Tomat dan Brokoli Ternyata Ampuh Mencegah Kanker Prostat

khasiat tomat dan brokoli

Sayuran memiliki nilai gizi yang baik untuk manusia, banyak kandungan vitamin dan serat yang terdapat di dalamnya. Bagi Anda para Ayah yang gemar mengonsumsi sayuran, ada berita baik lho untuk Anda. Apa itu?

Seperti yang saya kutip dari AyahBunda.com, ternyata selain menyehatkan tubuh, sayuran terutama jenis tomat dan brokoli yang dikonsumsi secara bersamaan, terbukti lebih ampuh dalam mencegah kanker khas pria. Yakni kanker prostat, ketimbang bila masing-masing dikonsumsi secara terpisah. Dan khasiat kombinasi brokoli dan tomat ini ditemukan tim peneliti University of Illinois, AS, yang diketuai Prof. John Erdman, pakar nutrisi dan ilmu gizi.

Dalam risetnya menggunakan tikus-tikus jantan yang telah “disisipi” sel-sel kanker prostat, diteliti pengaruh 2 jenis diet. Diet pertama berupa kombinasi 10% bubuk brokoli (mengandung senyawa finasteride) dan 10% bubuk tomat (mengandung senyawa likopen). Sedangkan diet lainnya masing-masing berupa bubuk brokoli serta bubuk tomat saja.

Hasilnya, setelah 22 minggu, tikus-tikus jantan yang mengonsumsi diet kombinasi, perkembangan sel-sel kanker prostatnya berkurang drastis. Menurut Prof. Erdman, kedua jenis bioaktif antikanker yang terdapat pada masing-masing sayuran bekerja sama secara lebih efektif bila dikonsumsi bersama-sama.

Wakil ketua tim, Kirstie Canene-Adams menyatakan, bagi para pria yang ingin memperoleh khasiat dari kombinasi tomat dan brokoli ini, konsumsilah secara rutin 1,4 cangkir brokoli mentah dan 2,5 cangkir tomat segar atau 1 cangkir saus tomat atau ½ cangkir pasta tomat. Hmm, Apakah Anda tertarik untuk mencoba “resep” sehat ini? ^^

Kalau jujur, saya sebenarnya kurang begitu suka dengan tomat dan brokoli yang dimasak. Paling banter, tomat dimakan mentah atau di jus! Tapi sepertinya jika memang terlihat manfaatnya, harus dicoba juga sih! Betul gak? Waspada juga lho bahaya kanker prostat untuk Anda para Ayah… ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Ope

    tomat kebetulan kesukaan ane tuh

    • papapz

      iya mas bagus loh buat kesehatan :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *