Tips Suami Menangani Istri Yang Sedang Hamil Muda

Sangat bahagia seorang suami ketika mendengar kabar bahwa istri tercinta positif hamil, tentunya akan tambah ramai deh keluarga kita dengan kehadiran sang buah hati. Bagi pasangan muda yang baru menikah, tentu saja ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Namun bagi seorang istri yang kehamilannya merupakan yang kedua, ketiga dan seterusnya. Hal ini walau juga merupakan sebuah kebahagiaan, namun penyambutannya akan sedikit berbeda karena merasa ini merupakan sebuah hal yang sudah biasa terjadi yang tentu saja penanganannya sudah kita ketahui dari mulai awal kehamilan sampai dengan nanti masa persalinannya.

Usia anak saya yang pertama, Arfa saat ini belum genap 4 tahun dan anak kedua Hanaan, belum genap juga 1,5 tahun. Saat ini istri Saya juga sedang tugas belajar S2 di salah satu Universitas Negeri di Jawa Timur. Ketika mengetahui istri Saya hamil lagi untuk anak yang ke-3, Saya sedikit galau juga sekaligus bahagia hehe. Jujur ini di luar dugaan Saya karena anak kedua juga masih kecil. Namun tentunya Saya yakin karena ini merupakan takdir yang Allah sudah tetapkan, maka Saya harus yakin bahwa Saya dan istri bisa melewati ini semua. Jadi suami siaga lagi deh.. Selain ngurus anak-anak yang masih kecil ditambah istri yang sedang hamil muda ^^ Ekstra banget bagi seorang suami dan Ayah seperti Saya.

Pengalaman setiap kali hamil, istri Saya selalu lemas, dan mual muntah yang cukup sering. Bahkan ketika anak pertama pernah Hyper Emesis yaitu sebuah kondisi ibu hamil yang kondisi tubuhnya tidak begitu kuat dalam menanggung berbagai macam gejala di awal kehamilan, semisal mual muntah yang berlebihan, dehidrasi, bahkan sampai pingsan.

Disini kadang saya merasa galau, karena khawatir dengan kondisi kesehatan istri Saya. Mau tidak mau anak kedua Saya yang masih 1,5 tahun harus disapih dan tentunya tidak bisa ikut lagi menemani Mamamnya yang sedang kuliah S2. Saya sekarang hanya ditemani adik ipar cowok yang tentunya hanya bisa membantu semampunya :D.

OK cukup deh galaunya.. Yuk simak tips-tips Saya bagi Anda para suami dalam menangani istri yang sedang hamil muda..

  • Jagalah kesehatan istri, dengan memberikannya makanan yang sehat dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Bisa ditambah dengan susu ibu hamil juga suplemen yang lain.
  • Jangan terlalu membebani istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat, kalau bisa suami ikut turun tangan dan atau bisa menyewa pembantu dan dibantu ortu/mertua.
  • Jaga psikis dan kondisi kejiwaan istri, biasanya ketika hamil muda kondisi kejiwaannya labil. Kalau sudah tidak menahan mual dan muntah dan juga gejala kesehatan lainnya dia akan nangis sendiri saking tidak kuatnya menanggung hal itu. Sebagai suami harus bisa memberikan ketenangan kepada istri, suami bisa memberikan pijatan ringan di bagian kaki, punggung dan memeluknya jika istri sedang galau. Berikan terus motivasi kepada istri untuk bisa survive dan melewati ini semua.
  • Jika istri bekerja, maka berikan fasilitas antar jemput dan jangan sampai terlalu mendapat goncangan di kendaraan.
  • Jika ini kehamilan yang kedua dan seterusnya, maka bantu istri untuk menjaga dan mengurus anak-anak agar tentunya istri bisa fokus dengan kehamilannya.
  • Tambah pengetahuan suami tentang berbagai hal seputar kehamilan. Jika ada gejala tertentu yang tidak normal segera konsultasikanlah ke dokter/bidan. Bacalah buku atau artikel di internet, Insya allah akan membantu Anda para suami di dalam menangani istri yang sedang hamil muda.
  • Sebisa mungkin menuruti setiap keinginan istri yang masih masuk akal, biasanya ketika hamil muda ada masa yang disebut dengan ngidam. Sebenarnya ini sebuah hal yang lazim┬átapi bukan menjadi alasan bagi istri untuk minta yang aneh-aneh. Kalau hanya sekedar makanan yang memang mudah untuk dibeli maka segera belikan karena biasanya ketika hamil muda, istri males makan karena selalu merasa mual. Maka ketika ketika menginginkan makanan tertentu yang istri ingin memakannya segeralah membelikannya. Tapi juga harus diperhatikan kesehatan dan kehigienisannya, jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu asam dan pedas juga.
  • Terakhir, Berdo’alah agar istri selalu sehat dan dijaga Allah sampai dengan masa persalinannya.

Itu sedikit tips dari Saya, Semoga Anda menjadi suami yang selalu siaga yah.Semangat bagi yng saat ini istrinya sedang hamil seperti Saya ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Mugniar

    Waah keren ini postingan Kang Ian … bapak2 muda mesti baca

    • papapz

      kalau bapak-bapak tua gimana? :D

  2. Obat Penyakit Hernia

    isi artikelnya membuat suami semakin kekini kinian dan lebih pengertian terhdap istri tercinta ia kang

    • papapz

      ah masa? ^^

  3. 21inchs

    ilmu yg sangat bermanfaat..

    • papapz

      semoga bermanfaat :)

  4. Inggit

    Wah menarik, dapat ilmu lagi. Semoga secepatnya siap untuk menikah

    • papapz

      aamiin.. Saya do’akan yah :)

  5. Inayah

    nah…ini, cerita pengalaman temen yang minggu lalu keguguran. Dia mbonceng motor, turun dari motir ketuban pecah. kehamilan 7 bulan

    • papapz

      emang harus hati2 kalau lg hamil trus naik motor ..

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *