6

Selamat Hari Ayah ^^

Selamat Hari Ayah

Sebenarnya Saya baru tahu di Kaskus kemarin kalau tanggal 12 November disebut-sebut sebagai Hari Ayah yang diperingati di Indonesia. Dan Hari Ayah pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November. (Sumber: Wikipedia)

Sebenarnya Saya gak gitu ngeh juga dengan Hari Ayah dan Hari Ibu yang kebanyakan orang mungkin memperingatinya setahun sekali dengan memberikan sesuatu kepada Ayah dan Ibu. Saya hanya tertarik aja dengan adanya Hari Ayah ini, karena sekarang Saya adalah seorang Ayah. Dan hari-hari Saya full banget jadi seorang Ayah. Mungkin bagi Saya, tidak tepat juga kalau Hari Ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Mungkin bagi Saya setiap hari adalah Hari Ayah hehe.

Tapi ngomong-ngomong kalau harus cerita tentang Ayah, walau Saya sudah menjadi Ayah tapi Saya juga ternyata masih seorang anak dari seorang Ayah. Hmm.. Ayah memang sosok spesial walau dalam pikiran Saya kurang bisa mengingat momen-momen spesial bersama Ayah. Sewaktu kecil, Saya tidak terlalu dekat dengan Ayah. Karena Ayah sering merantau dan meninggalkan Saya bersama Ibu. Mungkin Saya lebih dekat dengan Ibu, tapi bakti Saya kepada Ayah sepenuhnya ingin Saya berikan juga kepada Beliau yang telah mendidik dan membesarkan Saya.

Ayah merupakan seorang yang sedikit keras, bukan kasar tapi kalau sudah pengen A pasti harus A. Dan orangnya harus benar-benar diyakinkan jika ingin sesuatu jika tidak nanti dia akan galau dan plin plan. Terkadang suka nyeletuk sesuatu yang sebenarnya gak penting dan kadang bikin gak enak hati. Tapi walau begitu, pada dasarnya  Ayah adalah sosok yang baik dan telah berusaha untuk menjadi kepala keluarga yang baik hingga saat ini dua anaknya telah menikah dan berkeluarga. Saya sangat salut sama Ayah Saya dan do’a terbaik pasti Saya akan panjatkan agar Ayah Saya senantiasa dijaga Allah dan diberikan kemudahan dan keberkahan dalam kehidupannya.

Ketika Saya kini menjadi seorang Ayah, Saya ikut merasakan kerasnya kehidupan dan merasakan bagaimana susahnya menjadi seorang kepala keluarga. Terkadang Saya galau namun ketika Saya introspeksi lagi Saya terus menyemangati diri Saya agar selalu kuat dan yakin bahwa akan ada hari esok yang lebih baik lagi. Aamiin..

Dalam sebuah hadits Rosulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam memang telah disebutkan keutamaan seorang Ibu yang sampai disebutkan 3 kali dibanding Ayah. Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Tapi tentunya, peran Ayah akan melengkapi peran penting seorang Ibu. Memang bukan Ayah yang mengandung, melahirkan, dan menyusui. Namun, sosok pemimpin, sosok pemberani, sosok pelindung, sosok seseorang yang kuat hadir dari seorang Ayah. Saya sangat bahagia ketika anak-anak rebutan gendong ketika pulang kerja, Saya sangat senang melakukan berbagai aktivitas bersama anak, makan bersama, mandi bareng, bermain dan yang lainnya. Saya adalah seorang Ayah dan Saya bangga menjadi seorang Ayah. Walau tanggal 12 November hanyalah sebagai simbol penghormatan bagi seorang Ayah yang diperingati setiap tahunnya. Namun tentunya pengorbanan, cinta, dan kasih sayang seorang Ayah akan tercurah setiap harinya, setiap detiknya. Selamat Hari Ayah untuk semua..

hari ayah

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

papapz

Kang Ian a.k.a Papap Arfa. Bekerja sebagai Manager Station Radio Kita FM Cirebon, merangkap sebagai penyiar juga. Bercita-cita ingin menjadi pelopor blogger yang mewakili kalangan suami dan ayah.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *