadwal jam tidur yang sudah disepakati di waktu tersebut.Dengan jadwal waktu tidur tersebut, maka anak akan hafal jika Ayah/Ibu sudah mengajak anak tidur maka memang sudah masuk jamnya dan biarkan anak bermain atau melakukan aktivitasnya sebelum batas jam waktu tidur tersebut agar anak bisa menghargai sebuah hasil musyawarah dan berkonsekwensi dengannya.
  2. Jika anak sudah siap diajak tidur, maka sebelumnya Anda harus sudah siap dengan kondisi tempat tidur anak. Rapikan tempat tidur anak terlebih dulu, juga kondisi di sekelilingnya usahakan rapi dan bersih. Jika bisa, ganti spreinya dengan yang baru jika memang dirasa sudah harus diganti.
  3. Jika memiliki jadwal minum susu sebelum tidur dan anak menginginkannya maka Anda bisa memberikan segelas susu hangat untuknya.
  4. Setelah kondisi tempat tidur sudah siap dan juga minum susu, maka ajaklah Anak mengganti baju mainnya dengan baju tidur jika ada. Dan ajak juga anak Anda untuk mencuci kaki dan tangannya juga menggosok giginya hingga bersih.
  5. Setelah naik ke tempat tidur, dan anak tidak segera memejamkan mata maka luangkan waktu 10-15 menit untuk menemani anak tidur sambil membacakan cerita kesukaannya atau mengajak anak bercerita tentang kesehariannya. Jika sudah mencapai waktu 10-15 menit maka mau tidak mau Anda harus segera mematikan lampu kamar atau menggantinya dengan lampu tidur dengan cahaya yang cukup redup agar membantu anak segera tidur. Peluklah anak dan bantulah ia memejamkan matanya, dan jangan lupa mengajak anak untuk berdo’a sebelum tidur. Terakhir cium pipi dan keningnya sebagai tanda Anda sayang padanya dan sebagai ucapan terima kasih atas sikap manisnya di hari ini. ^^

Semoga bermanfaat ^^

Tips di atas berdasarkan pengalaman owner papapz.com bersama Arfa. Bagaimana dengan Anda yang memiliki anak lebih dari satu? Kita akan simak tipsnya di lain kesempatan :)

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *