TIPS SUAMI

Tips Ketika Bertengkar Dengan Istri

Pertengkaran dengan istri seringkali terjadi dengan banyak sebab. Dan ketika marah istri pun terkadang bisa juga seperti singa buas yang siap menerkam hehe. Jangan salah lho.. apalagi jika istri kita memiliki karakter keras. Sepertinya istri tidak akan takut menghadapi suami yang dipikirnya ngeyel. Istri pasti akan mengeluarkan sejuta omelan yang terkadang membuat kuping sang suami panas dan juga memicu emosi untuk bertengkar dengan istri.

Nah, ketika situasi seperti ini.. seorang suami dituntut untuk menjadi seorang yang pandai membawa dirinya. Memang terkadang ego suami pun tinggi dan tidak ingin direndahkan istri dan biasanya di awal-awal pernikahan akan sulit seorang suami mengalah dan ingin juga menang sendiri.

ketika bertengkar dengan istri

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan suami ketika dia sedang bertengkar dengan istrinya, yuk simak:

1. Bersabar. Hmm.. sabar memang selalu mendatangkan kebaikan. Tapi sabar disini bukan berarti diam aja. Mau tidak mau suami juga harus memiliki wibawa. Terkadang ketika bersalah, suami juga tak ingin diomeli begitu saja. Dan ini langkah pertama, diharapkan dengan bersabar dan berusaha menyikapi dengan kepala dingin suami akan terhindar untuk juga bersikap sama bahkan akan lebih ekstrim terhadap istrinya.

2. Berusaha menenangkan istri dan tidak meladeni sedikitpun ocehannya. Seperti yang dikatakan di awal, dibalik kelemahan dan kelembutan seorang istri jangan sangka tidak ada kekuatan padanya. Ketika tertekan dan bebannya sudah tak sanggup lagi dia pikul, maka dia akan segera seperti gunung merapi yang siap meletus dan mengeluarkan laharnya. Hii serem kan hehe.

3. Kalau kesalahan itu memang asalnya dari diri seorang suami. Maka lebih baik suami yang meminta maaf terlebih dulu. Mungkin sering suami datang terlambat, atau di hari libur pun seperti saya harus tetap masuk untuk rapat dan pekerjaan lain. Nah, biasanya istri tertekan karena harus mengurus si kecil sendirian sementara orang lain libur bersama keluarganya.

4. Terkadang sikap istri juga menjengkelkan, cerewet, sukanya nyuruh-nyuruh dan gak mau ngertiin suami. Kalau udah kaya gini sebenarnya wajar juga kalau suami ngeluh berharap istri juga bisa mengerti suami. Nah, disini saya berharap agar para istri juga introspeksi bahwa bukan suami saja yang banyak kekurangannya tapi istri juga sama saja jadi gak usahlah istri terlalu cerewet apalagi di saat suami lelah dan stress dengan pekerjaannya. Itu hanya akan memicu pertengkaran aja.

4. Menasihati istri agar dia sadar dan gak usah memicu pertengkaran. Malu kan sama tetangga kalau sampai ketahuan sering bertengkar? Kalau dia semakin menjadi dan histeris, biasanya ada barang yang dilempar atau memukul-mukul suami. Maka ada dua alternatif. Pertama ketika dia menyuruh kita pergi, maka lebih baik pergi saja dulu menjauhi istri sampai keadaan istri tenang. Tapi ingat loh jangan pergi ke rumah janda wkwk. Kedua. Ladeni saja istri sebisanya, bantah dan kemukakan argumen walau saya pikir itu percuma apalagi istri sedang emosi tingkat tinggi. Jangan biarkan kita kalah, kalau dia berusaha memukul diamkan biar dia pukul kita atau kalau sudah merasa sakit, pegang tangannya kuat-kuat lalu tenangkan sebisanya biasanya istri akan masih histeris dan bilang pada kita ” papa jahat.. bla..bla…” sambil nangis-nangis. Nah peluklah istri kita dan tenangkan seperti layaknya menenangkan anak yang lagi nangis. Usap kepalanya dan ajak dia tidur di kasur atau duduk di kursi untuk menenangkan dirinya. Biasanya istri akan masih merajuk tapi dijamin marahnya akan reda karena biasanya masalah pemicu pertengkaran hanya sepele dan sudah pasti istri butuh kita kecuali kalau suami sudah terbukti salah misal ketahuan selingkuh wkwk kalau gitu mending kabur aja deh atau langsung menyerahkan diri ke pihak yang berwajib hehe.

6. Setelah pertengkaran selesai. Dan sudah pasti bikin lelah. Minumlah segelas air putih. Selanjutnya langsung minta maaf ke istri dan menasihati istri dengan baik. Terus motivasi istri agar dia menjadi istri yang baik dan solehah. Masalah sudah pasti ada namun pertengkaran buknlanlah jalan satu-satunya.

Yuk jadi pasangan yang harmonis. Suami istri yang kompak dan selalu rukun.. terbukalah selalu dan dekatkan komunikasi. Insya allah keluarga akan tetap utuh. Aamiin.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Terima Kasih telah berkunjung dan membaca artikel di papapz.com. Apabila Anda ingin mendapatkan pemberitahuan untuk setiap postingan yang baru. Silakan masukkan alamat email anda untuk berlangganan konten blog papapz.com:

Delivered by FeedBurner


banner aplikasi kita fm android

6 Comments

  1. bule

    pasutri tengkar sih biasa,normal, asal :
    1.tidak sering
    2.tanpa banting ini itu yg merugikan aset
    3.hanya terkait urusan kurang perhatian,kurang pujian,kasih sayang dll
    tapi jika tengkar karena urusan:
    1.suami ketahuan hamili wanita lain
    2.istri/suami kepergok zina badan
    3.suami/istri kabur dengan selingkuhan
    maka urusan tengkarnya berbeda,bisa mengarah pada perceraian.

    • papapz

      haha, bener setuju banget.. :D hati-hati ..

  2. Terimaksih tipsnya pak. Sangat membantu saya, yang masih belum menikah :)). Karena saya perlu belajar tentang makna pernikahan, dan menjalani pernikahan. Nantinya.

    • papapz

      semoga bermanfaat dan menginspirasi hehe

  3. Kaaang…
    makasih udah share tips nya yaaah :)

    Aku walopun udah nikah lebih dari 11 tahun ama si abah, tetep aja suka berantem dan pa baeud baeud…ngambek maksudnya…hihihi…

    Mudah2an rumah tangga kita bisa harmonis terus yaaah :)

    • papapz

      sama-sama teh..
      ya namanya pasutri pasti deh yang namanya marah-marah mah :D
      yang penting tetep harmonis deh ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>