Yuk Menjadi Blogger Yang Jujur!

Kalau diperhatikan, mungkin masih banyak blogger yang sampai saat ini masih bingung dalam menentukan tujuan ngeblognya. Oleh karena itu, walaupun sudah lama ngeblog, mereka masih saja belum merasakan kenikmatan yang sesungguhnya dalam ngeblog. Atau dalam kata lain, belum sama sekali merasakan sebuah suasana yang enjoy, nyaman dan bahagia dengan apa yang telah dia lakukan selama ini dengan blognya. Yeah, itu memang tidak terlepas dari sifat manusia yang memang seringkali terkena penyakit bosan dan malas dalam melakukan sesuatu. Tapi sudahkah anda bertanya pada diri sendiri, sebenarnya apa sih tujuan saya ngeblog? Dan apa yang sudah saya capai hingga saat ini dengan blog saya?

Kejujuran dalam berbagai hal memang penting. Termasuk dalam urusan ngeblog. Mungkin terlalu berlebihan apabila kita menganggap blog adalah segalanya. Tapi dengan keseriusan dan optimalisasi penuh, saya rasa itu sangatlah wajar. Apabila kita pada satu saat nanti menginginkan sesuatu yang lebih dengan blog yang kita miliki.

Kejujuran dalam hal ini didefinisikan sebagai sebuah perasaan yang benar-benar keluar dari dalam hati dan nurani kita untuk mengeluarkan seluruh aspirasi dan imajinasi kita dalam melakukan aktivitas ngeblog. Baik itu dari sisi tampilan, ataupun dalam sisi konten. Jadi pada intinya, kita berusaha untuk total dalam semua kegiatan ngeblog kita. Total dalam hal ini, adalah menyeluruh dan tidak setengah-setengah dan selalu berusaha menjadi diri sendiri.

Sebenarnya saya kurang suka dengan para blogger yang sedikit ‘maksa’ dalam blognya. Semisal blog-blog yang fokus terhadap SEO tapi tidak mengindahkan aspek kenyamanan para pembacanya. Saya rasa mereka belum jujur dengan blognya sendiri, ataukah memang tujuan ngeblognya tidak sama dengan para blogger yang hanya fokus dan konsisten dalam membuat tulisan-tulisan yang bermutu dan bernilai tinggi plus membawa banyak manfaat bagi yang membacanya. Ah jangan sampai saya salah menjudge ya? Toh memang orientasi masing-masing blogger itu berbeda-beda. Tapi dalam hal ini, saya selalu menghimbau bahwa apabila kita ingin eksis dalam dunia blogging, maka alangkah baiknya kita selalu mengkondisikan blog kita dengan semua aspek yang ada dalam dunia blogging. Misalnya aspek pembaca yang berwujud manusia dan pembaca yang bersifat mesin (search engine). Memang ada perbedaan tujuan dari kedua aspek pembaca ini, tapi alangkah bijaknya apabila kita bisa menyelaraskan kebutuhan pembaca ini dengan membuat sebuah blog yang memang wajar, berisi tulisan yang sarat keyword tapi masih tetap enak untuk dibaca oleh teman-teman kita.

 So.. pada intinya. Dengan adanya kejujuran dalam ngeblog, kita bisa menjadi diri kita yang lebih baik. Tidak berusaha membohongi diri kita dengan membuat sebuah blog yang isinya tidak sesuai dengan apa yang kita suka, dan tidak berusaha untuk menjadi orang lain. Menjadikan orang lain sebagai panutan memang boleh saja, tapi itu tidak menjadikan anda persis orang tersebut kan? Seperti ketika anda ngefans dengan Raditya Dika, apakah anda juga harus menjadi Raditya Dika dalam segala hal? Tentu tidak bukan? Alangkah baiknya kita menjadi blogger yang percaya diri dan memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain. Jadi, apakah anda sudah jujur dalam ngeblog? ^^

* Tulisan lama yang di re-posting!

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Ummi Qonita

    wah setuju banget papa, apa lagi bagi sy yang newbie, tujuan utamane sih buat referensi temen2 di nursaryroom

    http://www.susuibumenyusui.com

  2. Angga Kusuma Nugraha

    Sebenarnya saya kurang suka dengan para blogger yang sedikit ‘maksa’ dalam blognya. Semisal blog-blog yang fokus terhadap SEO tapi tidak mengindahkan aspek kenyamanan para pembacanya.

    saya juga pernah jadi blogger macam ini mang, sampe akhirnya saya sadar lagi apa tujuan saya ngeblog. pengunjung adalah yang utama kok, toh klopengunjung banyak tetep akan bagus dalam SEO secara tidak langsung

    ada juga anak2 jaman sekarang yang nulis blog yang gaya nya di maksa mirip2in sama blogger humor yang udah terkenal. saya kasian sebenernya sama mereka

    emang sih tiap orang punya target pembaca masing2 jadi ya udah emang mungkin target pembaca mereka orang kayak gitu
    yang penting orang yang nulis dan yang baca nyaman aja lah mang

    salam blogger

  3. Muslimedical

    setuju pak,

    oh ya, iklan dari GA nya ada yang porno tu, tolong disensor pak

  4. cerpen winterwing

    jujur dalam ngeblog. tujuanku ngeblog adalah berbagi cerpen lewat blog. sepertinya udah terpenuhi. silakan kamu periksa ya?
    itu yang bikin aku betah dan suka ngeblog. apalagi banyak teman di dunia maya. asyik …

    • papapz

      wah semoga cerpennya sukses ya . . ^^

  5. Said Rahman | @bangsaid

    Tujuan? Saya buat senang – senang aja… soalnya emang senang nulis :-D
    Satu lagi, berbagi

    • papapz

      yups tujuan ngeblog pastinya berbeda-beda ya mas :) semoga sukses blognya..

  6. Sani

    Ngeblog memang seharusnya memperhatikan konten yang nyaman dibaca oleh pengunjung, Namun disisi lain optimasi SEO saya rasa perlu juga karena tanpa itu meski tulisan kita sebagus apapun tetap saja jarang atau bahkan tidak ada yang membacanya karena tidak ditemukan di mesin pencari

    • papapz

      yups saya bukannya menihilkan SEO, hal itu tetep sangat perlu .. namun harus tetap mempehatikan aspek kenyamanan pembaca :)

    • Angga Kusuma Nugraha

      klo suka blogwalking dan nge-forum, ikutan kopdar pasti tetep ada yang berkunjung :)

      emang saya akui SEO itu perlu, tapi jangan sampe mengganggu kenyamanan pembaca aja

      IMHO loh ya

    • Angga Kusuma Nugraha

      Btw, berapa persen sih pengunjung blog anda yang datang dari search egine? :D

  7. Ilham

    Emang butuh waktu mas sampai kita bener2 bisa nemu momentum dan ide besar kita dalam ngeblog. Nulis yang narasinya bener2 keluar dari hati itu butuh dibiasakan dan rajin2 nulis, supaya akrab sama suara “writing voice” kita sendiri.

    • papapz

      yups bener banget.. yang penting jangan pernah berhenti menulis yaa..

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *