Peran Suami Ketika Istri Ngidam

Ngidam secara istilah kedokteran memang tidak ada. Namun istilah ngidam banyak sekali dipakai untuk mennggambarkan kondisi seorang wanita ketika sedang hamil muda. Seperti istri saya sekarang, hamil anak kedua.. dan ketika 3 tahun yang lalu pas hamil anak pertama saya, Arfa.

Saat-saat ngidam atau di trimester pertama kehamilan memang masa-masa yang cukup berat bagi seorang ibu hamil. Memang setiap wanita pasti berbeda-beda kondisinya, ada yang happy-happy aja tapi ada juga yang sampe parah (hyperemesis gravidarum) dan bisa sampe dibawa ke rumah sakit kaya istri saya dulu pas hamil pertama. Terkadang seorang wanita ketika baru saja hamil, tubuhnya akan mulai beradaptasi dengan adanya janin yang mulai berkembang di rahimnya. Dan kondisi ini yang menjadikan seorang wanita berasa enek, mual dan badannya lemes dan malas ngapa-ngapain. Itu pastinya gejala yang wajar, kalau pas istri saya dulu masa trimester pertama rawan banget. Heboh waktu itu pas lagi ngajar dia pingsan di sekolah dan langsung di bawa ke Puskesmas dan langsung di rujuk ke Rumah Sakit. Tapi alhamdulillah setelah di USG ternyata janinnya gak apa-apa dan sampe sekarang Arfa udah mau 2 tahun.

Nah sekarang, masa-masa repotnya ngidam kembali lagi saya rasakan. Tapi sebelumnya saya happy dong dan bersyukur atas nikmat yang diberikan ini. Banyak lho temen-temen saya yang udah lama nikah tapi belum juga diberikan momongan. Jadi walau repot tapi tetap disyukuri dan dinikmati ajah sebagai ayah :)

Peran suami ketika istri ngidam itu penting dan besar banget lho. Mau gak mau suami pasti terlibat, kan yang bikin istri hamil suaminya? hihi. Dan suami sebagai orang yang terdekat pasti harus menjaga banget kondisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya supaya selalu sehat sampai nanti waktu persalinan tiba. Waktu yang paling rawan dan harus banyak diperhatikan oleh setiap suami dalam menjaga kesehatan ibu hamil adalah ketika istri sedang hamil muda atau di trimester pertama. Kenapa? Karena di periode ini ibu hamil kondisi tubuhnya masih belum stabil, baik kondisi fisik maupun psikisnya. Perasaan gak enak selama ngidam tentunya gak akan pernah dirasakan oleh para suami, saya juga suka kesel koq sama istri kalau lagi manja banget apa-apa pengen saya yang ngelakuin, pengen makanan ini dan itu, hujan-hujan harus keluar hehe. Tapi ya mau gimana lagi.. hanya suami saja yang menemani istri sementara saudara, orang tua atau mertua gak ada. Jadi enjoy aja..

Selain harus menjaga kesehatan fisiknya dengan memberikan asupan yang baik terutama ketika ibu hamil malas makan, sering mual dan muntah dan badannya selalu gak enak. Suami pun harus tetap memberikan semangat dan motivasi kepada istri agar tetep survive dan bertahan, seringlah memeluk dan mencium keningnya tanda kita sayang padanya. Apalagi bagi yang baru hamil anak pertama, kalau saya kini harus membagi waktu antara istri yang hamil lagi, sama ngurusin Arfa mulai dari mandiin, nyebokin, nyuapin, ngajak main sampe ngelonin. Itu saya lakukan sebelum berangkat ngantor dan sesudah pulang, karena istri saya juga ngajar di sekolah dan ada pengasuhnya Arfa yang jagain pas orang tuanya kerja.

Hmm.. kalau dipikir-pikir capek juga sih hehe. Tapi ya itu tadi.. saya berusaha menikmatinya, anak satu aja saya bersyukur banget sampe saat ini Arfa masya allah cerdasnya, sehat dan ngegemesin banget apalagi ditambah anak satu lagi (cewek ngarepnya :D) tambah rame deh semoga pas lahir adiknya Arfa udah bisa pindah ke rumah yang baru gak ngontrak lagi karena kemarin baru beres bikin pondasinya aja. Do’akan ya teman-teman.. Ingat deh sekali lagi jangan kecewakan istri yang lagi hamil ya karena peran kita sebagai suami sangat besar dan sangat penting bagi istri kita ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Hanif Mahaldi

    ngidam paling berat apa om papz….? Pernah tanya2 juga, ada yg sampai disuruh istri manjat pohon kelapa dan ambil buahnya. Hehehe. Atau disuruh beli siomay diluar kota.

    • papapz

      hahay yang penting jangan aneh-aneh, kalau cuma sekedar makanan sih g papa asal dimakan aja jangan dibuang-buang :D

  2. Yos Beda

    jadi pengen cepet2 punya istri juga saya :’(

    • papapz

      haha.. kapan atuh?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *