Tips Mendidik Si Kecil Agar Bisa Mandiri

mendidik anak agar mandiriSebagai orang tua kita mempunyai kewajiban untuk membesarkan, merawat sekaligus mendidik anak anda dengan pendidikan yang baik. Dan seringnya mendidik anak itu tak semudah yang dibayangkan. Dalam realitanya, kita memang perlu mendapatkan teori tentang pendidikan anak sebelum kita praktik mendidik anak kita.

Dan diantara pendidikan yang harus kita lakukan terhadap anak, adalah mendidik anak agar mandiri. Ternyata, kemandirian itu tak datang sendiri loh! Kayanya, banyak dari kita atau anak kita yang masih saja bersifat manja walau sudah besar dan dewasa. Ini dikarenakan sewaktu kecil, kita juga selalu dimanja dan tidak berusaha melakukan apa-apa sendiri. Apalagi yang di rumahnya ada pembantu yang biasa menggantikan melakukan semua pekerjaan rumah. Wah keenakan banget tuh! Nanti, kalau sudah dewasa dan jauh dari orang tua semisal buat kuliah di luar kota, pasti deh repot banget karena gak bisa ngapa-ngapain sendiri.

Sebenarnya keberanian dan kemandirian bisa dibentuk sejak kecil koq. June Thompson, dalam bukunya,Toddlecare, Pedoman Merawat Balita (edisi terjemahan Indonesia, terbitan Penerbit Erlangga), memberikan tips berikut:

  1. Bangunlah kepercayaan diri si kecil sejak dini. Berikan banyak kasih sayang dan perhatian padanya.
  2. Berikan dukungan positif kapan pun ia berhasil. Jangan pernah membuat si kecil merasa gagal karena tidak mampu melakukan sesuatu. hal itu hanya akan menghalanginya untuk berusaha melakukannya lagi.
  3. Dorong ia untuk terlibat berbagai macam aktivitas, semakin banyak rangsangan dan kesempatan mengembangkan kemampuan barunya, besar kemungkinan si kecil menjadi lebih percaya diri dalam melakukan segala hal.
  4. Dorong ia melakukan berbagai macam permainan, baik sendiri maupun bersama anak lain.
  5. Ajak ia bersosialisasi, mengunjungi tempat-tempat umum, dan bertamu agar pengetahuan dan pengalamannya bertambah.
  6. Biarkan ia sekali-sekali membuat keputusan sendiri. Misalnya memilih baju yang akan dipakainya.
  7. Biarkan ia mengerjakan segala sesuatu sendiri walaupun pada awalnya ia membuat kesalahan.
  8. Ketika bermain dengan si kecil, hindari bersikap dominan dan selalu memimpin. Bermainlah mengikuti gerakannya dan biarkan ia menjadi pemberi contoh dan gerakan.
  9. Libatkan si kecil dalam pembicaraan orang dewasa. Namun, hindari berbicara hal yang tidak ia mengerti.
  10. Sesekali kita perlu sengaja membuat kesalahan bodoh. Misalnya, menulis dengan pensil terbalik atau mengosongkan isi kaleng yang masih tertutup. Biarkan si kecil mengoreksi kesalahan tersebut.
  11. Dorong ia mengungkapkan perasaan dan idenya.
  12. Minta maaf bila kita bersikap tidak adil kepadanya.
  13. Jika si kecil pemalu, doronglah untuk bergabung dengan kelompok kecil. Namun, ia jangan dipaksa.
  14. Bersikaplah tertarik pada aktivitas si kecil dan jika perlu membantunya. Namun, hindari mengambil alih atau ikut campur.
  15. Biarkan si kecil membantu mengerjakan pekerjaan rumah walaupun pada kenyataannya ia lebih banyak mengganggu pekerjaan kita. Meniru orang dewasa merupakan bagian penting dalam menumbuhkan kemandirian.

Nah demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak agar bisa hidup mandiri. Semoga bermanfaat.

( Sumber: Majalah Intisari Extra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *