Tips Menyapih Anak Menurut Pengalamanku

Karena udah tahu mamamnya mau punya bayi lagi, Arfa pun ceritanya disapih. Emang sih katanya bisa sampai maksimal 2 tahun, dan Arfa masih kurang 3 bulan lagi tapi ya sudahlah kadung mau punya adik lagi jadinya Arfa pun disapih. Bayangan pertama disapih, Arfa pasti rewel. Tapi setelah dijalani ternyata Arfa lancar-lancar aja disapih walau sekarang jadinya masih agak mencret pupnya karena keseringan minum susu formula atau mungkin juga makannya agak susah.

Menyapih anak memang gampang-gampang susah, walaupun tergantung gimana anaknya juga. Ada yang rewel dan ada yang enggak. Walau memang yang biasanya anak merasa nyaman ketika lagi nenen, sekarang jadi kehilangan waktu-waktu nenen bersama ibunya tersebut. Waktu nenen bagi anak usia 1 tahun ke atas itu bukan hanya sekedar karena haus atau lapar lho tapi dia butuh ketenangan dan kenyamanan, khususnya pas saat-saat mau tidur. Kaya Arfa aja, kalau dia nenen ya banyaknya kaya lagi dolanan soalnya kan anak segitu asupannya bukan hanya dari ASI, tapi juga udah ditambah dari makanan pendamping ASI atau dari susu formula.

Nah mungkin tips-tips menyapih anak versi pengalaman saya disini bisa Anda coba, khususnya buat para orang tua yang saat ini mau nyapih anaknya:

  1. Tentukan waktunya. Usahakan anak memang sudah masuk waktunya disapih. Kalau menurut saya, biarkan saja anak diberikan ASI sampai usianya 2 tahun. Kecuali kalau ibunya kerja dan gak bisa full nyusuin. Kalau Arfa dia disapih karena memang usianya mau 2 tahun dan mau punya adik lagi insya allah. Sebenarnya sih menurut pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001 usia 2 tahun ini bukan usia baku seorang anak untuk menyusu, tapi sebagai muslim saya meyakini usia menyusu anak sampai 2 tahun saja. (lebih lengkap cek disini)
  2. Mengurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk kita lebih mengenalkan sesuatu yang baru dari tekstur, rasa dan betuk dari makanan pendamping ASI (MP-ASI)
  3. Membulatkan tekad. Terkadang istri saya juga suka kasian kalau melihat anak yang mulai rewel tapi justru kalau kitanya gak yakin nanti anak malah tambah gak rela kalau dia mau disapih. Akhirnya ibu mertua deh yang terus ngeyakinin bahwa gak papa anak rewel sih itu biasa nanti juga bisa koq lepas dari nenennya.
  4. Minta dukungan anggota keluarga yang lain, terutama suami. Alhamdulillah pas kemarin Arfa mulai disapih ada neneknya yang nemenin jadi dia banyak diurus sama neneknya. Sementara mamamnya lagi mulai menikmati masa ngidam. Pas mulai disapih, biasanya anak suka rewel terutama di jam-jam tidur. Diharapkan anggota keluarga yang lain bisa membantu menemani anak bermain atau melakukan aktivitas yang lain dengan tujuan agar si anak bisa lupa untuk menyusu. Kalau mau tidur, Arfa sekarang banyak sama saya, saya temenin ngobrol, cerita, sampe mainan sampe dia cape kalau udah cape dan lampunya dimatiin pasti deh gak akan lama buat tidur.
  5. Untuk beberapa hari, biasanya anak akan rewel dan merengek minta susu ibunya. Kalau dia maksa, berikan sesuatu yang tidak disukai anak di puting susu ibunya. Kalau istri saya kemarin diberi odolnya Arfa hehe. Trus dibilang “nenennya lagi sakit.. udah ya Arfa kan udah gede nenennya buat dedek bayi“. Kasian memang ngeliatnya dan seperti merampas apa yang menjadi miliknya :D tapi lama kelamaan dia lupa dan gak mau kalau disodorin susu ibunya. Jadi tips ini diberikan secara insidental saja katanya sih cara seperti ini akan menimbulkan luka batin pada anak hehe jadi inget sama Arfa yang suka memandang nanar sama susu mamamnya yang dikasih odol. Kaciaaan..
  6. Berikan tambahan nutrisi yang lain sebagai pengganti ASI. Kalau Arfa semenjak usia 3 bulan udah dikasih tambahan susu formula karena mamamnya ngajar sih setengah hari, tapi cuman sekali aja. Nah sekarang karena udah gak nenen mamamnya, jadinya dia pengen minum susu formula terus. Sehari bisa 3-4 kali bikin susu. Tapi koq mencret yaa.. agak aneh juga sih apa kalau kebanyakan gak bagus juga karena kadang Arfa minum susu kotak dan jajanan lainnya juga. Nah untuk mengurangi pemberian ASI mungkin kita bisa nambah pemberian MP-ASI sebagai ganti nutrisi dari ASI.
  7. Sapih anak ketika kondisi anak sedang sehat. Karena kalau pas sakit anak sudah pasti lebih ingin mencari kenyamanan dan kedekatan dengan ibunya.
  8. Terus berikan perhatian dan kasih sayang. Apalagi Arfa mau punya adik lagi, takutnya dia nanti ngerasa gak disayang lagi. Kalau untuk saat ini Arfa banyak waktu sama saya karena mamamnya masih lemes di masa ngidam, masih cepet puyeng dan mual-mual.

Nah, demikianlah sedikit tips menyapih anak menurut pengalaman saya sendiri. Semoga bermanfaat.. kalau ada yang mau menambahkan saya persilahkan ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. maminx

    kalau istriku waktu menyapih anak pertama (kebetulan peristiwanya sama persis karna istri sedang hamil anak kedua sementara anak pertama belum 2 taun). Seringnya di kasih pengertian aja ke anak, di kasih tau kalau ibu udah ngerasa sakit menyusui, terus dikasih pengertian. Terus si ibu nya juga harus udah ikhlas ngelepas untuk menyusui sih :)

    • papapz

      iya kudu tega insya allah nanti juga anak terbiasa :)

  2. asepsaiba

    Nice tips kang…
    Semoga Arfa ‘lulus’ dengan baik ya dari program sapihnya… ^_^

    • papapz

      alhamdulillah udah lulus kang hehe

  3. WHIZ

    Kalo di daerahku pakek pahit2an yang diolesken disumber ASI mas…
    Jadi si balitai kepahitan hih

    • papapz

      ini juga pake odol koq mas terpaksa hehe

  4. Playfroze

    saya belum pnya anak… jadi belum pernah menyapih..
    tipsnya bisa saya simpan dahulu untuk persiapan nnti setelah menikah dan punya anak… ^_

    • papapz

      haha nikah dulu deh baru punya anak xixi

  5. ibrahim sukman

    karena istri kerja, umur 3 bulan si kakak udah disapih…miminya pake susus sapi. girasnya, ampun dech….kayak sapi kalau lagi ngamuk. 

    beruntunglah anak yang disapih sudah berumur 2 tahun. lebih beruntung lagi anak yang minum ASI secara ekslusive.

    situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan memaksa kami untuk berlaku demikian. bagaiaman menurut ente Papz?

    • papapz

      sama aja koq istri saya kan ngajar juga.. dia ASI sebelum berangkat dan pas pulang ya ASI terus kalau pake sufor kalau pas g ada ibunya aja.. ASI tetep prioritas lah kalau sufor cuma sebagai tambahan aja kan kandungannya gak selengkap ASI

  6. Pondokgue

    karena aku belum punya anak, jadi akan saya bookmark dulu untuk yang satu ini.. :D

    • papapz

      belum punya anak tapi udah nikah belom mas? :D

  7. Kisanak

    Kadang kala setelah disapih anak akan panas dan rewel., salam kenal Papapz

    • papapz

      rewel iya tapi gak sampe panas mas :) alhamdulillah..

  8. Marchia Diandra

    Weiss keren pisan euy tau cara nyapih anak yang bener.

    Setuju pisan kang tips2nya, pastinya berguna banget buat ortu2 muda yang belum punya pengalaman punya baby :)

    • papapz

      hehe .. sip tapi gak lebih tahu dari ibu-ibu yaks? xixi

  9. Pemuncak

    ayah yang serba tau ya… ^_^
    kapan ya saya jadi ayah… hmm..

    • papapz

      nikah dulu baru jadi ayah hehe

  10. Hanif Mahaldi

    bisa ngalahin bukunya AyahAsi nih om. :D dibuat ebook series aja. Jadi bisa dibaca kalau gak lagi online. hihihi. Salam sapih… :D

    • papapz

      hahaha emang ada ya? :D ya gini deh semoga bermanfaat buat para ayah.. blog dengan tema ini kan jarang-jarang biasanya yang bahas tema kek ginian para emak-emak :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *