Papap.. Gak Baik Lho Begadang Terus

Banyaknya pekerjaan terkadang membuat kita harus begadang. Namun apakah baik untuk kesehatan jika kita terus begadang setiap malamnya?

efek begadangMelek di malam hari untuk melakukan berbagai aktifitas biasa disebut begadang. Banyak orang melakukan kegiatan begadang dengan berbagai tujuan. Namun yang paling identik adalah begadang untuk bekerja. Karena kalau begadangnya cuma buat hal yang sia-sia, kayanya percuma aja kali yah. Soalnya gak ada manfaatnya kan?

Bagi yang sudah terbiasa bekerja di malam hari begadang mungkin tidak akan menjadi masalah. Beberapa pekerjaan memang ada yang terpaksa harus terus nonstop 24 jam jadi ada sistem shift disana. Nah bagi yang terkena shift malam sudah pasti nanti pas siangnya harus tidur dan istirahat untuk mengganti waktu istirahat yang terpakai untuk bekerja di malam harinya. Namun bagi orang yang sudah memiliki waktu kerja normal tentunya harus membagi waktunya agar waktu istirahat anda cukup. Dan dengan begadang yang sia-sia maka akan membuang sebagian waktu istirahat kita.

Biasanya orang yang begadang akan bangun kesiangan. Dia akan malas bangun pagi. Atau kalaupun bisa bangun untuk sholat shubuh, nanti dia akan cepet narik selimut lagi buat lanjutin tidur. Dulu waktu masih bujangan, kuliah dan nyambi kerja di sebuah warnet saya hampir begadang tiap malam karena shiftnya dari jam 16.00 sore sampai 24.00 tengah malam. Habis itu kadang gak langsung tidur. Walhasil biasanya kalau besok ada mata kuliah yang kurang disuka mending bolos pura-pura kesiangan alasannya hehe. Nah, kebiasaan itu terkadang terbawa-bawa sampai sekarang deh.

Begadang juga akan membuat badan sakit-sakit, pegal, lemas dan menjadikan kita kurang semangat di keesokan harinya. Apalagi yang memang harus beraktifitas normal seperti masuk kuliah atau masuk kerja di pagi hari. Waduh.. malesnya deh karena kurang tidur kan?

Sebenarnya banyak deh efek negatif dari begadang, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan. Dan biasanya akan dimarahin sama istri juga wkkw.

Nah solusinya jika memang ada pekerjaan yang harus diselesaikan, pilihlah waktu di pagi hari. Jadi lebih baik tidur dulu, nanti segera bangun di jam 2-3 dini hari. Selain bisa sambil sholat malam, pikiran juga akan fresh untuk berpikir dan melakukan pekerjaan-pekerjaan kita.

Anda masih suka begadang? Lebih baik dikurangin deh. Nurut apa kata bang haji rhoma irama deh hehe.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Ely

    jaman skrg banyak banget yg hobi begadang bahkan mungkin kebiasaan ya… pdhl dampaknya buat tubuh gak baik :(

    • papapz

      iya.. kebiasaan yang kurang baik tapinya ^^

  2. yola

    Gk suka klo suamii begadang.. klo dy na bgadang aku jg ikut2ann

    • papapz

      katanya gak suka tapinya ikutan ^^

  3. Wahyu Yuwono

    Saya masih berusaha untuk gak begadang. Alasan utama begadang pengen ngeblog karena paket siang gak ada. kalo masuk kuliah jam 7 pagi baru bisa gak begadang :D.

    Saya juga udah baca di forum – forum banyak negatif dari begadang. Kayak penurunan stamina, dan kualitas sperma, trus pinggang sakit, jerawatan, otak juga jadi bekerja 5 th lebih tua.

    • papapz

      hehe .. asal jangan tiap malam aja karena pasti ada efeknya :D

  4. Sunandar

    begadang juga membuat mata kita berat untuk dibuka :D pengennya nutup terus hahaha

    • papapz

      iya pastinya pengen tidur terus nantinya :)

  5. @bangsaid

    Sejak punya anak saya malah sering bangun malam. Ga sampe begadang sih… malah jauh – jauh dari begadang. Sekali-kalinya begadang paling buat desan

    • papapz

      iya mas.. kalau itu sih saya juga pernah ngalamin hehe selamat jadi ayah :)

  6. wi3nd

    sayangnya om rhoma ga jadi nyapres ya,coba kalo jadi begadang dan lembur kerja akan di hapuskan
    karna begadang itu tak baik tak ada artinya :mrgreen:

    • papapz

      xixi ya benar mba wiend sayang pak rhoma g jadi nyapres..

  7. maminxblog

    Begadang jangan begadang kalau tiada artinya :D. gimana kang istri sudah lahiran? siap-siap ya dirumah 2 anak jadi lebih seru, hehe

    • papapz

      belum kang.. masih menghitung hari.. hehe pastinya tuambah rame deh :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *