Manfaat Toge Bagi Kesehatan & Kesuburan Pria

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pria agar pasangannya bisa segera hamil. Walaupun sebagai manusia beragama kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi itu telah ditakdirkan. Namun tentunya kita juga harus selalu berusaha dan berdo’a sehingga kita tetap optimis walau mungkin banyak cara yang telah anda lakukan hingga saat ini belum membuahkan hasil juga. Usaha alternatif lain terutama untuk para pria agar bisa menambah kesuburan adalah dengan rajin mengkonsumsi toge/tauge. Walau ini masih menjadi mitos, kita simak aja yuk pembahasannya di bawah ini:

Pengaruh Makanan bagi Kesuburan

Makanan sudah lama diyakini orang berpengaruh pada gairah seksual dan kesuburan. Setiap daerah atau suku biasanya punya bahan makanan tertentu yang diyakini jos meningkatkan kesuburan. Di antara begitu banyak jenis makanan, mitos toge sebagai menu utama penyuburlah yang paling sering kita dengar.

Boyke Dian Nugraha, ginekolog dan konsultan seks, mengakui toge memang berkhasiat bagi kesuburan. “Sebab, toge mengandung antioksidan dan vitamin E,” kata dia. Selama ini, banyak orang mengkonsumsi vitamin E sebagai makanan tambahan alias suplemen untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kelenturan kulit. Khasiat toge sebetulnya lebih ditujukan untuk kaum pria. Karena, selain menyuburkan, toge juga dapat mendongkrak vitalitas dan kejantanan pria.

Namun, menurut Ichramsjah A. Rachman, spesialis kebidanan & penyakit kandungan Fakultas Kedokteran UI, memakan toge begitu saja belum tentu bisa bikin subur. Dia bercerita, pernah punya seorang pasien yang sudah belasan tahun tidak memperoleh keturunan. “Karena ada temannya menganjurkan untuk mengkonsumsi toge, dia pun melakukannya, tapi tetap saja tidak ampuh,” kisahnya. (sumber)

kecambah-taugeManfaat Toge bagi kesehatan

Toge/Taoge (Kita ambil kata Toge aja ya..karena memang saya suka juga sama Toge yang “itu” :D) merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah diperolah setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk toge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil. Sayuran toge jenis apapun, baik toge kacang hijau, toge kedelai, tage alfafa, maupun jenis toge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam toge alfafa.

Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau tage lebih bergizi. Protein tage lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Kenapa bisa begitu? hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah:

Mencegah Kanker

Proses menjadi toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan toge. Hal ini disebabkan, saponin dalam toge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa mengganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam toge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis

Estrogen alami yang terdapat dalam toge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saponin toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Lainnya

Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, toge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan toge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause

Jadi mulai sekarang, apa salahnya untuk mencoba memusatkan perhatian kita terhadap tumbuhan di sekitar rumah, jangan tergantung kepada obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia, penyakit yang satu sembuh tetapi penyakit yang lain datang. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil, karena siapa tahu di balik bentuknya yang kecil tersimpan manfaat yang sangat besar.

Nah, gimana sobat.. khususnya buat abang-abang yang sudah nikah ya dan merasa gak pede karena dah lama nikah tapi gak bisa bikin istri hamil? Hehe. Apa yang salah? Dah.. gak usah banyak mikir. Banyakin makan toge, terserah deh mau dibikin pecel, ditumis, gado-gado, atau digado mentahnya juga gak apa-apa hehe. Walau katanya cuma mitos, tapi kalau setelah diteliti telah memiliki kandungan dan manfaat yang bagus untuk tubuh, gak ada salah juga kan buat dicoba? Saya juga dulu pernah mencobanyanya lho.. Asli sampe sekarang masih suka banget sama toge, apalagi cewek yang toge (minta ditimpuk istri :D) (sumber)

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. pengertian manajemen

    aku gak suka tauge, kecuali kalo dimakan bareng bakso, baru eh, hehehe

    salam,
    kesya

    • papapz

      ya sama aja suka :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *