Tips Penting Dalam Berumah Tangga

tips berumah tangga

Menikah dan berumah tangga memang seringnya tak selalu berjalan mudah seperti yang kita bayangkan. Sebagaimana kita sedang sekolah atau kuliah dulu, kita pun diharuskan untuk terus belajar dan belajar bagaimana menjadi pasangan yang selalu bisa menjaga biduk rumah tangga sehingga tetap berjalan normal dan stabil. Walau terkadang ada ombak dan badai, namun hal itu harus kita anggap sebagai cobaan yang mau tak mau harus kita hadapi dengan sikap penuh bijaksana.

Tapi  jujur, dunia rumah tangga memang memiliki atmosfer tersendiri yang tentunya berbeda dengan dunia yang pernah kita jalani sewaktu kita masih single dulu. Kadang saya juga suka merasa, bahwa saya belum bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru ini (baru 2,5 tahun saya jalani). Tapi walau begitu, saya berusaha menyukainya sebagai pengalaman baru bagi saya yang memang selalu menyukai tantangan.

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah tentunya impian jangka panjang mereka adalah ingin selalu menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis, nyaman, dan selalu saling membahagiakan satu sama lainnya. Menciptakan rumah tangga atau keluarga yang harmonis tidaklah semudah membicarakannya karena pada prakteknya banyak sekali hal-hal yang membuat suasana dalam rumah tangga menjadi keruh sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasangan maupun anak-anak kelak.

Biasanya diawali dengan pertengkaran-pertengkaran kecil yang jika dibiarkan tanpa diselesaikan justru akan membuat masalah besar dalam rumah tangga. Ribut-ribut kecil dalam rumah tangga inilah yang seharusnya segera diselesaikan dengan cara saling membicarakan pendapat masing-masing tanpa sikap emosional.

Berikut ini adalah Tips dalam Rumah Tangga yang mudah-mudahan jika diterapkan akan bermanfaat buat kita semua :

  1. Saling bersikap jujur dan terbuka terhadap pasangan
  2. Saling berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga
  3. Hindari sikap emosional dan egois dalam menghadapi masalah keluarga
  4. Membuat komitmen jangka panjang dengan pasangan
  5. Mengutamakan kebersamaan dalam keluarga
  6. Bijak dan tegas dalam menghadapi masalah serta selalu memegang teguh ajaran agama
  7. Tidak membawa masalah dari luar ke dalam rumah tangga
  8. Berikan perhatian penuh pada anak dan masa depannya
  9. Biasakan gaya hidup yang sehat dalam keluarga
  10. Memilih lokasi tempat tinggal yang baik untuk keluarga
  11. Menjalin silaturahmi dengan keluarga pasangan secara baik
  12. Perhatikan lingkungan sekitar dan bersosialisasilah dengan baik

Adakalanya pasangan suami istri yang bekerja merasa hubungannya tidak semesra dulu seperti pada saat pertama kali berumah tangga. Beberapa riset membuktikan, untuk menghidupkan kembali hubungan suami istri seperti ketika pertama kali menikah, keduanya perlu meluangkan waktu bersama seperti bulan madu kembali (re-honeymoon), hal itu kemungkinan besar membuat hubungan akan menjadi membaik.

Bagi anda yang belum menikah ataupun sudah menikah, pahamilah tips-tips diatas. Belajar untuk rumah tangga kita kelak akan menjadikan kita lebih siap dalam berbagai kondisi. Baik itu dalam situasi yang manis, atau bahkan pahit sekalipun.

Semoga bermanfaat 🙂 (sumber)

5 Replies to “Tips Penting Dalam Berumah Tangga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *