Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Di Sekitar Rumah

Memiliki rumah sendiri memang menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang sudah  menikah. Begitupula dengan saya dan istri. Setelah menetap di Cirebon, saya memang tidak punya keinginan lagi untuk berpindah-pindah tempat tinggal dan tempat kerja.

Selain di tanah kelahiran istri, dan istri pun sudah mengajar tetap di SD Negeri di Kota Cirebon, Cirebon dan Majalengka (tempat saya dilahirkan) itu jaraknya tidak begitu jauh karena masing-masingnya saling berbatasan. Jadi jika ada perlu sama Ortu saya pun enak dan gak mikir-mikir lagi kalau ada keperluan yang mendesak. Gak seperti dulu waktu saya di Bogor atau di Jakarta, maka saya harus menunggu momen yang tepat dulu kalau mau pulang kampung.

kebunku

Nah, ceritanya karena keinginan istri yang begitu besar untuk bisa membangun rumah sendiri. Akhirnya di penghujung tahun 2012 kemarin istri saya membeli sebidang tanah, keroyokan sama tetangga dan saudara saya. Jadi sebidang tanah dengan luas 311 m2 dibagi menjadi 3 kapling.

Saya dan istri kebagian 134 m2, dan tanahnya berada tepat di samping kontrakan jadi bisa kekontrol. Lokasi memang strategis masih berada satu komplek dengan tempat kerjaan saya dan tidak jauh juga dengan sekolahnya istri. Walaupun kadang suka ngeri dengan adanya kabel listrik tegangan tinggi yang melintas tepat di atas tanah kita itu. Tapi lumayan lah karena kebutuhan akan tempat tinggal ini mendesak dan kalau bisa harus direalisasikan dengan cepat.

Dan Alhamdulillah kemarin habis beli batu dua dump truck, mudah-mudahan ada rezekinya biar bisa dibuatkan dulu pondasinya Aamiin.

kebunku

Walau sementara ini tanah tersebut masih kosong dan hanya ada pohon mangga, nangka dan beberapa pohon pisang. Tapi saya yang hobi berkebun pun, akhirnya mencoba menanami lahan tersebut dengan pohon singkong. Bulan Januari saya dan Bapak menanam bibit pohon singkong disana dan sudah 6 bulan lebih kini pohon singkong tersebut sudah besar dan bisa dipanen. Kemarin saya mencabuti pohon singkong tersebut karena mau dipakai sebagai tempat menyimpan batu. Dan alhamdulillah, singkong dan daunnya dapat banyak dan bisa dibagikan ke tetangga dan juga dimakan sendiri.

kebunku

Saya senang sekali ketika mencabuti singkong, apalagi kalau singkongnya besar-besar. Wah seperti lagi menemukan harta karun hehe. Saya sudah mencoba singkong tersebut, rasanya enak dan dibuat combro sama istri saya. Dan daun singkongnya juga enak dibuat sayur dan lalapan.

Berkebun memang bisa membuat pikiran saya refresh dengan segala kepenatan. Dulunya tanah itu tak terurus, banyak rumput liar dan mungkin jadi sarang ular. Tapi akhirnya setelah dibeli, sama saya tanah tersebut dibersihkan dan ditanami singkong jadinya produktif deh. Pohon pisangnya juga bagus-bagus, kemarin sudah 2 kali dipanen, Cuma yang satu ada nyuri aiiish.. telat banget padahal pisangnya gede-gede lagi.

kebunku

Anda juga bisa loh memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah dengan cara berkebun atau menanam pohon dan bunga-bungaan. Selain menghasilkan juga bikin rumah tampak indah kan? Yuk kita berkebun ..

kebunku

16 Replies to “Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Di Sekitar Rumah”

  1. wow …. kereeeennn … hobi kita sama dong kang, berkebun, aku pernah nanam singkong, nggak tinggi tingi akhirnya mati kedinginan, nga cocok buat tanah sini 😛

    1. hehe iya mbak.. kalau disini cocok aja gak pake perawatan yang ribet kalau nanam singkong mah hehe 6-7 bulan udah bisa dipanen 🙂

  2. Papz, klo disurabaya sini, sudah juuuaaaaraaang banget *halaah* tanah kosong, pasti seneng ya berkebun… 😀
    *btw kang, tema ini memang bagus dan “cowok” banget 😆 tapi yang kemarin lucu… 😀

    1. iya mbak kalau di kota sih udh jarang.. ini di pinggiran kota 😀
      iya mbak.. cuma masih ada kurang apa yaa.. saya lg nyoba-nyoba aja ^^

  3. kirimin ke bogor singkongnya mas,,ihiihihi
    aku suka banget kalau ke kebun singkong, minta daun singkong deh punya tetangga ngambilin sendiri terus dibuat sayur, disini istilahnya “ngunder”
    udah lamaa banget ga ngunder,,

    wah arfa bantuin nonton & narsis yaa di kebun singkong,,hehe

    1. wah kejauhan 😀
      iya ngunder sama aja nyebutnya..
      haha arfa kalau ke kebun malah digigitin nyamuknya aja 😀

  4. wahaha hebat-hebat … saya juga baru beli tanah .. yah ga luas juga sih, tapi males di tanem tanemin kaya gtu, jadi di biarin kosong aja gtu, suka di pake main bola anak-anak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *