Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Anak saya kini usianya sudah hampir 15 bulan, di saat pertama-pertama dikasih MP-ASI (Makanan pendamping ASI) pas usianya 6 bulan dulu dia sangat suka sekali makan baik bubur buatan mamamnya atau cuma bubur instan yang banyak dijual di pasaran. Dulu Arfa kelihatan gemuk banget tapi kini setelah usianya satu tahun lebih dia terlihat agak rewel untuk urusan makan. Sempat sakit beberapa lama juga kemarin, sehingga kini tubuhnya terlihat agak kurus.

Memang, menghadapi anak itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau sudah menyangkut kesehatannya. Karena terkadang pada anak usia 1-5 tahun sering didapati susah makan dan mereka lebih asyik dengan dunianya sendiri.

Sebenarnya yang perlu dicermati adalah penyebab dari si anak yang menjadi susah makan, dan yang bisa mengetahui itu adalah kita sebagai orang tuanya. Kira-kira apa sih yang menyebabkan mereka sulit makan? Mungkin saja jadwal  pemberian makan yang kaku sehingga anak mudah bosan, atau barangkali penyajian yang kurang menarik atau bisa juga karena faktor lain, seperti anak kurang sehat, atau telah banyak mengenal makanan ringan, yang menjadikan mereka tidak butuh nasi.

Padahal makanan memegang peranan penting untuk tumbuh kembang anak, karena pada usia tersebut anak sedang tumbuh. Maka kebutuhan akan makanan pun berbeda dengan orang dewasa. Kekurangan makanan bergizi akan menyebabkan retardasi (kemunduran pertumbuhan anak). Dan sebaliknya, makanan berlebihan pun juga tak baik karena akan menyebabkan obesitas (kegemukan).

Oleh sebab itu, sebaiknya sebagai orang tua kita bisa mengatur jadwal makanan sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya pada saat dia benar-benar lapar, di sela-sela bermain, atau seusai mandi sewaktu tubuh anak segar. Variasikan menu makan sesuai dengan keadaan, agar anak tidak bosan.

Nah, bagaimana dengan anda? Apakah anak anda juga mengalami susah makan? Atau anda mempunyai kiat lain dalam menghadapi anak yang susah makan? Tentu anda bisa sharing dengan menuliskan komentar di bawah postingan ini! Semoga bermanfaat!

Sumber dari Rubrik konsultasi kebidanan dan KIA Majalah Al Mawaddah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *