Cara Memilih Theme Yang Cocok Untuk Blog Kita

Wah wah akhir-akhir ini males banget buat posting, padahal udah banyak ide yang pengen di posting tentunya masih seputar pernikahan, rumah tangga dan tumbuh kembang anak. Yeah, walau blog ini tadinya mau diformat sebagai blog personal, tapi ujung-ujungnya saya malah gak pede untuk menuliskan berbagai hal dalam kehidupan saya hehe.

Selain susah untuk meluangkan waktu untuk ngeblog, saya juga masih ngotak ngatik theme blog yang saya pakai ini. Saya udah lupa udah berapa kali ganti theme blog. Saya terus bongkar pasang karena seringnya merasa tidak cocok dengan tema tulisan di blog saya, atau dalam arti kata “gak gue bangeet! ” hehe. Dan pada akhirnya untuk sementara saya pake theme “Table” miliknya theme-junkie, yaitu theme yang sekarang lagi dipake ini.

Sebenarnya penting gak penting memilih theme yang cocok untuk blogΒ  kita. Bagi blogger yang memang katanya hanya fokus ke tulisan, dia akan seminimal mungkin dalam ngotak-ngatik themenya. Tapi bagi blogger yang punya selera art & design yang tinggi, maka selain tulisan tentunya dia akan membuat blog tampil menawan juga kan? Katanya sih biar betah gitu loh bacanya πŸ™‚

Nah mungkin sebagai blogger pun Anda memiliki selera masing-masing dalam memilih theme yang cocok untuk blog Anda. Anda bisa memilih yang gratisan atau yang berbayar. Yang gratisan bisa Anda unduh di situs-situs penyedia theme yang banyak sekali di internet, dan yang berbayar pun juga banyak. Tentunya dengan tampilan yang lebih bagus dan menarik, tapi konsekuensinya Anda harus membeli dulu dengan beberapa dollar yang Anda miliki.

Dan biasanya seorang blogger akan memilih theme yang sesuai dengan tema blog mereka. Ada yang blog personal, blog berita, blog kuliner, blog gosip, blog bola, blog otomotif, blog gaya hidup, blog kesehatan dan yang lainnya. Sebenarnya semua tema yang Anda pilih sebagai fokus tulisan di blog akan dengan mudah dicari theme blognya. Namun jika Anda ingin sesuatu yang berbeda dengan orang lain maka Anda harus bisa memodifikasi theme tersebut. Syukur-syukur Anda bisa bikin theme sendiri, wah asik tuh pastinya akan sesuai banget dengan keinginan kita.

Kalau kata master blogger, sebuah blog itu akan mencerminkan pemiliknya. Dan memang sedikit banyaknya, menurut penelitian saya setiap blog memiliki ciri tersendiri, danΒ  tentunya hal ini tidak mengherankan karena blog merupakan hasil eksplorasi dari si pemilik blog tersebut. Ketika si pemilik memiliki ide-ide maka ia pasti akan menuangkannya di blog, baik itu dalam tulisan atau ia tuangkan dalam kreasi-kreasi yang lain yang hasilnya ia akan sharing di blog.

Bagi saya, theme blog penting juga untuk menunjang image blogger selain lewat tulisannya. Saya suka theme yang simple, dengan warna background body blog putih, dan tulisan dengan warna hitam. Kalau untuk yang lainnya, saya edit sesuai dengan kebutuhan saja. Ibaratnya, kalau kita udah punya rumah yang enak dan nyaman maka kita pun akan enak mau ngapain aja di rumahΒ  tersebut. Nah, begitu juga dengan blog apabila kita udah punya theme yang cocok untuk blog kita, maka kita pun akan nyaman untuk mengisi blog tersebut. So.. bagaimana dengan Anda? Sharing doong .. ^^

21 Replies to “Cara Memilih Theme Yang Cocok Untuk Blog Kita”

  1. hutan juga berkali kali ganti theme,tp masih sama blue dan simple coz saya suka yang simple simple aja untuk blog..

    kmaren sempet mau ganti,tp yang bagus kebanyakan berbayar,karna saya gratisan ajdilah tak jadi

    sehingga bertahan dengan theme yang sekarang ini… πŸ˜€

          1. blog mbak wiend themenya bawaan asli nya ya perasaan g ada yang diedit.. saya apal theme itu theme jadul tapi gak sejadul orangnya kan.. karena beritanya updet juga heheh

          2. ha ha betul itu theme asli tanpa editan mana bisa di edit wong gratisan jeh πŸ˜€

            eaa jadul, dan sdikit yang pake theme itu πŸ™‚

            orangnya juga jadul kang yan πŸ˜€

            apalagi kang? **halaah πŸ˜€

          3. hehe maksudnya diganti headernya atau diganti backgroundnya (kalau ada fasilitas ganti heder/backgroundnya heheh.. ) iya sih emang g bisa diotak atik mbak.. kecuali wp untuk blog berbayar πŸ˜€ xixi kalau masalah jadul dan gak jadul saya g ngerti wong gak tahu orangnya kaya gimana kan cuma ngebaca dari tulisan dan komentar aja heheh..

  2. Betul theme juga mempengaruhi kenyamanan pembaca blog…simple tapi enak dipandang adalah theme yg tepat…
    aku dulu malah satu bulan sekali gonta ganti theme mas..katanya milih theme itu kayak milih jodoh πŸ˜›

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *