Mas, Mengapa Kau Tak Setia Lagi?

Mengapa suami tak setia?

Sebab-sebab perselingkuhan bisa saja terjadi baik itu dari pihak suami ataupun dari istri. Namun, seringnya keluhan “tak setia” selalu datang dari para istri yang ditujukan kepada suaminya. Mengapa bisa demikian? Apakah godaan untuk tak setia lebih banyak mendera para suami kali ya? Hehe. Sebagai seorang laki-laki dewasa yang sudah bertitelkan suami dan ayah, Saya suka mendiskusikan masalah ini dengan istri. Bukan apa-apa, kadang istri saya suka cemburu dan berprasangka bahwa saya suatu saat saya akan tak setia dan mencari istri baru? Waduh.. prasangka yang berlebihan deh! Hehe.

Setia

Lalu, apa saja sih sebenarnya yang mendorong seorang suami berpaling dan berlaku tak setia? Tentunya ini sebagai introspeksi bagi istri maupun bagi suami itu sendiri.

1. Ingin mencari sesuatu yang baru.

Terkadang suami bosan dan menginginkan sesuatu yang baru. Namun di sisi yang lain, istri juga tak pernah berhenti mengeluhkan sesuatu, banyak menuntut, mengeluhkan mahalnya biaya hidup, atau bahkan sering minta yang aneh-aneh (bukan lagi ngidam kaya istri saya sekarang hehe).

Memang, sebenarnya mengeluhkan masalah rumah tangga wajar saja, namun seringnya istri tak memperhatikan waktu yang pas dalam menyampaikannya. Mungkin suami sedang lelah, atau banyak masalah di kantor, atau mungkin sedang galau dan sedih dikarenakan sebab yang lain.

Untuk itu sebaiknya istri ‘cukup pintar’ berkomunikasi secara baik, dan juga menjadi pendengar yang baik dalam menyimak cerita suami tentang dunia kerjanya dan hal-hal lainnya yang mungkin terlihat membosankan dan sepele. Demikian pula sang istri harus memperhatikan kesehatan jasmani dan rohani suami, jangan sampai tidak peduli dengan segala hal yang bisa merusak keceriaan suami. Yang ingin diperhatikan bukan hanya para istri saja kan? Suami juga loh..

Nah, ketika kekesalan dan kebosanan sudah memuncak suami terkadang tergoda untuk mencari jalan pintas dengan istilah “rumput tetangga ternyata lebih hijau” emang suami kambing ya makan rumput hehe.

2. Meremehkan suami

Masih termasuk kebiasaan seorang istri yang membuat suami menjadi tak setia, adalah memberikan nilai rendah kepada suami, baik dari sisi ketampanan, kedudukan atau ekonominya. Menurut saya hal ini tidak pantas untuk dilakukan oleh para istri, apalagi kalau selama ini suami sudah menunaikan hak istri dengan sekemampuannya.

Suami kurang ganteng dan kaya? Suruh siapa dulu mau dinikahi. Betul gak? Atau malah terpaksa karena gak ada pilihan lain? Waduh gawat dah hehe. Walau bagaimanapun suami juga ingin didudukkan sesuai kedudukannya, dihormati dan disanjung dalam kadar yang proporsional. Kalau selama ini para istri selalu merendahkan suami, jangan salah kalau suatu saat suami akan tak setia. Habisnya.. mana tahan kalau selama ini suami selalu disorot kekurangannya saja? Sssst.. rahasia nih! Laki-laki bisa saja dengan mudah mencari wanita lain jika memang saat ini istrinya sudah tak mengenakkan hati baginya :P

3. Menolak Hubungan Pasutri

Walaupun bukan 100 persen sebagai penentu kebahagiaan sebuah keluarga, namun masalah hubungan pasutri memegang peranan yang sangat penting di dalam keharmonisan kehidupan keluarga. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buruknya keserasian antar pasangan paling bertanggung jawab terhadap mayoritas kegagalan pernikahan. Baik yang kemudian berakhir dengan perceraian atau ketidakharmonisan hubungan pasutri.

Oleh karena itu, hubungan pasutri memang dapat mengantarkan terbentuknya komunikasi yang konstruktif dari waktu ke waktu dan secara aktif ikut andil dalam menambah kepuasan dan saling menghargai. Dan begitupun sebaliknya, dengan adanya penolakan istri dalam hal ini akan membuat suami kecewa dan mungkin saja akan mencari pelampiasan di luar. Jangan sampai kan? Namun tentunya di satu sisi yang lain suami pun harus bisa mengatur waktu dan memperhatikan situasi dan kondisi istrinya. Jangan setiap malam juga ngajak berhubungan, atau pas istri sakit, atau sedang datang bulan itu kan gak boleh terlalu hot.

Intinya, jika dalam hubungan pasutri persentasinya kurang karena istri yang kurang peka dan malah mengacuhkan suaminya, siap-siap aja deh suami nyari lagi yang lebih bisa memberikan nilai lebih dalam hubungan pasutri hehe.

4. Berpisah tempat tinggal dan tergoda media.

Berjauhan dengan istri (Long Distance Relationship) memang akan membuat suami tergoda untuk tak setia, ini sering terjadi pada pasangan yang hidup yang tidak dalam lokasi yang sama, entah itu karena suami seorang pelaut, suami belajar di luar negeri, ataupun bekerja di kota yang jauh dengan sang istri. Hal ini tentunya dapat melemahkan daya tahan suami, sehingga bisa tergoda oleh wanita lain. Oleh karena itu, idealnya sepasang suami istri harus berusaha untuk bisa tinggal bersama. Tapi koq sekarang saya kebalikannya ya, Saya sekarang yang ditinggal sama istri karena dia sedang kuliah lagi di luar kota.

Dan yang tak kalah hebatnya, adalah faktor peranan media yang kini sudah begitu canggihnya dan bisa menyebabkan laki-laki selingkuh di dunia maya. Dengan adanya chatting, webcam, facebook, twitter dan media sosial yang lainnya akan membuat suami dengan mudah untuk melakukan kontak komunikasi dengan wanita lain. Para wanita sadar gak yah? Hehe.

Nah demikianlah beberapa faktor penyebab yang bisa saja menjadikan para suami berlaku tak setia. Tentu masih banyak hal lainnya, namun kata kunci dari semua faktor ini adalah lemahnya iman dari masing-masing pasangan. Kalau iman kuat, pastinya pasangan pun akan setia dan akan menjaga tali pernikahan kuat-kuat.

Akhir kata, semoga saya, anda para suami bisa setia yah!! Dan tentu para istri pun bisa lebih baik lagi hehe.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. bule

    saling percaya (trust) dan punya komitmen pernikahan yg selalu dijaga diantaranya:
    a.setiap individu perlu ruang privacy,hargai ini oleh masing2 pasangan
    b.ruang privacy tadi ikatkan selalu dengan trust dan komitmen pernikahan utk benteng diri akibat pergaulan diluar baik nyata maupun maya
    c.menjaga tidak memberi masuk pihak ketiga dalam hati masing2 pasangan
    d.jika di ruang privacy ada pihak ketiga mencoba masuk terlalu jauh,komunikasikan dan koordinasikan dengan pasangan utk menyikapinya
    dengan kiat di atas diharapkan trust tetap terbentuk diantara pasangan,krn bentuk pengkhianatan thd trust tadi bisa dimaafkan pasangan (jika blm terlalu jauh) tetapi sulit dilupakan krn pengkhianatan melukai hati pasangan.

    • papapz

      makasih atas tambahan tipsnya mas :) semoga keluarga kita tetap harmonis ya ^^

  2. Ophi Ziadah

    Kalau saya sih percaya ini harus dijaga oleh kedua belah pihak. namanya hubungan kan ada dua juga yang harus menjaga tetap manis, hidup, dan berimbang.
    godaan dlm bentuk apapun pasti ada deh..
    niat dna pikiran2 ïseng”…kyknya semua laki2 punyaa
    hmmm jadi ya gitu deh…
    perlakukan pasangan kita sebagaimana kita ingin diperlakukan. udah gitu aja sih

    • papapz

      hehe makasih mba atas komentarnya..agak bingung ya :D yang penting keluarga mba ophi harmonis selalu ..

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *