Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur

Akhir-akhir ini Arfa tidurnya suka malem terus, pernah pukul 22.30 baru bisa tidur itu juga udah dipaksa-paksa banget sampai kena marah papapnya dech hehe. Ngomong-ngomong masalah anak susah tidur memang sudah jadi masalah klasik kali yaa buat para Ayah dan Bunda. Memang sih banyak faktor yang membuat anak menjadi susah tidurnya, namun tentunya para orang tua harus punya solusi dong agar anak gak ikutan begadang (kaya saya :D). Nah salah satu tips agar bayi/batita/balita bisa cepat tertidur adalah dengan memijatnya.

Pemijatan pada bayi memang masih jarang dilakukan, apalagi bagi orang tua yang sibuk bekerja. Boro-boro kepikiran mijit anak kali yah, orang sendirinya aja lelah dan enaknya sih pengen dipijat juga (apalagi kalau plus-plus hehe). Padahal.. pemijatan pada bayi ini banyak sekali loh manfaatnya.

Seperti yang saya baca dari situs detik.com, salah satu manfaat melakukan pemijatan pada bayi adalah akan membuat bayi merasa nyaman karena efek ‘skin-to-skin’ antara bayi dengan ayah atau ibunya. Selain itu juga, pemijatan pada bayi dapat membuat bayi lebih rileks. Dengan melakukan pemijatan pada bayi selama lebih kurang 15 menit sebelum tidur akan menjadikan bayi lebih cepat tertidur dengan lelap dan lama. Tentunya jika bayi bisa tidur lelap, maka hal ini akan menunjang pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih baik lagi.

pijat bayi

Tak hanya itu, pijat bayi juga bisa mencegah bayi mengalami kembung loh. Ini sebagai salah satu efek dari rileks yang ia rasakan. Dan bonding atau ikatan antara ayah atau ibu dengan bayi juga akan tercipta secara alami. Apalagi jika tentunya pijat bayi ini dilakukan secara rutin, baik sesaat sebelum bayi tidur maupun setelah bayi dimandikan.

Nah, lalu cara pijatnya bagaimana sih? Caranya adalah .. lakukan pijat bayi secara bertahap yaitu awalnya dengan memijat bagian kepala bayi, kemudian pijat bagian punggung, dan terakhir bagian tangan serta kaki bayi. Jika memungkinkan, gunakan minyak telon agar bayi merasa lebih hangat dan nyaman. Gampang kan? Tentunya pijat bayi berbeda dengan memijat orang dewasa yang harus pake tenaga lebih. Lakukan perlahan, seperti mengusap namun ada sedikit penekanan pada otot bayi. Hal ini agar otot-otot yang tadinya tegang karena bayi/batita/balita banyak melakukan aktivitas bisa menjadi lebih rileks. Dan justru ini yang bisa bikin anak kita nyaman. Kaya anak saya Arfa, dia keenakan kalau udah dipijat. Maklum dia sangat aktif, berlari, belajar melompat, berjalan kesana kemari jadi mungkin suka kelelahan dan akhirnya kalau tubuhnya capek dia akan susah tidurnya.

Buat Ayah dan Bunda, coba yuk tips  di atas! Biar si kecil cepat tertidur dengan pulas 🙂

One Reply to “Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur”

  1. kalau ponakan saya om papz, dibawa ke pijat bayi setiap hari sabtu atau minggu, ntah seminggu sekali kayaknya, soalnya dibawa jalan terus, jadi dibawa ke pijet biar gak rewel, hm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *