Membina Kemesraan Sampai Tua

mesra sampai tuaAda komentar yang menarik ketika saya mengirimkan tulisan saya yang dijadikan sebagai tulisan tamu di duniaely.com. Tulisan itu adalah mengenai indahnya cinta setelah menikah. Memang tak bisa dipungkiri, setiap orang memang memiliki pandangan yang berbeda mengenai cinta. Bagi yang belum menikah dan masih suka pacaran, pasti akan mempunyai pandangan yang berbeda dalam mendefinisikan cinta dengan seseorang yang sudah menikah seperti saya. Komentar yang saya garis bawahi adalah bahwa katanya kalau cinta seseorang kepada pasangannya dari waktu ke waktu pasti akan memudar dan perasaannya pasti kaya ke temen biasa aja. Ah masa sih? hehe, justru saya banyak melihat cinta yang tulus dan sejati dari pasangan-pasangan yang lebih senior dari saya apalagi dari pasangan yang sudah berstatus kakek dan nenek :)

Identiknya, kemesraan di antara pasangan suami istri memang terlihat ketika mereka masih pengantin baru. Istilahnya lagi “hot-hotnya”. Ketika panggilan “sayang” masih sering dilontarkan pada pasangan kita. Ketika pelukan dan ciuman hangat masih sering kita berikan pada kekasih hati kita. Tapi apakah kemesraan itu akan terus berlanjut sampai kita tua?

Sebenarnya, kemesraan di antara pasangan suami istri bisa kita jaga walau usia kita tak lagi muda. Mesra disini tak hanya di tempat tidur loh, karena biasanya sebagian banyak para pasangan yang sudah menginjak masa-masa tua sudah tidak banyak memikirkan masalah ranjang. Hmm tidak semua sih, buktinya masih banyak om-om genit atau kakek hidung belang hehe.

mesra sampai tua

Menjaga keharmonisan keluarga memang sangat penting demi utuhnya bahtera rumah tangga kita. Walaupun tak jarang diantara pasangan terjadi gesekan-gesekan yang mengerucut pada pertengkaran, tapi itu semua tidak menyurutkan langkah kita untuk terus menjaga kelanggengan rumah tangga. Siapa sih yang ingin rumah tangganya kandas di tengah jalan? Apalagi bagi pasangan yang sudah lama menikah, tentunya sangat disayangkan apabila harus bercerai dan membuat hubungan rumah tangga tersebut terputus begitu saja dengan mengorbankan semuanya. Hmm, repot sekali bukan?

Tapi kalau mencermati realita, memang tidak sedikit pasangan yang tampak semakin cuek dan hanya mementingkan dirinya masing-masing ketika usia pernikahan mereka semakin bertambah. Ini bisa berimbas pada kurang harmonisnya kehidupan rumah tangga yang pada akhirnya menimbulkan kehambaran dan tidak ada lagi rasa saling membutuhkan diantara masing-masing pasangan.

mesra sampai tua

Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata semua itu dimulai dari komitmen diantara masing-masing pasangan ketika mereka memantapkan niat mereka untuk bersanding di pelaminan. Sudah seharusnya, pernikahan itu tidak dijadikan sebagai ajang percobaan dan main-main saja. Kalau bisa sih, menikah itu cukup sekali saja (kecuali bagi yang berniat poligami ya hehe) dan tetap setia dengan pasangan kita hingga kita tua nanti.

Komitmen yang kuat serta dilandasi kesadaran untuk saling menerima pasangan kita apapun kondisinya, itulah yang akan membuat kita akan terus sayang dan menumbuhkan rasa cinta terhadap pasangan kita. Walau nanti kulit kita sudah terlihat keriput, atau rambut kita sudah mulai memutih, tapi itu bukanlah menjadi penghalang bagi tulusnya cinta untuk pasangan kita. Hmm tidak terlihat klise bukan?

mesra sampai tua

Coba deh lihat sepasang kakek dan nenek yang hidup berdua di sebuah rumah kecil yang ternyata telah ditinggalkan oleh anak-anak mereka yang juga sudah berumah tangga dan memiliki kehidupannya sendiri. Lihat deh ketika mereka duduk bercengkrama di sebuah senja, di sebuah kursi di depan rumah mereka ditemani  secangkir teh hangat pelengkap canda tawa dan obrolan mereka. Lihat kemesraan mereka, mungkin sang kakek sedang menceritakan pada sang nenek bagaimana kenangan dia dulu ketika hendak melamar si nenek, mungkin dia sedang mengulang rayuan gombalnya dulu yang selalu ia jadikan penghibur ketika si nenek sedang ngambek. Ahh romantis kan?

Ternyata mesra hingga tua itu bisa. Maka jangan pernah menghilangkan ucapan sayang dan cinta pada pasangan kita, biarkan ia selalu terucap setiap hari dan biarkan pasangan kita selalu mendengarnya, walau mungkin istri Anda tak lagi terlihat cantik, atau badan suami Anda tak lagi terlihat gagah, biarkanlah rasa sayang dan cinta itu tetap mengiringinya kemanapun ia pergi. Bahkan hingga ia dipanggil oleh yang Maha Kuasa, karena cinta yang tulus dibarengi keikhlasan dan hanya mengharapkan keridhoan Allah semata senantiasa akan abadi selamanya hingga mungkin ia akan dipertemukan kembali sebagai pasangan suami istri di surga-Nya Allah Ta’ala. Insya Allah.

Mesra sampai tua? Siapa takut..

mesra sampai tua

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. Tjak Doel

    Kadang gak sadar sih, waktu jalan berdua terus reflek saja gandengan tangan. Atau bercanda sambil uyek-uyekan kepala. Benar-benar gak kerasa kalau umur sudah setengah abad lewat. Perasaan masih semuda 20 tahun lalu.

    • papapz

      haha ya bagus itu pak.. saluut :)

  2. Muslimedica

    wah durong nikah je

    • papapz

      ayo nikah makanya :)

  3. keke naima

    senengnya kalo kemesraan bs sp tua :)

    • papapz

      yups bener banget mba :)

  4. bayu

    menjaga cinta supaya awet sampai tua nanti ternyata gak mudah ya om.

    ngomong2, om papapz ganti2 template mulu nih. bingung saya

    • papapz

      yups.. benar kang :)
      iya masih trial and error ^^

  5. Cupit

    semoga saya juga bisa mesra sampai tua, kang.. :)

    amiin

    • papapz

      aamiin :) ^^

  6. ronal

    aku juga pengennya kayak yg diatas mas…tapi aku lebih ingin lagi jika masa tuaku tidak menjadi beban bagi istri dan keturunanku hehe

    • papapz

      semoga kita selalu sehat sampai tua mas :)

  7. Megi Tristisan

    harus baca dan menyimak, soalnya belum nikah mau mesra sama tua, hehehheheheh

    • papapz

      sebagai pelajaran kalau mau nikah ;)

  8. LAdangduters

    Ya mas, komitmen awal itu penting untuk langkah pernikahan kita ke depan hingga akhir.

    makasih mas, insya Allah saya terapkan saat menikah nanti..

    salam kenal

    • papapz

      haha udah kenal koq mas :D sama-sama ^^

  9. duniaely

    btw, terima kasih banyak ya Kang link di atas :)

    • papapz

      sama-sama mba :)

  10. duniaely

    kemesraan sejati justru seperti mereka di atas itu Kang, aku pernah nulis ttg hal ini, contohnya tetanggaku sendiri yg umurnya menjelang 90 tahun lbh saat itu tapi masih jalan jalan berdua tiap hari :)

    pasangan spt itu banyak sekali Kang kulihat di sini, sudah tua tapi tetep mesra :)

    • papapz

      wah masya allah ya :) saya juga pengen seperti itu ^^

      • duniaely

        Aamiin .. semoga ya Kang :)

        • papapz

          aamiin :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *