Memaknai Hakikat Pernikahan Yang Sesungguhnya

hakikat pernikahan

Sebuah pernikahan adalah sebuah anugerah dan amanah yang dalam pelaksanaannya haruslah dikerjakan sesuai dengan aturan dan syari’at yang telah Allah dan Rasul-Nya tentukan dalam Al Quran dan Assunnah. Sehingga dalam praktiknya nanti akan selaras dan sejalan dengan cita cita dan tujuan dari pernikahan itu sendiri. Lalu mengapa tidak semua orang yang menikah itu berhasil dalam membina rumah tangga dan mengarungi bahtera pernikahannya?

Karena begitu banyak dari pasangan yang mengeluhkan pernikahannya tidak sesuai dengan harapannya. Ada yang gagal ketika usia pernikahannya masih seumur jagung, atau bahkan yang usia pernikahannya sudah dibilang lama pun bisa kandas di tengah jalan apabila masing-masing dari pasangan itu tidak saling mengetahui dan memahami apa makna dan hakikat dari pernikahan itu sendiri.

Pernikahan juga adalah sesuatu yang suci, yang merupakan anugerah yang telah Allah berikan kepada kita. Dimana Allah sangat menyukai pernikahan karena hal itu sebagai bentuk penjagaan terhadap manusia dari berbagai macam bentuk kerusakan diakibatkan penyimpangan se*sual yang kini sudah sangat merajalela diakibatkan banyaknya orang yang berlama-lama dalam menunda pernikahan atau memang banyak yang sudah merasa enjoy dengan kehidupan bebasnya sehingga dia lupa akan fitrahnya sebagai manusia yang harus menikah dan hidup berkeluarga.

Mungkin banyak orang mengatakan bahwa dengan menikah akan tersalurkanlah hasrat se*sualnya yang selama ini terpendam dan diharamkan. Memang benar menikah bisa menjadi penyalur hasrat se*sual, tapi hakikat pernikahan itu sendiri adalah jauh dari sekedar itu. Disana ada hal yang sangat jauh lebih indah dan bermakna diatas nama pernikahan.

Salah satu makna yang indah yang terkandung dari mutiara pernikahan adalah indahnya nilai kebersamaan. Dimana cinta dan kasih sayang yang tulus akan menghiasi setiap hari dalam meniti bahtera rumah tangga hingga kita tua bahkan sampai usia pun menutup kita. Karena nilai-nilai kebersamaan itu lebih indah dibandingkan mutiara-mutiara yang lain, karena ia adalah cinta sejati dan kasih sayang yang murni yang senantiasa akan abadi hingga masa tua kita.

Cara untuk meraih kebersamaan tersebut diantaranya adalah dengan senantiasa terus berusaha saling memahami dan berbagi baik dalam suka maupun duka, tidak ada amarah yang selalu diumbar dan tidak ada kedustaan yang akan membuat retak nya rumah tangga. Karena ia adalah suatu bentuk kejujuran yang berbalut keikhlasan untuk menyatukan semua rasa dalam hati hingga indahnya mutiara akan senantiasa berkilau walau masa tak lagi muda.

Bayangkanlah sepasang kakek dan nenek yang senantiasa mesra hingga tua, sang kakek yang senantiasa menemani kemana nenek pergi. Dan nenek pun senantiasa tak pernah lelah menyeka peluh si kakek ketika ia kelelahan dalam aktivitasnya. Ah..sungguh indah bukan? Karena indahnya pernikahan bukanlah disaat kita muda saja. Tapi hakikat pernikahan itu adalah kebersamaan hingga kita tua.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Jubah Dress

    Saya antara pembaca tegar blog dari Msia…
    terus terang kata… saya minat blog awak…
    walaupun nampak cam simple.. idea awak memang menarik… tahniah :
    )

    • papapz

      makasih ya saya terharu membacanya :D

  2. ronal

    amin mas smoga sampai kakek nenek beneran :D

    • papapz

      aamiin mas :)

  3. Idah Ceris

    Jadi, doakan aku biar cepat mendapatkan jodoh ya, Mas. #Eh. :D

    • papapz

      aamiin hehe ^^

  4. duniaely

    wah .. ini bertolak belakang dgn kisah penganten baru dlm postingan baruku ya Kang ? :P

    • papapz

      hehe iya mbak :) pada realitanya banyak juga yang gagal ^^

      • duniaely

        sayang sekali ya Kang

        • papapz

          semoga pernikahan kita langgeng selalu ^^

  5. keke naima

    semoga siapapun yg menikah bs langgeng sp tua :)

    • papapz

      aamiin :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *