Asyiknya Ketika Ayah Memandikan Anak

Mandi merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan hampir setiap hari, bahkan bisa lebih dari sekali lho kita mandi. Nah, salah satu hal yang bisa mendekatkan hubungan Ayah dan anak adalah ketika Ayah ikut serta dalam aktivitas mandi ini.

Si kecil biasanya senang jika mau mandi, karena mereka bisa sambil main air. Apalagi ada kakak atau adiknya yang menemani, biasanya mereka anteng dan malah gak mau kalau disuruh udahan. Ayah sebelum berangkat kerja, atau ketika pulang kerja di sore hari bisa ikut pula lho membantu memandikan si kecil. Hal ini akan sangat mendekatkan hubungan Ayah dengan anak karena secara personal akan ada sebuah keterikatan batin dengan si kecil ketika Ayah mulai membuka baju si kecil, membasuh tubuhnya, memberi sabun dan sampo, sampai dengan mengeringkan badan si kecil dengan handuk dan mengganti baju dengan yang baru.

arfa hanaan mandi

Dulu ketika Arfa masih bayi, Saya tidak berani untuk mencoba memandikannya karena khawatir jatuh tapi setelah Arfa beranjak besar dan sudah bisa duduk dengan stabil barulah Saya berani ikut memandikannya di bak mandi. Dan begitu juga dengan anak kedua, Hanaan. Saya sudah semakin terlatih memandikan anak. Saya selalu senang jika sudah memandikan anak, kalau sekarang Saya selalu membiarkan anak-anak bermain dulu di kamar mandi,biasanya anak-anak mainan air dengan wadah-wadah semisal mangkuk, botol air, corong air, poci dan beberapa mainannya setelah kira-kira 10-15 menit mereka bermain barulah saya membersihkan badannya satu persatu gantian antara Arfa dan Hanaan. Biasanya kalau terlalu lama bermain nantinya mereka suka berantem rebutan mainan atau malah saling siram, Saya suka sampai emosi juga kalau keduanya sudah berantem dan menangis. Hehe.

Bagi para Ayah yang belum pernah mencoba ikut memandikan anak, tentunya bisa ikut mencobanya lho. Kadang saya suka mandi bareng juga sama anak-anak, berhubung kedua anak saya cowok kali yah. Gak tahu deh kalau anak cewek, mungkin kalau anak cewek mamamnya aja deh yang mandiin. Ternyata sudah terbukti lho aktivitas memandikan anak, atau mandi bersama anak akan menumbuhkan kedekatan (bonding) antara Ayah dan anak. Selain aktivitas mandi seperti biasanya, kita juga bisa mengajaknya belajar juga tentunya yang menggunakan media air. Selamat mencoba ya ^^

Salam

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. April

    anakku sulung kalau ayahnya lg ada di rumah, mesti lbh milih mandi sama ayah :))

    • papapz

      haha so pasti anak cowok pasti milih ayah ^^

  2. Nasirullah Sitam

    Heee, kalo di ruma, aku sering mandiin keponakan :-D Seru banget hehheheh

    • papapz

      wah nanti lebih seru mandiin anak sendiri mas ^^

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *