Papap.. Inilah Yang Harus Diperhatikan Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget!

Anak kecil bisa saja kecanduan untuk memainkan gadget. Salah satunya adalah smartphone android yang lagi trend saat ini.

Smartphone android adalah salah satu produk kecanggihan teknologi yang sudah banyak dipakai orang saat ini. Banyak aplikasi dan game yang bisa dijejalkan di dalamnya apalagi jika smartphone tersebut memiliki spek yang cukup tinggi.

Anak-anak memang terlahir dengan sangat polos. Kecerdasannya akan berkembang seiring waktu atau bisa juga dirangsang dengan stimulasi untuk mempercepat perkembangan kecerdasan otaknya.

anak dan gadget

Kalau dulu banyak orang tua yang memberikan mainan-mainan yang sifatnya edukatif dan juga program-program atau game komputer yang sifatnya memberikan pendidikan dengan cara pendekatan bermain.

Namun kini dengan seiring kecanggihan teknologi, banyak vendor aplikasi dan game yang membuat aplikasi dan game edukatif dan tentunya jika kita memiliki smartphone android maka kita bisa mengunduhnya dengan gratis dan bebas menginstalnya.

Sebenarnya saya juga diberikan fasilitas kantor berupa hape smartphone android untuk beberapa keperluan monitoring. Namun ternyata saya telah salah memberikan dan mengenalkan berbagai aplikasi,game dan video kepada si kecil. Walau belum tahap yang parah, namun jika dia mulai bete dan gak ada temennya pasti deh dia ingin sekali meminjam hape tersebut untuk mainan atau nonton video.

Sebenarnya sih dari sisi konten bagus dan tidak berbahaya tapi salah juga jika orang tua memberikan gadget tersebut agar anak diam dan tidak rewel. Jika satu saat nanti dia bete dan dicuekkin maka dia akan menjadikan gadget tersebut sebagai pelarian. Dan ia akan asyik sendiri, berjam-jam dan tidak akan menghiraukan orang di sekitarnya bahkan ortunya sendiri. Nah lho gawat kan?

Oleh karena itu jika kita akan memberikan fasilitas gadget kepada anak apalagi jika gadget tersebut terkoneksi dengan internet, maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut agar anak tidak kecanduan:

  1. Perhatikan usia anak anda. Tentunya tidak bijak jika anak dengan usia 2 tahun dilepas begitu saja untuk diberikan sebuah gadget semisal smartphone. Dia belum bisa menjaga mainannya, sudah pasti jika dia kesal bisa saja dia akan membantingnya dan merusaknya.
  2. Menurut saya, sebenarnya tidak ada usia yang pas sebagai alasan anak boleh memakai smartphone sendiri. Karena ini kembali kepada anak itu sendiri apakah dia bisa bersikap bijak dan bertanggung jawab? Apalagi jika dia masih kecil maka jika dia sudah asik dia akan berat untuk melepasnya begitu saja. Dan tentunya repot kan jika anak sudah mulai kecanduan?
  3. Tidak usah mengkoneksikan dengan internet dan menginstal begitu banyak aplikasi. Tentunya jika memang anda punya anggaran untuk membeli gadget khusus untuk anak. Jika terkoneksi internet dia akan bisa menginstal aplikasi sendiri dan mungkin membuka youtube sendiri dan yang lainnya. Bahaya kan?
  4. Jika anda meminjamkan gadget anda pribadi maka anda harus terus memantaunya jika tidak bisa jadi data-data penting anda tanpa sengaja terhapus oleh si kecil atau jika sudah kecanduan anda akan repot jika anda meminta smartphone anda untuk keperluan anda sendiri.
  5. Hendaknya beri batasan waktu jika dia memang ingin memakai smartphone/gadget. Jika tidak dia akan kebablasan sampai mungkin baterainya habis atau sampai dia bosen sendiri. Hal ini yang akan membuatnya kecanduan dan dari sisi kesehatan juga tidak baik karena akan mengakibatkn malas beraktivitas dan juga akan membuat matanya lelah karena terus memandang layar gadget.
  6. Berikan kesibukan lain agar dia tidak terpaku dengan hanya bermain gadget. Berikan mainan lain yang tidak kalah seru dan edukatif. Dan yang lebih penting temani terus aktivitas anak jangan sampai orang tua juga malah sibuk sendiri dengan gadgetnya. Aneh kan? Karena anak pasti akan mencontoh orang tuanya.
  7. Bisa juga dengan mengajak anak bermain ke luar rumah dan bertemu teman-teman sebayanya.

Nah demikian beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua agar anak tidak kecanduan gadget, smartphone dan semisalnya. Semoga bermanfaat.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Adi

    Anakku juga sudah pintar main gadget nih, padahal umurnya baru 3tahun. Tapi ga sering sih…

    • papapz

      hehe asal gak sering-sering aja :D

  2. Nur Ichsan

    Teknologi emang ada baik dan buruknya.. Akan baik dan bijak jika orang dewasa mengontrol penggunaanya..

    • papapz

      orang dewasa aja sering kebablasan tentunya jangan sampai anak kecil ikut terkontaminasi :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *