Cara Melatih Anak Untuk Bisa Pipis Sendiri

Mempunyai anak yang masih suka ngompol memang sedikit merepotkan. Saat ini usia arfa udah 2 tahun, tapi dia masih suka ngompol dan belum respek untuk ngomong mau pipis. Biasanya dia bilang pipis..pipis kalau pipisnya udah. Walhasil kalau gak pake diapers/clodi pasti deh bikin repot. Kasur diompolin.. lantai harus sering dipel karena Arfa suka ngompol dimana-mana.. belum lagi kalau ada baju kering yang belum dilipat waduh kadang suka ngompol disana juga :D

Tapi baru malam tadi, Arfa lebih respek untuk minta pipis di kamar mandi.. Jadi frekuensi ngompol gak terlalu sering namun yang pastinya kalau pas lagi ngantuk-ngantuknya Arfa suka bangunin dan minta pipis ke kamar mandi, bahkan semalam minta pups (walau sebenernya gak jadi, dan cuma kentut aja :D) jadi agak gemes juga sama deh Arfa.

pipis sendiriHmm.. melatih anak agar bisa pipis sendiri memang butuh waktu dan proses. Terutama jika ia sudah bisa diajak berkomunikasi, maka akan lebih mudah untuk mengajarinya. Sebenarnya saya dan istri selalu memberikan pengertian sama Arfa untuk bisa pipis/pups di kamar mandi. Beberapa diantaranya sih Arfa berhasil untuk ngasih tahu, tapi kalau udah kebelet untuk pipis/eeq maka hasilnya dia akan pipis/pups dimana saja dan kapan saja.

Kalau mau sedikit repot, memang kita harus bisa memprediksikan berapa kali anak pipis dalam sehari. Nah jika misalkan satu jam sekali dia ngompol, maka kita bisa membawa anak ke kamar mandi untuk pipis di kamar mandi, tentunya dengan harapan mudah-mudahan ketika dia ingin merasa pipis ia akan langsung ke kamar mandi atau mengajak kita ke kamar mandi. Begitu juga kalau dia mau bobo atau bahkan sedang bobo, kalau dia punya rasa sensitif yang tinggi dia akan bangun dan bilang mau pipis.

Sebenarnya usia anak berapa sih bisa diajari untuk pipis sendiri/ditatur? Jawabannya mungkin relatif juga kali yah tergantung kemampuan si anak dan pengajaran dari orang tuanya. Ada yang di usia 1 tahun dia udah bisa ditatur, tapi ada juga di usia 2, atau 3 tahun. Kalau udah gede tapi masih ngompol itu sih namanya keterlaluan ya? Hehe..

Nah, intinya sih terus berikan pengertian sama anak untuk bisa pipis/pups di kamar mandi terutama ketika anak gak pake diapers. Karena repot banget kalau anak sudah gede namun masih diberikan diapers. Nanti dia akan selalu pipis di celana dan tidak mau bilang kalau dia mau pipis. Terus berkomunikasi dan tanya anak di waktu-waktu tertentu jika dia sudah lama belum pipis. Tapi kalau usia anak masih kecil sih tidak mengapa kali ya.. kecuali seperti anak saya yang udah lagi belajar ngomong dan sudah bisa diajak berkomunikasi, antara usia 2-3 tahun ke atas.

Demikian sedikit share pengalaman saya. Semoga Arfa gak ngompol lagi ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. cafe

    anak sy kl mau tdr selalu minta susu dl. minimal 180rb br ga rewel disuru tdr.. gmn ya supaya bs stop pampers di malam hari? jujur sy blom berani lepas pampers di malam hari krn selama ini setiap pagi pampersnya selalu penuh banget.. sy tkt malah ngompol..

    • papapz

      kurangi frekuensi sufornya dan terus dibelajari untuk pipis di toilet ^^

  2. cafe

    anak sy sdh lulus tt siang hari, tp malam hari sy masih blm yakin utk lepas pampers krn setiap mau tdr anak sy selalu minum air putih sebotol 120ml. dan sampai skrg pampers nya selalu penuh setiap pagi. bagaimana caranya supaya bs lepas pampers di malam hari ya bun? pernah sekali sy lepas pampers dan membangunkan dia utk pipis, alhasil malah menangis dan uring2an

    • papapz

      ya memang kesiapan anak untuk tidak ngompol apalagi di malam hari ketika tidur itu berbeda-beda.. biasakan untuk tidak minum susu sebelum tidur, rutinkan untuk pipis sebelum tidur, jika memang masih dikhawatirkan akan ngompol ya tidak apa-apa memakai diapers/popok terlebih dulu..

  3. dr rochelle skin expert

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    • papapz

      aamiin :)

  4. anis

    kata psikolog yang kebetulan tiap 2 bulan sekali mengisi konsultasi ustadzah di sekolah saya, mengatakan kalau anak telah benar- benar siap untuk toilet trainning untuk perempuan 2 tahun, sedangkan laki- laki lebih tua yaitu 2,5 – 3 tahun.
    Namun itu teori, kalau kita sebagai orang tua telah sedini mungkin untuk mengajarkan anak toliet training dg cara mengingatkan/ mengajak anak untuk pipis/pups di toilet saya yakin sebelum usia tadi anak telah siap untuk toliet trainning

    • papapz

      yups bener banget mbak.. usia arfa memang masih 2 tahun.. masih diwajari pula kalau dia masih suka ngompol.. tapi saya yakin insya allah seirinng bertambah usianya nanti juga dia bs pipis/pups sendiri .. makasih mbak sudah mampir :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *