Tips Supaya Tetap Terlihat Awet Muda

tips awet muda

Menjadi awet muda memang selalu menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang kini sudah mulai bertambah usianya. Walau kini usia saya baru 27 tahun (status udah nikah, istri satu anak satu :D), tapi kadang saya juga merasa  sudah tak muda lagi. Walaupun di luaran sana, terutama ibu-ibu dan tante-tante selalu menganggap saya sebagai seorang brondong yang masih unyu dan imut-imut hehe. najong :P

Sejak zaman dahulu, rahasia untuk awet muda dan tetap selalu dicari orang, baik pria maupun wanita. Salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dan penyakit adalah karena adanya penumpukan toksin di lingkungan sekitar dan di tubuh kita. Sebenarnya tubuh kita secara alami telah melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun tubuh) secara teratur, seperti ketika buang air kecil dan buang air besar. Tapi sayangnya setiap saat kita selalu terpapar polusi dan bahan-bahan kimia yang masuk lewat udara, makanan dan lingkungan.Sehingga banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan proses penuaan dini dan berjangkitnya penyakit.

Sebenarnya Ibadah puasa jika dilakukan dengan benar, juga merupakan proses detoksifikasi. Tidur yang nyenyak juga menyehatkan, disamping menyegarkan tubuh dan jiwa. Tidur  yang nyenyak sangat penting untuk penampilan yang awet muda. Tidur yang terbaik adalah tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Secara praktis, panduan makanan yang disarankan dikonsumsi supaya tetap awet muda adalah:

  1. Mengurangi  mengkonsumsi daging merah dan meningkatkan konsumsi ikan.
  2. Jika memerlukan tambahan protein, lebih baik mengkonsumsi kacang-kacangan.
  3. Mengkonsumsi makanan berserat yang kandungan seratnya mencapai 4-50 gram sehari.
  4. Setiap hari sebaiknya mengkonsumsi  1-3 porsi sayuran dari keluarga kol seperti brokoli, brussel sprout, kol, atau kembang kol.
  5. Minum 2-4 gelas jus sayuran hijau setiap hari. Ada baiknya jus tersebut ditambah dengan sedikit jahe dan ekstra lidah buaya.
  6. Minum air putih dan jus buah setidaknya 2-3 liter setiap hari.
  7. Mengkonsumsi seminimal mungkin minuman berkafein seperti kopi dan teh, minuman yang mengandung soda, gula putih, dan makanan olahan pabrik yang terbuat dari terigu.
  8. Menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun
  9. Mengkonsumsi berbagai suplemen dan herba anti penuaan seperti vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitamin C, bawang putih, evening primrose oil, ginko giloba dll.

Pada dasarnya, anda harus mengkonsumsi semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin mengetahui apakah tubuh anda kekurangan salah satu atau beberapa unsur nutrisi anda bisa melakukan tes laboratorium.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya Anda bisa selalu terlihat awet muda. Memang kita tidak bisa menghindari proses penuaan yang memang datang secara alami, namun setidaknya jika kita melakukan pola hidup sehat maka tubuh kita pun akan terus sehat dan segar dan Anda pun dijamin Insya Allah akan terlihat awet muda.

Semoga bermanfaat ^^

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Agen Ayam

    Banyak minum air putih dan berhenti merokok dan minum minuman beralkohol

    • papapz

      sip kk :)

  2. Awan

    Saya suka ikan… saya suka kacang… saya suka sayur… saya suka buah… Pantas ya saya awet muda…. *kepedean… hahahahhaha

    makasih Mas Tipsnya :)

    • papapz

      hehehe aamiin :) sama-sama ^^

  3. Bayu

    saya mah senyum aja deh. yah tentunya dalam momentum yang tepat, gak selalu. ntar disangka….

    • papapz

      asal jangan senyam senyum sendiri aja ya :D

  4. duniaely

    sering senyum jg bikin awet muda khan Kang ? :)

    • papapz

      yups bener juga mba :)

  5. ronal

    satu tips tambahan dari saya mas Papz..
    -sering lihat yang bening bening biasanya bikin awet muda hehe

    • duniaely

      sayur bening maksudmu Nal ? :P

      • papapz

        kalau itu tips khusus untuk mas ronal :D

        • duniaely

          iya Kang, sayur bening plus sambal pedes ditambah penyet tempe, bgmn ? kamu jg suka nggak Kang ? :D

          • ronal

            huuusss sayur bening itu buat ibu menyusui…kalo buat bapak bapak..bening bening yg lain :P

          • duniaely

            iya jelaskan dong Nal, bening bening yg lain itu apa sih ? :roll:

          • papapz

            yang pasti bukan air bening :D

          • duniaely

            tambah bingung :roll:

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *