Jalan-Jalan Murah Di Akhir Pekan Bersama Anak

Akhir pekan menjadi hari yang dinanti untuk bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Apalagi jika di rumah sudah ada anak-anak tercinta yang selalu menantikan saat-saat kita berkumpul bersama. Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di akhir pekan bersama anak-anak adalah.. jalan-jalan.

Ok, sebenarnya secara istilah jalan-jalan kalau mau merunut kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah diambil dari kata berjalan-jalan yang artinya adalah bersenang-senang dengan berjalan kaki (untuk melepas ketegangan otot, pikiran, dan sebagainya). Tapi definisinya di jaman sekarang bisa saja bergeser karena tidak hanya dengan berjalan kaki tapi dengan naik kendaraan juga yang ujung-ujungnya ya untuk refreshing hehe.

 pasar bima

Aktivitas jalan-jalan biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang pada akhir pekan atau tepatnya mungkin di hari Minggu dimana orang sedang banyak yang berlibur dari berbagai macam aktivitas hariannya semisal bekerja, sekolah, kuliah dll. Nah, di momen seperti ini kita juga bisa lho mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan. Tentunya gak usah mahal-mahal lah, kita juga bisa melakukan aktivitas jalan-jalan murah.

Yang dimaksud jalan-jalan murah apa sih? Apakah sama sekali tanpa biaya? Ya bisa juga sih, tapi artinya Anda harus benar-benar jalan kaki dan tidak membeli sesuatu pun ketika jalan-jalan tersebut hehe. Yang dimaksud jalan-jalan murah adalah kita bisa jalan-jalan ke tempat yang asik tapi gak usah keluar banyak uang. Ada banyak alternatif lho jalan-jalan murah di akhir pekan bersama anak.

hanaan

1. Car free day, hampir setiap kota biasanya ada kegiatan car free daynya. Dan biasanya dilakukan di hari minggu. Jadi Car Free Day itu biasanya dengan cara memblokade satu buah ruas jalan unuk dipakai aktivitas masyarakat yang bukan aktivitas berlalu lintas. Tapi biasanya untuk berolahraga, jogging, sepeda, bazaar, dan event-event lainnya. Nah, kita bisa mengajak anak-anak ikut car free day sekalian sarapan dan jalan-jalan juga mencari barang-barang murah.

2. Pasar Kaget. Kegiatan di pasar kaget biasanya gak jauh beda dengan Car Free Day. Tapi yang membedakan adalah tempatnya, biasanya Pasar Kaget tempatnya di lapangan atau di alun-alun. Seperti di Cirebon, walau ada Car Free Day tapi ada juga Pasar Kaget yang biasa disebut Pasar Bima karena tempatnya di seputaran Stadiun Bima. Peminatnya juga gak jauh banyak dari Car Free Day. Biasanya mereka sambil senam dan jogging mengelilingi stadiun.\

3. Pasar Tradisional. Di Cirebon, Walaupun di hari Minggu di Pasar Tradisional yang sehari-harinya hanya menjual sayuran dan kebutuhan pokok lainnya tapi kalau di hari Minggu ramai juga lho dengan yang jualan dan berbagai wahana permainan anak-anak.

4. Toko Buku/Bazaar Buku. Kita bisa mengajak anak-anak untuk mencintai buku dan menyemangati mereka untuk rajin membaca. Kita bisa hunting buku murah dan tentunya menyenangkan sekali jika anak-anak rajin membaca sehingga bertambah pengetahuan mereka.

5. Silaturahmi ke rumah kakek dan nenek. Jika rumah kakek dan neneknya anak-anak dekat, tentunya sesekali kita bisa mengajak mereka kesana agar tentunya mereka juga bisa lebih dekat dengan kakek dan neneknya dan ada banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak apalagi jika di tempat kakek neneknya ada peternakan, kebun, sawah dan hal menarik lainnya yang bisa ditunjukkan kepada anak.

Nah demikian beberapa alternatif jalan-jalan murah di akhir pekan. Mungkin Anda juga punya ide untuk menambahkannya? Monggo.. ^^

odong-odong

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *